Mi Band 2 vs Mi Band 3
Mi Band 2 vs Mi Band 3

Para Mi fans tentu sudah sangat familiar dengan produk Mi Band 2 yang diluncurkan pada 2016 lalu. Kini, dua tahun berselang pihak Xiaomi kembali meluncurkan produk terbarunya yaitu Mi Band 3. Mi Band 3 merupakan upgrade atau seri terbaru dari Mi Band 2 yang dirilis pada akhir Mei 2018. Apabila dibandingkan dengan versi lawasnya, seri terbaru ini tentu sudah mengalami beberapa kemajuan.

Sebagian pengamat mengungkapkan bahwa kemajuan Mi Band 3 terletak pada aspek spesifikasi dan  harganya. Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa manfaat dan desain tampilan dari kedua produk ini berbeda. Agar lebih jelas dalam memahami perbedaan Mi Band 2 dan Mi Band 3, sebaiknya Anda simak terlebih dahulu uraian di bawah ini.

Spesifikasi dan Baterai

Perbedaan Mi Band 2 dan Mi Band 3
Perbedaan Mi Band 2 dan Mi Band 3

Layanan Xiaomi Pay bisa diakses oleh para pengguna Mi Band 3 di China. Kemampuan ini tidak terlepas dari adanya fitur fungsionalitas yang bernama Near Field Communication (NFC). Namun, bagi Anda yang berada di luar negara China, maka layanan Xiaomi Pay belum bisa diakses. Xiaomi berharap bahwa suatu saat nanti layanan tersebut bisa diterapkan di negara lain. Harapan ini tentu saja diimbangi dengan langkah konkret sambil terus menciptakan berbagai inovasi pada produknya.

Selain itu, Xiaomi juga melengkapi produk Mi Band 3 dengan teknologi konektivitas yang lebih mutakhir dibanding versi lawasnya. Teknologi konektivitas yang dimaksud adalah Bluetooth 4.2. Apabila dibandingkan dengan Bluetooth 4.0 pada Mi Band 2, teknologi konektivitas milik Mi Band 3 jelas lebih handal. Xiaomi juga secara resmi telah menyatakan bahwa Mi Band 2 dan 3 diprediksi mampu bertahan hingga 20 hari bergantung pada penggunaan fitur di dalamnya.

Harga

Mi Band 2 vs Mi Band 3
Mi Band 2 vs Mi Band 3

Perbedaan Mi Band 2 dan Mi Band 3 yang berikutnya adalah terletak pada harga jualnya. Meski harganya berbeda, kedua produk ini tetap dijual dengan harga yang terjangkau. Produk Mi Band 2 di China dibanderol dengan harga USD30. Apabila dikonversikan ke dalam mata uang Rupiah, maka harganya sekitar Rp 435.000,00. Sementara itu, produk Mi Band 3 awalnya dihargai sebesar USD 35. Namun, ada kabar beredar bahwa produk tersebut mengalami penurunan harga dan dijual EUR20.

Manfaat

Secara umum, kedua jenis Mi Band ini mempunyai manfaat yang hampir sama. Kedua jam pintar memang berfungsi sebagai alat pengingat kesehatan bagi penggunanya. Melalui alat ini, Anda dapat mengetahui kesehatan jantung dan seberapa baik kualitas tidur yang diterapkan. Selanjutnya, semua data kesehatan tersebut bisa Anda unduh melalui smartphone dengan memakai aplikasi Mi Fit.

Manfaat Aplikasi Mi Fit
Manfaat Aplikasi Mi Fit

Akan tetapi, pada produk Mi Band 2 tidak dilengkapi dengan sistem GPS yang berguna sebagai alat pelacak. Kemudian, meskipun keduanya sama-sama bersifat waterproof tetapi Mi Band 2 sebaiknya tidak digunakan saat berenang. Hal ini dikarenakan bisa menyebabkan kerusakan pada produk tersebut. Sementara itu, lain halnya dengan produk Mi Band 3 yang bisa Anda gunakan waktu berenang.

Desain tampilan

Baik Mi Band 2 dan juga Mi Band 3 memang disusun menggunakan bahan dasar berupa silikon. Disamping itu, dari segi tampilan layar OLED keduanya hanya menawarkan dua warna yaitu hitam dan putih. Jika ditinjau dari desain, maka Mi Band 2 jelas lebih kecil dengan ukuran 0,42 inchi. Sementara itu, Mi Band 3 memiliki desain 3 kali lipat lebih besar dari versi lawasnya.

Mi Band 3 memiliki desain sekitar 0,78 inchi. Produk jam pintar ini juga dikabarkan mempunyai tampilan yang jauh lebih baik dengan resolusi 128×80. Sedangkan, Mi Band 2 hanya memiliki resolusi sebesar 72×40. Dibandingkan dengan Mi Band 2, Mi Band 3 telah dilengkapi fitur fungsionalitas berupa layar sentuh.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Mi Band 3 merupakan pengembangan dari versi lawasnya yaitu Mi Band 2. Sebagai versi upgradenya, Mi Band 3 tentu memiliki beberapa aspek yang membedakannya dengan versi terdahulu. Perbedaan Mi Band 2 dan Mi Band 3 tersebut terdiri dari empat aspek meliputi spesifikasi dan baterai, harga, manfaat serta desain tampilannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.