Xiaomi Mi Mix 1 vs Xiaomi Mi Mix 2
Xiaomi Mi Mix 1 vs Xiaomi Mi Mix 2

Sebagai produk smartphone yang terbukti sama-sama tangguh, banyak yang mencari perbedaan Xiaomi Mi Mix 1 vs Xiaomi Mi Mix 2 karena keduanya memiliki fitur yang hampir sama. Meski demikian, bukan berarti kedua smartphone canggih besutan Xiaomi Mobile ini tak memiliki perbedaan mendasar. Di akhir tahun ini, Xiaomi lagi-lagi mengeluarkan dua produk smartphone bezel less atau memiliki bezel yang tipis. Dengan desain seperti itu, baik Mi Mix 1 atau Mi Mix 2 sekilas terlihat full layar tanpa bezel.

Kedua smartphone ini memang berbeda dengan produk lain dari Xiaomi yang biasa menyasar pasar menengah ke bawah. Pasalnya spesifikasi yang diusung sangat menawan. Tak hanya itu saja, harga yang dibandrol baik untuk Mi Mix atau Mi Mix 2 juga terbilang cukup menguras kantong. Daripada penasaran dengan perbedaan kedua smartphone ini, sebaiknya Anda simak ulasan berikut.

Ukuran Layar dan Kerapatan Pixel

 Xiaomi Mi Mix 1 vs Xiaomi Mi Mix 2
Xiaomi Mi Mix 1 vs Xiaomi Mi Mix 2

Perbedaan Xiaomi Mi Mix 1 vs Xiaomi Mi Mix 2 pada bagian layar memang tak terlalu jauh. Mari kita ulas tentang Xiaomi Mi Mix 1 terlebih dahulu. Produk ini menggunakan tipe layar IPS LCD capacitive dengan ukuran sebesar 6.4 inchi dengan resolusi 1080 x 2040 pixel dan memiliki kerapatan hingga 362 ppi. Jadi meskipun ukuran layarnya besar, namun Xiaomi Mix 1 tetap mampu menghasilkan gambar yang lembut dan halus.

Adapun Xiaomi Mi Mix 2 juga mengusung ukuran layar serupa. Perbedaannya adalah smartphone ini menggunakan tipe layar berbeda. Adapun tipe layar yang digunakan adalah Curved AMOLED sehingga desain layarnya tampil semakin elegan.

Software dan Hardware Xiaomi Mi Mix vs Mi Mix 2

Hal menarik yang tentu harus diulas adalah perbedaan Xiaomi Mi Mix 1 vs Xiaomi Mi Mix 2 pada bagian software serta hardware yang ditanamkan di dalamnya. Untuk chipset, kedua produk ini menggunakan chipset Snapdragon 821 yang dilengkapi dengan CPU Quad Core berkecepatan 2.35 GHz. Tak hanya itu saja, GPU Adreno terbaru versi 530 juga disematkan sehingga untuk tampilan grafis, pengguna tak perlu lagi meragukannya.

Xiaomi Mi Mix vs Mi Mix 2 officially
Xiaomi Mi Mix vs Mi Mix 2 officially

Perbedaannya terletak pada sistem operasi dan MIUI kedua smartphone canggih tersebut. Misalnya untuk Mi Mix 1 masih menggunakan Android v6.0 Marshmallow. Ini adalah hal yang wajar karena Xiaomi Mi Mix 1 dirilis terlebih dahulu. Namun OS tersebut tetap dapat diupgrade ke OS Android v7.0 Nougat. Tak hanya itu, MIUI yang digunakan juga masih MIUI 8.0.

Sedangkan pada Xiaomi Mi Mix 2, OS bawaan yang digunakan adalah OS Android v7.1 Nougat dan dilengkapi dengan MIUI 9.0 sehingga tampilannya semakin menarik.

Sektor Kamera untuk Mengabadikan Moment

Pada sektor kamera, sebagai penerus Xiaomi Mi Mix 1, sepertinya tak ada perubahan pada Mi Mix 2. Hal ini karena kamera yang digunakan masih sama yakni kamera utama beresolusi 16 MP dan kamera depan dengan resolusi 5 MP. Fitur kedua kamera ini pun sama persis yakni phase detection, dual LED flash, phase detection, dan touch focus. Tak hanya itu saja, resolusi maksimal video yang dihasilkan juga sama yakni 2160p@30fps.

Kapasitas Memori dan Daya Baterai

Seperti halnya pada sektor kamera, bahkan untuk sektor memori, RAM, dan baterai yang digunakan pada dua smartphone ini sama. Keduanya menyediakan dua pilihan RAM yakni RAM 4 GB atau 6 GB. Untuk RAM 4 GB, memori internalnya adalah sebesar 126 GB. Sedangkan pada RAM 6 GB, pengguna dapat menggunakan memori internal yang sangat besar yakni 256 GB.

Mi Mix 1 vs Mi Mix 2
Mi Mix 1 vs Mi Mix 2

Adapun pada kapasitas baterai, baik Xiaomi Mi Mix 1 atau Xiaomi Mi Mix 2 sama-sama menggunakan non-removable Li-Ion battery berkapasitas 4400 mAh. Sebagai smartphone terbaru, terdapat fitur fast charging di dalamnya sehingga pengisian daya dapat berlangsung lebih cepat.

Harga Xiaomi Mi Mix dan Mi Mix 2

Adapun harga yang dibandrol kedua smartphone ini berbeda yakni sektiar 6 jutaan untuk Mi Mix 1 dan 7 jutaan untuk Mi Mix 2. Ini bukan hal yang mengherankan karena spesifikasi mumpuni yang diusung oleh kedua smartphone ini.

Kesimpulannya, perbedaan mendasar antara kedua produk Xiaomi tersebut adalah pada bagian tipe layar, OS, dan versi MIUI. Demikian sedikit ulasan tentang perbedaan Xiaomi Mi Mix 1 vs Xiaomi Mi Mix 2.