Xiaomi Redmi Note 5
Xiaomi Redmi Note 5

Xiaomi Redmi Note 5  yang diproyeksikan sebagai suksesor Redmi Note 4 sudah dirilis beberapa waktu lalu. Melalui generasi terbarunya ini sudah pasti Xiaomi menyertakan fitur-fitur baru yang lebih fresh dibanding pendahulunya. Selain layar yang lebih lebar konon keunggulan smartphone ini terletak di sektor kamera yang menggunakan lensa kamera ganda.

Sama seperti Redmi Note 4, RAM dan ROM Redmi Note 5 hanya tersedia dua pilihan yaitu RAM/ROM 3GB/32GB dan RAM/ROM 4GB/64GB. Lantas apa saja yang menarik dari sosok penerus Redmi Note 4 ini?

Desain

Xiaomi Redmi Note 5
Xiaomi Redmi Note 5

Tanpilan Xiaomi Redmi Note 5 terlihat lebih ramping dibanding Redmi Note 4. Layarnya lebih jernih dengan rasio 18:9 fullview yang minim bezel. Jadi meskipun ukurannya mencapai 5.99 inchi namun Smartphone ini tetap kompak dan nyaman di genggaman.

Menengok kebagian belakang tidak ada perubahan yang berarti. Dibawah kamera utama masih setia sensor fingerprint membulat serta logo Mi dibagian paling bawah. Bedanya, penempatan kamera sedikit menonjol dari permukaan. Di sisi kanan terdapat susunan tombol power dan volume, sementara sisi kiri terdapat tray sim card.  Sama seperti pendahulunya Redmi Note 5 ini juga menggunakan sistem hybrid dimana kita bisa memilih memasang 2 sim card sekaligus atau 1 sim card plus microSD.

Beralih ke bagian depan Xiaomi Redmi Note 5, di sisi layar bagian atas terdapat tiga lubang berukuran nyaris sama yaitu kamera depan, LED flash, dan sensor proximity. Smartphone ini tidak menggunakan tombol home fisik sehingga layar bagian bawah nampak polos. Pada sisi bawah juga tidak ada perubahan signifkan dimana disana terdapat port charge (Micro USB), lubang speaker, dan jack audio 3.5 mm. Redmi Note 5 memiliki bobot 181 gram dengan daya baterai 4000 mAh.

Performa

Kinerja Redmi Note 5 cukup maksimal karena menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm SND 636. Chipset ini jarang digunakan pada Smartphone yang dipasarkan di Indonesia, bahkan konon Redmi Note 5 yang pertama kali menggunakan chipset ini. Secara keseluruhan prosesor Snapdragon 636 menawarkan peningkatan performa lebih tinggi 50 persen dibanding SND 625.

Xiaomi Redmi Note 5 backcase
Xiaomi Redmi Note 5 backcase

Untuk mengoptimalkan kinerja prosesor, Redmi Note 5 ditopang RAM 3GB/4GB. RAM yang cukup mumpuni tentu menjanjikan performa terbaik saat bermain game atau multitasking. Xiaomi Redmi Note 5 dibalut antarmuka terbaru Xiaomi yaitu MiUI 9.5 berbasis Android Oreo 8.1. Hebatnya lagi, Smartphone ini sudah mendukung dual SIM dengan jaringan 4G standby. Tentunya sangat menarik untuk kategori ponsel entry-level.

Kamera

Bukan hanya unggul dari sisi performa namun Redmi Note 5 juga tangguh di sektor kamera. Smartphone  ini sudah mengusung kamera ganda untuk kamera utamanya yaitu 12 MP + 5 MP. Dengan kamera ganda ini tentu saja mudah bagi pengguna untuk mengambil foto mode portrait untuk efek gambar yang bokeh. Apalagi kamera utama Redmi Note 5 ini merupakan kamera buatan Samsung.

Teknologi kamera utama Smartphone ini memang tidak bisa dianggap main-main. Satu contoh, teknologi dual PDAF-nya menjamin proses autofocus lebih cepat. Selain itu kamera ganda ini juga cukup handal untuk pengambilan gambar dalam kondisi low light.

Pada kamera depan Redmi Note 5 dibekali sensor 13 MP. Meskipun hanya single lensa namun kita masih bisa mengambil foto mode portrait untuk hasil foto lebih bokeh. Ini tak lepas dari teknologi AI yang mendukung kinerja kamera depan maupun belakang.

Harga Xiaomi Redmi Note 5 untuk RAM 3 GB + ROM 32 GB Rp 2,3 jutaan. Sedangkan versi RAM 4 GB + ROM 64 GB dibanderol harga Rp 2,8 jutaan. Bagaimana, apakah Anda tertarik membelinya?