Xiaomi Redmi Note 5 vs Xiaomi Redmi Note 5 Plus
Xiaomi Redmi Note 5 vs Xiaomi Redmi Note 5 Plus

Belakangan ini, sepertinya para pengguna Xiaomi sedang membandingkan dan mencari apa saja perbedaan Xiaomi Redmi Note 5 dan Xiaomi Redmi Note 5 Plus. Pasalnya, kedua smartphone terbaru dari vendor asal Tiongkok ini dapat dikatakan memiliki kemiripan yang sangat banyak.

Untuk informasi saja, kedua produk ini belum resmi dirilis. Hanya saja, kabarnya vendor Xiaomi akan segera merilis Redmi Note 5 terlebih dahulu di bulan Maret 2018 mendatang. Sedangkan untuk Redmi Note 5 Plus, masih belum ada kabar kapan mulai dipasarkan demi bersaing di dunia smartphone. Meski demikian, sudah banyak rumor yang beredar mengenai spesifikasi apa saja yang diusung oleh Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Plus. Uniknya, spesifikasi apa saja yang diusung oleh 2 smartphone ini dikatakan hampir mirip satu sama lain. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan diulas mengenai perbedaan apa saja yang diusung oleh 2 smartphone terbaru dari Xiaomi ini.

Tampilan Layar dan Body Smartphone

Xiaomi Redmi Note 5 vs Xiaomi Redmi Note 5 Plus
Xiaomi Redmi Note 5 vs Xiaomi Redmi Note 5 Plus

Mari mulai mengulas tentang perbedaan Xiaomi Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Plus dari tampilan layar dan body keduanya. Untuk spesifikasi, kedua smartphone ini sama-sama menggunakan layar beresolusi 1080 x 1920 full HD dengan fitur multi touch. Jenis layar yang digunakan juga sama-sama IPS LCD kapasitif touchscreen. Hanya saja, perbedaan keduanya di segi layar terletak pada kerapatan pixel serta ukuran layar. Untuk Xiaomi Redmi Note 5, kerapatan pixelnya mencapai 403 ppi dengan ukuran layar 5,99 inchi. Sedangkan untuk Redmi Note 5 Plus, kerapatan layarnya adalah 401 ppi dengan ukuran layar 5,5 inchi.

Dapur Pacu dan Sistem Operasi

Segi lain yang dapat digunakan untuk membandingkan kedua smartphone ini adalah dari segi dapur pacu dan sistem operasi yang disematkan di dalamnya. Hal ini karena OS dan mesin pada smartphone menjadi nyawa yang nantinya dapat menentukan apakah sebuah smartphone dapat memberikan performa gahar atau tidak.

Xiaomi Redmi Note 5 vs Xiaomi Redmi Note 5 Plus
Xiaomi Redmi Note 5 vs Xiaomi Redmi Note 5 Plus

Berdasarkan informasi dari GSMARENA, Untuk Sistem Operasi, keduanya sama-sama menggunakan OS Android terbaru, yakni Nougat. Hanya saja, versi yang diusung oleh masing-masing smartphone berbeda. Misalnya untuk Xiaomi Redmi Note 5, menggunakan Android v7.1.2 Nougat dengan MIUI 9. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 5 Plus menggunakan Android v7.0 Nougat dengan MIUI 9. Perbedaan versi Android tersebut sebenarnya tidak akan begitu memberikan pengaruh karena nantinya pengguna dapat melakukan update versi android terbaru secara otomatis.

Beralih pada mesin, sepertinya kedua smartphone ini melakukan persaingan yang sangat ketat. Misalnya untuk chipset, Redmi Note 5 menggunakan Qualcomm Snapdragon 625 MSM8953 sedangkan Redmi Note 5 Plus menggunakan Qualcomm Snapdragon 630. Perbedaan paling terlihat adalah di segi CPU karena Redmi Note 5 menyematkan CPU Octa Core berkecepatan 2 GHz sedangkan Redmi Note 5 Plus hanya mengusung CPU Quad Core berkecepatan 2.2 GHz saja. Meski demikian, di bagian grafis sepertinya Redmi Note 5 Plus lebih unggul karena menggunakan GPU Adreno 508 sedangkan saudaranya hanya menggunakan GPU Adreno 506. Persamaannya, kedua smartphone ini menggunakan RAM 4 GB.

Memori Penyimpanan

Hal lain yang juga dapat dibandingkan dari kedua smartphone ini adalah pada bagian memori penyimpanan. Untuk Xiaomi Redmi Note 5, terdapat 2 pilihan memori penyimpanan yakni 32 GB dan 64 GB. Sedangkan pada Xiaomi Redmi Note Note 5 Plus, pengguna hanya dapat memilih memori internal 64 GB saja.

Kamera Redmi Note 5 Plus
Kamera Redmi Note 5 Plus

Meski demikian, Anda dapat menambahkan micro SD hingga kapasitas 128 GB. Dengan begitu, maka tak perlu lagi khawatir dengan berapa besar memori penyimpanan Anda. Satu hal lagi, jika memasang slot micro SD, berarti Anda harus menggunakan slot SIM 2 pada kedua smartphone ini.

Kamera

Perbedaan Xiaomi Redmi Note 5 dan Xiaomi Redmi Note 5 Plus yang berikutnya adalah pada segi kamera. Untuk gambar yang dihasilkan, Xiaomi Redmi Note 5 dapat menghasilkan gambar hingga resolusi 4000 x 3000 pixel dengan kamera utama. Sedangkan Redmi Note 5 Plus dapat menghasilkan gambar yang lebih tajam lagi yakni hingga 4161 x 3464 pixel. Selain itu, kamera depan yang digunakan juga berbeda karena Redmi Note 5 menggunakan kamera 5 MP sedangkan Xedmi Note 5 Plus menggunakan kamera 13 MP.

Itulah perbedaan Xiaomi Redmi Note 5 dan Xiaomi Redmi Note 5 Plus, semoga bermanfaat.