Xiaomi Mate 10 Pro Amerika Serikat
Xiaomi Mate 10 Pro Amerika Serikat

Xiaomi bawa flagship ke AS –Meskipun saat ini perusahaan Smartphone peringkat pertama di Cina di duduki oleh Huawei namun rupanya Xiaomi tidak ingin tinggal diam. Xiaomi ingin terus mengejar posisi Huawei dalam bidang penjualan Smartphone, tidak hanya di Cina namun juga di tingkat dunia. Saat ini Huawei telah melebarkan sayapnya ke AS untuk menjual Smartphone dengan kelas flagship ke sana. Langkah tersebut pun diikuti dengan Xiaomi yang berencana untuk menjual Smartphone dengan kualitas premium ke Amerika Serikat. Hal tersebut diketahui dari petinggi Xiaomi bernama Wang Xian yang akan membawa produknya ke Amerika Serikat dalam waktu dua tahun.

Gebrakan Xiaomi di Amerika Serikat

Xiaomi di amerika
Xiaomi di amerika

Pasar Amerika Serikat banyak diincar oleh perusahaan di seluruh dunia termasuk Cina. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya perusahan Cina dan negara lainnya yang berusaha untuk memasarkan produk mereka di Amerika Serikat. Gebrakan yang dilakukan oleh perusahaan ini adalah berencana membuka toko yang menjual berbagai macam produk selain ponsel misalnya aja adalah penyedot debu, pelacak alat kesehatan sebagai perkenalannya. Untuk sementara Xiaomi tidak akan mengenalkan Smartphonenya di Amerika Serikat.  Selama dua tahun itu, perusahaan Xiaomi akan menggali informasi tentang Smartphone yang diinginkan oleh perusahaan telekomunikasi yang ada di Amerika Serikat. Dengan menyesuaikan spesifikasinya dengan perusahaan telekomunikasi yang ada di sana diharapkan Xiaomi bisa memenuhi kebutuhan masyarakat AS. Jika nanti sudah tahu keinginannya seperti apa, kemungkinan untuk Xiaomi bawa flagship ke AS ini semakin besar.

Sedangkan Huawei sedang melakukan negosiasi carrier AS agar bisa menjual Smartphonenya yang flagship dengan seri Mate 10 Pro. Smartphone tersebut akan masuk ke pasar Smartphone Amerika Serikat melalui AT&T dan juga Verizon jika negosiasi dengan carrier AS tersebut berhasil. Apabila langkah Xiaomi bawa flagship ke AS juga mulus dan berhasil, maka perusahaan yang sudah ada di sana seperti Samsung, Apple akan mendapatkan pesaing baru yang mana kedua perusahaan tersebut menduduki posisi puncak di pasar Smartphone yang ada di AS.  Sudah beredar kabar bahwa perusahaan Smartphone asal Cina sudah semakin gencar untuk menyaingi vendor yang sudah ternama sehingga berusaha menantang vendor ternama tersebut di kandangnya sendiri seperti Apple. Huawei dan Xiaomi saat ini sedang mendiskusikan dengan operator nirkabel yang ada di Amerika Serikat untuk bisa menjual Smartphone segmen flagship mereka ke konsumen. Bahkan menurut rumor yang beredar, kedua perusahaan Cina tersebut akan bisa melenggangkan produk mereka pada tahun depan atau 2018 mendatang.

Strategi Pemasaran Xiaomi

Bisnis oleh perusahaan Cina selalu berkembang dengan pesat. Selain itu hampir segmen perdagangan di dunia dikuasai oleh perusahaan Cina ini karena memiliki trik ampuh dan strategi dalam hal perdagangan. Lalu seperti apa trik bisnis yang dijalankan oleh perusahaan Xiaomi ini?, mengapa harganya begitu kompetitif bahkan bisa dibilang murah namun memiliki spesifikasi yang tidak kalah dengan vendor kelas atas?. Banyak yang bertanya-tanya trik jitu perusahaan Xiaomi dalam menjalankan bisnisnya tersebut, sebab meski Indonesia menjadi salah satu target pasar yang penting bagi Xiaomi namun sampai saat ini tidak ada satu iklan pun yang menayangkan produk milik perusahaannya.

Untuk memasarkan produknya ini Xiaomi memang tidak mengandalkan iklan di media cetak maupun di media televisi. Xiaomi lebih mengandalkan menggunakan viralitas sosial media sehingga akan menghemat dalam biaya iklan. Hal tersebut dilakukan oleh Presiden Xiaomi, Lin Bin yang memposting foto yang mana dibubuhi dengan tulisan promosi produk Xiaomi tersebut. Yang menakjubkan bahwa postingan tersebut sudah di share sebanyak dua juta kali kemudian sudah dikomentari 900 ribu kali.  Akibat postingan tersebut produk Xiaomi ini mampu terjual 150 unit hanya dalam 10 menit saja.

Viralitas sosial media sangat diandalkan dalam marketing Xiaomi ini sampai saat. Terbukti hanya melalui media sosial, angka penjualan unit Smartphone Xiaomi ini meledak yang mana bisa habis terjual dalam hitungan menit atau detik saja. Sebagai contohnya di Singapura bisa menjual ludes Smartphone Xiaomi dalam waktu 8 menit saja. Kita tunggu saja apakah rencana Xiaomi bawa flagship ke AS bisa berjalan dengan lancar, jika iya maka dipastikan sayap bisnis Xiaomi akan semakin lebar dan mampu bergerak maju ke depan.