Smartphone Xiaomi Mi 8 Lite
Smartphone Xiaomi Mi 8 Lite

Penggunaan smartphone memang sudah menjamur dimana-mana khususnya di Indonesia. Hal ini tidak dapat dipungkiri lagi karena penggunaan smartphone memang untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Masyarakat umumnya menggunakan ponsel pintar untuk keperluan komunikasi dan juga hiburan. Melihat begitu pentingnya smartphone bagi masyarakat, maka pihak produsen tak henti-hentinya melakukan inovasi.

Salah satu produsen smartphone yang terus melakukan pembaruan produk adalah Xiaomi. Baru-baru ini produsen ponsel pintar yang berbasis di Tiongkok ini meluncurkan produk baru. Produk tersebut diberi nama Xiaomi Mi 8 Lite. Saat ini, produk pabrikan Xiaomi tersebut telah dirilis dan tersebar di pasaran Indonesia. Agar tidak penasaran, inilah 6 spesifikasi Xiaomi Mi 8 Lite.

  1. Sistem keamanan

Smartphone Xiaomi Mi 8 Lite menghadirkan dua sistem keamanan terkini kepada para penggunanya. Kedua sistem keamanan tersebut terdiri dari fingerprint (sensor sidik jari) dan face recognition (pengenalan wajah). Khusus untuk fingerprint, kemampuan membaca sensor sidik jari pengguna tergolong cepat.

xiaomi mi 8 lite face recognition
xiaomi mi 8 lite face recognition

Selain cepat, proses pembacaan sensor sidik jari tidak mudah terganggu meski tangan dalam keadaan basah, kotor maupun berdebu. Sedangkan, sistem keamanan face recognition yang dihadirkan Mi 8 Lite belum menggunakan mendukung fitur 3D. Akan tetapi, untuk akurasi pengenalan wajah melalui kamera depannya terbilang cukup akurat walau dalam kondisi cahaya terang.

  1. Performa gaming

Ada kabar baik bagi Anda penggemar Mobile Legend dan PUBG karena spesifikasi Mi 8 Lite cocok untuk kedua game itu. Setelah di uji coba, smartphone ini bisa memainkan kedua game tersebut menggunakan settingan medium maupun high dengan lancar. Padahal, pada saat uji coba produk ponsel pintar ini digunakan bermain game lebih dari satu jam. Jadi, kini Anda tidak perlu lagi khawatir karena masalah smartphone cepat panas dan fps drop tidak akan menimpa produk ini.

  1. Body dan desain

Salah satu spesifikasi Xiaomi Mi 8 Lite yang paling menonjol adalah body dan desainnya. Bagaimana tidak? Xiaomi membawa desain baru pada produknya ini dan membuatnya menyerupai smartphone flagship. Ini dapat dilihat pada bagian depan ponsel yang dilengkapi dengan notch untuk menghiasi layarnya.

Smartphone Xiaomi Mi 8 Lite
Smartphone Xiaomi Mi 8 Lite

Kemudian, body metal pada bagian belakang smartphone juga sudah digantikan dengan body kaca ala ponsel pintar flagship. Perubahan pada tampilan depan dan belakang Mi 8 Lite seolah menjadi jawaban atas kritik dari pengguna soal body. Selain desain yang mewah, ponsel ini juga nyaman untuk digunakan beraktivitas sehari-hari. Mi 8 Lite mempunyai berat 169 gram dengan dimensi 156,4 x 75,8 x 7,5 mm sehingga masih tergolong ringan dan tipis.

Akan tetapi, ada satu kelemahan pada bagian body ponsel. Dikarenakan body terbuat dari kaca maka smartphone Xiaomi yang satu ini cukup licin saat digenggam. Disamping itu, lapisan kaca pada body smartphone juga bisa membuat sensor sidik jari menjadi lebih sensitif. Namun, kedua masalah tersebut nampaknya telah disadari Xiaomi dengan menawarkan solusi berupa penggunaan soft case pada paket penjualan.

  1. Harga
Xiaomi Mi 8 Lite
Xiaomi Mi 8 Lite

Harga merupakan persoalan yang sensitif bagi konsumen di Indonesia. Oleh sebab itu, para produsen berupaya untuk menciptakan produk smartphone berkualitas dengan harga terjangkau. Tujuannya adalah agar produk tersebut dapat laris di pasaran Indonesia. Ponsel pabrikan terbaru Xiaomi ini memiliki 2 varian produk dengan harga yang berbeda. Berikut ini adalah perbedaan harga Xiaomi Mi 8 Lite, dimana RAM 64 GB dihargai 3,4 juta dan RAM 128 GB dibanderol 4,1 juta.

  1. Sistem operasi

Beralih ke sistem operasi, dimana Mi 8 Lite telah mengusung prosesor Octa Core Snapdragon 660. Jenis prosesor ini diprediksi mempunyai kecepatan 4 x 2,2 Ghz dan 4 x 1,8 Ghz. Tidak hanya itu, kehadiran prosesor ini juga masih didukung oleh GPU Adreno 512 yang berguna untuk mengolah grafis.

Sistem operasi Xiaomi Mi 8 Lite
Sistem operasi Xiaomi Mi 8 Lite

Secara umum, produk Xiaomi Mi 8 Lite yang beredar di Indonesia mempunyai RAM 4 GB dan internal storage 64 GB. Keberadaan spesifikasi seperti ini memungkinkan Mi 8 Lite memperoleh skor yang cukup tinggi pada beberapa aplikasi benchmark. Diantaranya adalah aplikasi Antutu dan juga GeekBench.

  1. Kamera

Xiaomi menyadari bahwa permintaan smartphone dengan kamera selfie berkualitas semakin meningkat. Oleh sebab itu, Xiaomi melengkapi produk ini dengan kamera depan berukuran 24 MP untuk menghasilkan foto yang bening bagi penggunanya. Tidak hanya itu, kamera depan ponsel ini juga masih didukung oleh beberapa mode seperti group selfie, filter bawaan, portrait dan square.

Pada sektor kamera belakang, Xiaomi Mi 8 Lite juga menghadirkan format dual kamera yaitu 12 MP+5 MP. Kamera 12 MP mempunyai spesifikasi dual pixel PDAF dengan bukaan f/1.9/. Sementara itu, kamera 5 MP mampu menghasilkan foto bokeh berkualitas karena memiliki fungsi depth sensor. Kamera belakang ponsel ini juga didukung oleh LED flash dan fitur lainnya. Misalnya: Auto HDR, EIS (Electronic Image Stabilization) dan kemampuan merekam video hingga kualitas 1080P di @30fps.

Sekarang banyak sekali produk ponsel pintar dengan berbagai merk yang dijual secara terjangkau di pasaran Indonesia. Meski harganya murah, Anda tetap harus mencari tahu perihal kualitas produk tersebut. Produk Xiaomi Mi 8 Lite adalah salah satu jenis smartphone yang menawarkan kualitas terbaik. Ulasan mengenai spesifikasi Xiaomi Mi 8 Lite di atas bisa menjadi buktinya. Tak hanya murah, produk milik Xiaomi ini juga dibanderol dengan harga bersahabat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.