Mi A2
Mi A2

Spesifikasi Xiaomi Mi A2 – Penggemar Xiaomi khususnya seri Mi sedikit bisa bernafas lega, pasalnya perusahaan raksasa asal Tiongkok ini telah mengumumkan kemunculan Smartphone teranyar mereka yaitu Xiaomi Mi A2 (Mi 6X). Smartphone ini digadang-gadang menjadi suksesor pendahulunya Mi A1, tentunya dengan sederet peningkatan dan keunggulan di sejumlah sektor.

Seperti yang kita tahu Xiaomi Mi A1 cukup membuat pecinta Xiaomi puas dengan spesifikasi yang diusungnya. Sekarang dengan kemunculan  Mi A2 sebagai generasi berikutnya, diharapkan konsumen terutama penggemar seri Mi lebih puas lagi dengan tampilan yang lebih mewah dan berkelas.

Spesifikasi Tangguh Mi A2

Mi A2
Mi A2

Tampilan gahar Mi A2 terlihat dari layar seluas 5.99 inci dengan resolusi FHD 2160 x 1080 pixels dan desain mewah 2.5D curved glass display dengan nilai 1500:1 contrast. Dari tampilan ini dapat kita simpulkan bahwa Mi A2 nampak sangat jernih dan nyaman untuk pandangan mata. Lantas bagaiamana dengan jeroannya?

Sebagaimana Smartphone seri Mi sebelumnya, kali ini Xiaomi nampak cukup royal dalam urusan dapur pacu Smartphone Mi A2. Perangkat terbaru ini dibekali chipset Snapdragon 660 Octa-core 14 nm Mobile Platform (Quad 2.2 GHz Kryo 260 + Quad 1.8 GHz Kryo 260 CPUs). Untuk pengolah grafisnya ditanam GPU Adreno 512 yang cukup handal untuk pemrosesan data.

Kinerja smooth Smartphone salah satunya tergantung dari kapasitas RAM. Untuk memaksimalkan kinerja Mi A2, Xiaomi telah membekali 2 pilihan RAM masing-masing 4 GB dan 6 GB. Sementara untuk ruang penyimpanan juga tersedia 2 pilihan memori internal masing-masing berkapasitas 64 GB dan 128 GB.

Soal sistem operasi sepertinya Mi A2 adalah salah satu produk Smartphone yang dipercaya mencicipi OS Android terbaru dari Google. Benar, perangkat ini sudah mengusung OS Android 8.1 Oreo dikolaborasikan dengan MIUI milik Xiaomi.

Dari sisi konektivitas ponsel ini mendukung jaringan data super cepat 4G LTE baik pada SIM 1 maupun SIM 2. Untuk transfer data Mi A2 sudah menggunakan USB Type C untuk proses transfer data paling cepat saat ini. Tak lupa Smatphone ini juga dilengkapi fitur-fitur standar lainnya seperti Infrared sensor dan Fingerprint untuk keamanan perangkat.

Keungggulan spesifikasi Xiaomi Mi A2 juga terletak di sektor kamera. Tengok saja, Xiaomi mantap membenamkan kamera belakang dengan lensa beresolusi 12 MP + 20 MP dilengkapi LED Flash dan sederet fitur pendukung kamera lainnya. Yang mengagumkan, pada bagian depan Smartphone ini sudah mengusung kamera 20 MP (sensor Sony IMX376) with soft LED flash.

Jika ada sedikit minus dari Xiaomi Mi A2 mungkin hanya terletak di sektor baterai yang digunakan. Sayang sekali dengan spesifikasi high class dan jaminan kinerja maksimal, Smartphone ini hanya dibekali baterai kapasitas 3010 mAh (typical) / 2910 mAh (minimum). Tapi tdak perlu khawatir karena Mi A2 sudah mengusung fitur Quick Charge versi 3.0 untuk mempercepat proses pengisian daya.

Pilihan Warna dan Harga Xiaomi Mi A2

Mi A2 Xiaomi
Mi A2 Xiaomi

Untuk memenuhi selera pecintanya, Xiaomi Mi A2 tersedia cukup banyak pilihan warna seperti Black, Flame Red, Glacier Blue, Cherry Pink, dan San Gold. Untuk harga dipasaran China Mi A2 dijual mulai harga 1.599 Yuan atau setara Rp 3,5 jutaan.

Dari spesifikasi Xiaomi Mi A2 diatas sepertinya Smartphone ini layak direkomendasikan bagi pecinta Xiaomi seri Mi. Mungkin satu-satunya nilai minus hanya terletak pada kapasitas baterainya. Jika di China dipasarkan di level harga Rp 3 jutaan, menarik untuk ditunggu harga resminya jika sudah masuk pasar Indonesia, apakah lebih murah atau justru lebih mahal.