Mi 8 Lite
Mi 8 Lite

Perbedaan spesifikasi Mi 8 Lite dengan Xiaomi Mi 8 SE – Xiaomi kembali merilis salah satu smartphone terbaiknya bernama Xiaomi Mi 8 Lite dan Xiaomi Mi 8 SE dengan spesifikasi yang menakjubkan namun dengan harga yang terjangkau.  Kedua smartphone ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Perbedaan yang paling mencolok dari kedua varian ini adalah ukuran layar, processor, kamera, dan konektifitas. Berikut ini ulasan mengenai perbedaan spesifikasi Mi 8 Lite dengan Xiaomi Mi 8 SE beserta harganya.

Desain

 Mi 8 Lite
Mi 8 Lite

Xiaomi Mi 8 Lite memiliki ukuran dan desain yang terlihat bongsor jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi 8 SE. Selain itu, Xiaomi Mi 8 Lite memiliki ukuran layar sebesar 156.4 x 75.8 x 7.5 mm dengan bobot sebesar 169 gram. Desain ini membuat Xiaomi Mi 8 Lite lebih unggul dibandingkan dengan seri Xiaomi Mi lainnya. Jadi untuk Anda yang menyukai smartphone dengan layar yang cukup besar, maka Xiaomi Mi 8 Lite adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Sedangkan untuk ukuran layar, Xiaomi Mi 8 SE memiliki ukuran layar sebesar 147.3 x 73.1 x 7.5 mm dengan bobot body sebesar 164 gram. Perbedaan desain ini membuat Xiaomi Mi 8 SE memiliki karakter smartphone yang ringan dan enak dibawa bepergian.

Perbedaan spesifikasi Mi 8 Lite dengan Xiaomi Mi 8 SE lainnya adalah pada fitur layar dan ukurannya. Ukuran layar Xiaomi Mi 8 Lite adalah 6.26 inci. Ukuran layar yang demikian ini cukup berbeda jauh dengan ukuran layar yang dimiliki Xiaomi Mi 8 SE yang hanya memiliki 5.88 inci. Selain itu, perbedaan yang mencolok dari kedua smartphone ini adalah desain dalam penempatan kamera belakang. Xiaomi Mi 8 Lite dirilis dilengkapi kamera belakang dengan sudut vertikal, sedangkan Xiaomi Mi 8 SE hadir dengan penempatan kamera secara horizontal.

Rasio Layar

Xiaomi Mi 8 SE
Xiaomi Mi 8 SE

Dengan harga yang berbeda, tentu saja kedua varian Xiaomi Mi 8 ini juga memiliki spesifikasi layar yang berbeda. Xiaomi Mi 8 Lite memiliki rasio layar 19:9 dengan resolusi layar 1080 x 2280 piksel. Sementara Xiaomi Mi 8 SE dirilis dengan ukuran resolusi layar yang lebih kecil yakni 1080 x 2244 piksel dengan rasio layar 18.7 : 9. Selain itu, layar Xiaomi Mi 8 SE juga telah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5.  Smartphone tipe ini dilengkapi dengan fitur HDR10 display dan DCI-P3 yang membuat tampilannya lebih tajam dan jernih. Hal inilah yang membuat Xiaomi Mi 8 SE lebih unggul daripada Xiaomi Mi 8 Lite dalam hal layar.

Processor

Dari sisi performanya, Xiaomi Mi 8 Lite dibekali dengan prosesor tangguh Qualcomm Snapdragon 660 AIE. Sedangkan Xiaomi Mi 8 SE hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 710 yang mana jauh lebih unggul dari Mi 8 Lite. Selain itu, spesifikasi RAM pada kedua smartphone ini  cukup siginifikan yakni 4GB untuk Xiaomi Mi 8 Lite dan 6GB untuk Xiaomi Mi 8 SE. Dengan perbedaan yang mencolok ini, Xiaomi Mi 8 SE terbilang cukup unggul dalam hal prosesor. Namun, Xiaomi Mi 8 Lite lebih unggul dalam hal kapasitas baterai yakni 3120 mAh untuk Xiaomi Mi 8 SE dan 3350 mAh untuk Mi 8 Lite.

Kamera

Kamera Xiaomi Mi 8 SE
Kamera Xiaomi Mi 8 SE

Dalam hal kamera, kedua smartphone memiliki resolusi dan fitur yang cukup sama yakni sama- sama menggunakan dual kamera belakang dengan 12 MP, f/1.9, 1/2.55″, 1.4µm, dual pixel PDAF + 5 MP, f/2.0, 1.12µm, depth sensor. Sedangkan, kamera depan pada Xiaomi Mi 8 Lite lebih unggul dengan 24 mega piksel daripada Xiaomi Mi 8 SE yang hanya dibekali kamera 20 mega piksel.

Harga

Mengenai harga, kedua smartphone ini memiliki harga yang juga hampir sama yakni sekitar 4 jutaan. Xiaomi Mi 8 Lite beredar dengan harga pasaran sebesar 3,7 juta rupiah sedangkan harga Xiaomi Mi 8 SE 3,8 juta rupiah.

Itulah perbedaan spesifikasi Mi 8 Lite dengan Xiaomi Mi 8 SE. Semoga hasil ulasan di atas dapat memudahkan Anda dalam menentukan tipe ponsel yang hendak Anda inginkan.