Xiaomi Redmi Note 5 vs Xiaomi Redmi Note 5A
Xiaomi Redmi Note 5 vs Xiaomi Redmi Note 5A

Sebagai dua produk yang sama-sama mengusung performa canggih, banyak yang membandingkan Xiaomi Redmi Note 5 vs Xiaomi Redmi Note 5A. Hal ini karena kedua smartphone besutan Xiaomi tersebut bersaing dalam kelas yang sama, menengah ke bawah. Apabila dilihat sekilas, tampilan body kedua smartphone ini memang tak berbeda jauh. Keduanya sama-sama menggunakan layar IPS LCD 5.5 inch.

Adapun performa pada segi dapur pacu, terdapat sedikit perbedaan yang mencolok antara Redmi Note 5 dan Redmi Note 5A. Misalnya pada bagian RAM, Xiaomi Redmi Note 5 lebih unggul dengan RAM 4 GB. Sedangkan Redmi Note 5A hanya mengusung RAM 3 GB saja. Bagi Anda yang tertarik untuk membandingkan produk ini, berikut perbandingan antara Xiaomi Redmi Note 5 dan Xiaomi Redmi Note 5A.

Layar dan Tampilan

Xiaomi Redmi Note 5 vs Xiaomi Redmi Note 5A
Xiaomi Redmi Note 5 vs Xiaomi Redmi Note 5A

Pada segi dimensi body dan tampilan, tak ada perbedaan antara Xiaomi Redmi Note 5 vs Xiaomi Redmi Note 5A. Keduanya mengusung layar berukuran IPS LCD capacitive touchscreen 5.5 inchi. Resolusi yang mampu dihadirkan pada layar tersebut adalah 1080 x 1920 pixel dengan kerapatan ~401 ppi.

Untuk melindungi layar dari goresan, Corning Gorilla Glass 4 disematkan di dalamnya. Hal unik dari kedua smartphone ini adalah adanya teknologi 2.5D Curved Glass pada layar sehingga layar tampak seolah melengkung. Tak hanya itu saja, baik Xiaomi Redmi Note 5 atau Note 5A, kedua smartphone ini memiliki fitur dual SIM.

Software dan Hardware

Membandingkan Xiaomi Redmi Note 5 vs Xiaomi Redmi Note 5A tak akan lengkap tanpa mengulas dapur pacu yang disematkan di dalamnya. Mengenai software serta hardware yang digunakan oleh Redmi Note 5 dan Redmi Note 5A, ada perbedaan antara keduanya. Berikut adalah dapur perbandingan dapur pacu kedua smartphone ini.

  • Xiaomi Redmi Note 5
Xiaomi Redmi Note 5
Xiaomi Redmi Note 5

Untuk sistem operasi yang digunakan oleh Xiaomi Redmi Note 5 adalah OS android v7.1 Nougat yang dilengkapi chipset Qualcomm MSM8956 Plus Snapdragon 660. Sedangkan CPU Octa Core berkecepatan 2.2 GHz menjadi daya utama dalam menjalankan berbagai aplikasi berat dengan Redmi Note 5. Ditambah dengan RAM 4 GB, maka dijamin smartphone ini super ngebut dan ringan. Di segi grafis, vendor Xiaomi menggunakan GPU Adreno 512.

  • Xiaomi Redmi Note 5A

Pada Redmi Note 5A, OS yang digunakan juga Android v7.1 dengan dukungan chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 630. Chipset yang digunakan oleh Redmi Note 5A memiliki kelas yang lebih rendah di bawah Redmi Note 5. Pada bagian dapur pacu, smartphone ini menggunakan Octa Core berkecepatan 2.2 GHz.

Xiaomi Redmi Note 5A
Xiaomi Redmi Note 5A

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa RAM Xiaomi Redmi Note 5A adalah 3 GB. Dengan begitu, maka untuk dapur pacu, Xiaomi Redmi Note 5A harus mengakui kekalahan dibandingkan saudaranya tersebut. Hal ini juga diperkuat dengan GPU yang digunakan hanyalah GPU Adreno 508. Meski demikian, Xiaomi Redmi Note 5A tetap mampu menghasilkan performa yang teruji.

Memori Penyimpanan

Pada bagian memori penyimpanan, lagi-lagi Xiaomi Redmi Note 5 lebih mendominasi. Bagaimana tidak? Redmi Note 5 menyediakan memori internal sebesar 64 GB. Sedangkan Redmi Note 5A hanya menawarkan memori internal berkapasitas 32 GB saja. Meski demikian, kedua smartphone ini juga dapat ditambahkan micro SD hingga 256 GB dengan menggunakan slot SIM 2.

Kamera

Selain dapur pacu, bagus tidaknya kamera smartphone juga menjadi pertimbangan apakah smartphone tersebut layak dibeli atau tidak. Berikut adalah perbandingan Xiaomi Redmi Note 5 vs Xiaomi Redmi Note 5A dalam segi kamera.

Xiaomi Redmi Note 5
Xiaomi Redmi Note 5

Pada Xiaomi Redmi Note 5, terdapat dual kamera dengan resolusi kamera utama sebesar 16 MP dan kamera depan dengan resolusi 5 MP. Kamera tersebut memiliki banyak fitur layaknya smartphone Xiaomi pada umumnya. Sedangkan pada Xiaomi Redmi Note 5A, ada kamera belakang beresolusi 13 MP dan kamera depan dengan resolusi 5 MP. Dengan kata lain, lagi-lagi Xiaomi Redmi Note 5 lebih unggul.

Daya Baterai

Adapun daya yang digunakan pada Xiaomi Redmi Note 5 dan Xiaomi Redmi Note 5A adalah sama, yakni non-removable battery Li-Po berkapasitas 3790 mAh. Fitur fast charging tak lupa disematkan sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya lebih cepat.

Dengan melihat sedikit perbandingan di atas, apakah Anda dapat menentukan produk mana yang sesuai untuk Anda? Demikian ulasan tentang perbandingan Xiaomi Redmi Note 5 vs Xiaomi Redmi Note 5A.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.