review Xiaomi Mi Max 3
review Xiaomi Mi Max 3

Di antara berbagai tipe smartphone Xiaomi, mungkin yang paling banyak dicari oleh pecinta gadget canggih adalah tentang spesifikasi Xiaomi Mi Max 3. Meskipun belum resmi dirilis, namun sudah banyak sekali bocoran tentang bagaimana spesifikasi dari smartphone terbaru besutan Xiaomi ini. Untuk itulah, bagi Anda yang penasaran tentang teknologi seperti apa saja yang disematkan di dalam smartphone ini, sebaiknya simak ulasan berikut.

Dimensi Layar dan Jaringan

Xiaomi Mi Max 3
Xiaomi Mi Max 3

Mari memulai ulasan pertama spesifikasi Mi Max 3 dari segi dimensi layar serta jaringan yang digunakan. Berdasarkan situs gsmrarena.com untuk ukuran layar, smartphone yang merupakan penerus dari Xiaomi Mi Max 2 ini menggunakan layar berukuran 6.44 inchi dengan tipe IPS LCD kapasitif touchscreen. Layar tersebut memiliki resolusi yang cukup baik yakni 1080 x 2160 pixel dengan kerapatan pixel yang mencapai ~375 ppi. Untuk masalah perlindungan layar, vendor Xiaomi masih setia menggunakan Corning Gorilla Glass versi terbaru.

Mengenai jaringan, Xiaomi Mi Max 3 menggunakan tipe jaringan 3G dan sudah support 4G LTE. Pada jaringan 3G HSDPA, kecepatan download yang dapat dirasakan adalah hingga 42 mbps sedangkan pada jaringan 4G LTE, pengguna akan merasakan kecepatan download hingga 150 mbps.

Sistem Operasi dan Dapur Pacu

Beralih pada ulasan tentang sistem operasi serta dapur pacu yang ditanamkan pada smartphone ini, Anda mungkin sudah dapat menduga kira-kira mesin seperti apa saja yang diadopsi dari pendahulunya, yakni Mi Max 2. Untuk OS, tentunya Mi Max 3 menggunakan tipe OS terbaru yakni Android v7.0 Nougat dengan MIUI 9. Sedangkan pada bagian prosesor, terdapat chipset Qualcomm Snapdragon 630 yang disematkan di dalam smartphone ini. Seperti yang kita tahu, sebagian besar smartphone Xiaomi selalu menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon.

review Xiaomi Mi Max 3
review Xiaomi Mi Max 3

Adapun di bagian CPU, terdapat CPU octa core berkecepatan 2.2 GHz yang siap membantu Anda dalam menjalankan berbagai game ataupun aplikasi berat. Selain itu, di segi pengolahan grafis, smartphone ini disempurnakan dengan adanya GPU Adreno 510. Untuk masalah RAM, lagi-lagi vendor Xiaomi memberikan pilihan bagi para penggunanya.

Setidaknya pengguna dapat memilih Xiaomi Mi Max 3 dengan RAM 4 GB serta ROM 64 GB ataupun RAM 6 GB serta ROM 128 GB. Apabila Anda perhatikan, tentu saja ukuran ROM atau memori internal tersebut terbilang cukup besar untuk penyimpanan. Namun apabila Anda ingin menambahkan memori eksternal, smartphone ini juga menyediakan slot micro SD hingga kapasitas 256 GB.

Kamera dan Sensor

Spesifikasi Xiaomi Mi Max 3 yang juga tak boleh dilewatkan adalah mengenai kamera serta fitur sensor yang terdapat di dalamnya. Untuk kamera, smartphone ini memiliki kamera utama dengan resolusi 12 MP yang mampu menghasilkan video berkualitas 2160p@30fps dan juga kamera depan dengan resolusi 5MP. Fitur dual kamera ini memang menjadi ciri khas dari semua smartphone Xiaomi.

smartphone Xiaomi 2018
smartphone Xiaomi 2018

Sedangkan untuk bagian sensor, sepertinya produk terbaru ini tak menghilangkan satupun sensor yang juga dimiliki oleh Xiaomi Mi Max 2. Adapun beberapa sensor yang dimaksud adalah fingerprint atau sidik jari, accelerometer, proximity, kompas, dan gyroscope. Semua sensor tersebut akan sangat membantu Anda dalam melakukan berbagai aktivitas bersama dengan smartphone.

Daya Baterai dan Harga

Untuk daya baterai, smartphone Xiaomi Mi Max 3 menggunakan tipe non-removable Li-Ion berkapasitas 5300 mAh. Jika dilihat dari besarnya kapasitas baterai tersebut, sudah dapat dipastikan bahwa daya tahan smartphone selama digunakan akan sangat awet sekali. Tak hanya itu saja, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan fitur fast charging sehingga Anda pun tak perlu menunggu terlalu lama ketika melakukan pengisian daya.

harga Xiaomi Mi Mix 3 terbaru
harga Xiaomi Mi Mix 3 terbaru

Mengenai harganya, hingga saat ini vendor Xiaomi belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai besaran uang yang harus dikeluarkan oleh pengguna untuk memiliki Xiaomi Mi Max 3. Namun apabila dilihat dari spesifikasi di atas, maka dapat sedikit ditarik prediksi bahwa harga Xiaomi Mi Max 3 adalah sekitar 3 juta hingga 3,5 jutaan. Ini adalah harga yang wajar untuk sebuah smartphone canggih dengan beragam fitur dan dijamin dapat memberikan performa gahar.

Demikian sedikit ulasan tentang spesifikasi Xiaomi Mi Max 3, semoga bermanfaat.