Xiaomi Redmi Note 6 pro
Xiaomi Redmi Note 6 pro

Perbedaan Xiaomi Redmi Note 5 Pro dan Redmi Note 6 Pro – Vendor Xiaomi selalu update dalam mengeluarkan produk terbaru mereka, misalnya pada Xiaomi Redmi Note 5 Pro dan Redmi Note 6 Pro ini. Kedua tipe smartphone ini hanya berselisih kurang dari satu tahun dalam perilisannya. Kemudian, sebagai kakak dari versi tipe sebelumnya yakkni Redmi Note 5 Pro, Redmi Note 6 Pro memiliki status dan spesifikasi yang lebih unggul. Apa saja perbedaan Xiaomi Redmi Note 5 Pro dan Redmi Note 6 Pro ini? Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Tanggal Rilis

Xiaomi Redmi Note 5 Pro
Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Xiaomi Redmi Note 5 Pro dirilis pada bulan Februari 2018 sedangkan Redmi note 6 Pro pada bulan September 2018. Selisih waktu rilis yang berdekatan ini mengartikan bahwa dua tipe tersebut tidaklah berbeda jauh dalam hal spesifikasi.

2. Dimensi Dan Ukuran Layar

Xiaomi Redmi Note 6 pro
Xiaomi Redmi Note 6 pro

Dimensi dari sebuah smartphone merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, dimensi dari Xiaomi Redmi Note 5 Pro dan Xiaomi Redmi Note 6 Pro berbeda meskipun tidak terlalu jauh. Dimensi dari Note 5 Pro yakni 160.7×77.3×8.1mm dan memiliki berat total sebesar 158 gram, sedangkan Xiaomi Redmi Note 6 Pro memiliki dimensi 157.9×76.4×8.2mm dan berat 168 gram. Dapat kita lihat bahwa Xiaomi Redmi Note 6 Pro lebih berat dalam hal dimensi karena spesifikasinya yang memang lebih tinggi. Di samping itu, resolusi layar yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi Note 5 Pro adalah 5.9 inci dan 6.23 inci untuk Xiaomi Redmi Note 6 Pro.

3. Versi Android dan Versi MIUI

Xiaomi Redmi Note 6 pro and Note 5 pro OS version
Xiaomi Redmi Note 6 pro and Note 5 pro OS version

Xiaomi Redmi Note 5 Pro mengemban android versi 7.1 Nougat, sedangkan Note 6 Pro telah memiliki versi android 8.1 Oreo. Hal ini adalah salah satu pembeda yang sangat ekstrim dari kedua tipe smartphone ini. Di samping itu, versi MIUI yang diterapkan dalam kedua hp ini juga berbeda. Untuk Xiaomi Redmi Note 5 Pro, MIUI yang ditanamkan adalah versi 9.5 dan Note 6 Pro memiliki versi 10.0.

4. Kamera Depan

Untuk kamera belakang, dua tipe smartphone ini memiliki fitur yang sama yakni dual kamera 12 Mega Pixel dan 5 Mega Pixel, LED Flash, dan Phase Detection Autofocus. Namun, perbedaan yang mencolok dalam hal kamera adalah bagian kamera depannya. Kamera depan yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi Note 5 Pro adalah satu kamera sebesar 20 Mega Pixel, sedangkan Xiaomi Redmi Note 6 Pro adalah dual kamera seperti kamera belakang dengan kemampuan 20 Mega Pixel dan 2 Mega Pixel untuk kamera kedua.

5. Perbedaan Harga

Xiaomi Redmi Note 5 Pro dibanderol dengan harga sekitar 2,7 Jutaan, sedangkan Xiaomi Redmi Note 6 Pro adalah sekitar 3,2 Jutaan. Perbedaan harga yang sedikit ini cukup menguntungkan para pengguna Xiaomi Redmi Note 6 Pro yang mendapatkan smartphone dengan spesifikasi yang lebih unggul. Selain itu, harga tersebut masih tergolong murah untuk ukuran smartphone dengan spesifikasi dan fitur yang  dimuat oleh Xiaomi Redmi Note 5 Pro dan Xiaomi Redmi Note 6 Pro.

6. Desain dan Model

Mengenai hal ini sebenarnya tergantung pada selera masing- masing. Tapi, artikel ini akan tetap membahasnya karena merupakan suatu perbedaan Xiaomi Redmi Note 5 Pro dan Xiaomi Redmi Note 6 Pro terpenting. Xiaomi Redmi Note 5 Pro memiliki desain yang elegan dan nyaman untuk digunakan. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 6 Pro menerapkan desain terbaru yang hampir menyerupai Iphone X yang sedang trend saat ini.

Xiaomi Redmi Note 5 Pro
Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Nah, itulah beberapa perbedaan Xiaomi Redmi Note 5 Pro dan Redmi Note 6 Pro dalam hal spesifikasi, tanggal rilis, harga, dan desain. Setiap Smartphone memiliki kelebihan dan kekurangannya masing- masing. Jadi, kedua tipe hp vendor Xiaomi di atas adalah produk terbaik keluaran Xiaomi. Untuk masalah mana yang lebih bagus, itu adalah opini pribadi kalian yang mana berhubungan dengan kebutuhan pribadi. Semoga artikel ini dapat membantu kalian menentukan keputusan yang tepat.