how to Root Xiaomi
how to Root Xiaomi

Penyebab hp Xiaomi tidak mendapat update – Sejak pertama kali diluncurkan, smartphone Xiaomi selalu mampu meraih angka penjualan yang tinggi. Hal ini tidak mengherankan, mengingat produsen Xiaomi memang berkomitmen mengguncang pasar smartphone dengan harga murah namun berspesifikasi tinggi.

Dan sejak pertama kali meluncur itu pula, Xiaomi sudah melakukan beberapa kali update sistem yang mana saat ini telah mencapai sistem MIUI 9. Tapi permasalahannya adalah, tidak semua orang mendapatkan update ini. Bahkan ada beberapa orang yang mengaku tidak bisa mengupdate smartphonenya. Apabila Anda juga merasakan permasalahan yang sama, maka tidak perlu khawatir lagi karena pada ulasan dibawah ini kami akan menjelaskan penyebab hp Xiaomi tidak mendapat update dan bagaimana cara mengatasinya.

ROM Distributor atau Non Resmi

Tahukah Anda jika saat ini terdapat dua jenis smartphone Xiaomi yang beredar di pasaran? Kedua jenis itu adalah Xiaomi dengan ROM original dan Xiaomi ROM distributor atau abal-abal. Bagi Anda yang membeli smartphone Xiaomi dengan ROM distributor, maka tidak perlu heran jika tidak mendapat jatah update dari pihak pengembang MIUI. Karena pada dasarnya ROM distributor ini tidak resmi dan tidak terdaftar langsung di pusat Xiaomi.

 Update Xiaomi
Update Xiaomi

Biasanya ciri-ciri smartphone Xiaomi dengan ROM non resmi ini dijual dengan harga yang lebih murah. Selisih harganya pun lumayan banyak, bisa mencapai 400 ribu rupiah. Jadi bagi Anda yang ingin menikmatif seluruh fasilitas Xiaomi secara utuh, kami menyarankan untuk membeli smartphone dengan ROM original yang pastinya bisa selalu diupdate.

Root dan Modding

how to Root Xiaomi
how to Root Xiaomi

Beberapa penggila multimedia biasanya tidak puas dengan performa smartphone bawaan. Dan salah satu hal yang selalu dilakukan adalah menerapkan Root atau mod pada smartphone Xiaomi-nya. Hal ini sebenarnya sah saja dilakukan karena dengan melakukan kedua hal tersebut, Anda bisa mengambil akses lebih banyak untuk smartphone. Seperti misalnya menjalankan aplikasi yang sebelumnya dicegah oleh perangkat. Atau bahkan memblokir iklan yang kerap mengganggu.

Akan tetapi Root dan Mod ini juga memiliki resiko masing-masing karena pada dasarnya Anda telah masuk ke dalam sistem dan memberi perubahan yang tidak legal. Dan apabila Anda tidak bisa mengatasi hal ini dengan baik, bukan tidak mungkin terjadi kerusakan sistem atau bahkan sistem mendeteksi adanya tindak kecurangan sehingga MIUI memblokir akses pada smartphone tersebut.

Jika hal ini sudah terjadi, setiap update yang diluncurkan oleh sistem MIUI tidak akan bisa Anda nikmati lagi. Dan satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengembalikan pengaturan seperti semula. Hapuslah Root dan Mod yang sudah ditanamkan lalu lakukan reset pabrik pada smartphone Anda agar sistem kembali normal.

Menggunakan Custom ROM

Custom ROM xiaomi
Custom ROM xiaomi

Salah satu penyebab hp Xiaomi tidak mendapat update adalah karena Anda menerapkan ROM custom yang berbeda dari ROM MIUI resmi. Biasanya hal ini terjadi karena pengguna tidak puas dengan tampilan standard dari halaman menu utama Xiaomi. Atau bahkan dalam beberapa kasus ada pengguna yang tidak mengetahui jika smartphone Xiaomi-nya sudah menggunakan custom ROM. Kejadian seperti ini umum terjadi pada smartphone bekas. Untuk itu selalu teliti dan tanyakan pada penjual apakah smartphone masih dalam keadaan original atau tidak.

Memeriksa Setting Update Otomatis

Jika Anda merasa beberapa penyebab di atas tidak terjadi, maka bisa jadi ada kesalahan pengaturan yang menyebabkan Xiaomi tidak mendapat update. Cobalah masuk pada menu ‘Update’ atau ‘Pembaruan’ dan periksa kolom pengaturan, apakah sistem mengizinkan proses update otomatis atau justru sebaliknya.

menu update di xiaomi
menu update di xiaomi

Jika Anda sudah mengatur menu menjadi update otomatis, maka notifikasi pemberitahuan update terbaru akan segera muncul. Dan Anda pun cukup melakukan update seperti biasa, baik dengan menggunakan kuota data internet atau jaringan WiFi.

Nah, itu dia beberapa penyebab hp Xiaomi tidak mendapat update dan cara mengatasinya. Jika Anda mengalami permasalahan yang sama, maka tidak perlu bingung. Cukup periksa smartphone dengan cara melakukan langkah-langkah di atas. Dengan demikian Anda pun bisa kembali menikmati berbagai perbaikan bug atau fitur terbaru dari ROM MIUI yang paling update.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.