Menghapus Home Screen Xiaomi
Menghapus Home Screen Xiaomi

Cara mengatur home screen Xiaomi – Seperti yang kita tahu, tampilan home screen smartphone Xiaomi memang berbeda apabila dibandingkan smartphone lain pada umumnya. Perbedaan paling mendasar pada tampilan home screen Xiaomi adalah pada bagian pengaturan sumber daya pengguna. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya modifikasi oleh MIUI Xiaomi terhadap versi ROM android yang digunakan. Tak heran untuk pengguna baru Xiaomi, butuh waktu untuk memahami cara mengatur tampilan home screen. Lantas bagaimana melakukan pengaturan home screen Xiaomi?

Cara Menghapus Home Screen Xiaomi

Menghapus Home Screen Xiaomi
Menghapus Home Screen Xiaomi

Mari awali ulasan tentang cara mengatur home screen xiaomi dengan menghapus halaman kosong atau halaman yang di dalamnya tak terdapat short cut aplikasi. Langkah yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Aktifkan smartphone dan geser pada home screen yang ingin dihapus.
  2. Tap home scree kosong tersebut dengan dua jari selama beberapa detik. Biasanya Anda akan dialihkan pada pengaturan khusus pada smartphone Xiaomi. Pada halaman ini, Anda juga sekaligus dapat menambahkan dan menghapus home screen.
  3. Langkah selanjutnya adalah memilih tombol ‘x’ pada home screen untuk menghapusnya. Sedangkan untuk menambahkan home screen, silahkan klik tombol ‘+’.

Itulah langkah singkat dalam menghapus home screen smartphone Xiaomi. Sebagai informasi, untuk produk Xiaomi Redmi Note 4 dan Redmi Note 3 yang telah menggunakan MIUI 8, Anda bahkan dapat menghapus home screen yang terdapat short cut aplikasi di dalamnya. Cara khusus yang mungkin hanya dapat dilakukan pada Redmi Note 4 dan 3 dengan MIUI 8 adalah lakukan langkah 1 dan 2 kemudian terus geser ke kanan hingga menemukan tombol ‘x’.

Mengganti dan Mengatur Home Screen Default Xiaomi

Mengatur Home Screen Default Xiaomi
Mengatur Home Screen Default Xiaomi

Pada umumnya, default home screen yang digunakan pada Xiaomi adalah halaman paling kiri. Namun Anda dapat menyesuaikan default home screen sehingga tampilan utama ada pada halaman yang diinginkan. Bagaimana cara melakukannya?

Pertama, cubit layar dengan dua atau tiga dari selama beberapa detik. Setelah itu akan muncul semua halaman home screen pada Xiaomi. Kedua, cukup klik tombol bergambar rumah pada bagian bawah home screen. Dan default home screen yang Anda inginkan pun terpasang. Untuk keluar dari tampilan ini, tekan tombol ‘Home’ atau ‘Back’ pada body smartphone.

Menambahkan dan Menghapus Widget

Cara mengatur home screen xiaomi yang selanjutnya adalah pada langkah penambahan widget. Widget merupakan fitur dari android yang berguna menampilkan berbagai aplikasi menarik mulai dari cuaca, jam, kalender, catatan, dan lain sebagainya. Dengan adanya widget, maka tampilan home screen pun akan semakin menarik.

menambah menghapus widget xiaomi
menambah menghapus widget xiaomi

Tak ada cara atau petunjuk khusus untuk menampilkan dan menghapus widget. Cara ini tentu hanya didapatkan dengan melakukan eksperimen terhadap smartphone. Untuk Xiaomi, seperti cara sebelumnya, cubit layar hingga muncul tampilan home screen aktif dan pengaturan widget. Ada beberapa hal yang dapat diatur di menu ini.

  1. Transisi Layar

Pertama adalah transisi layar smartphone Xiaomi. Di sini Anda dapat mengatur transisi seperti apa yang akan muncul saat home screen digeser ke kanan atau ke kini. Cukup klik menu ‘Daftar Efek Transisi’ pada layar smartphone dan pilihlah efek transisi seperti apa yang Anda inginkan. Dengan begitu, maka tampilan home screen Xiaomi pun akan semakin menarik.

  1. Wallpaper

Kedua adalah mengatur wallpaper. Pada pilihan menu wallpaper, Anda dapat memilih akan menggunakan wallpaper default yang telah disediakan oleh Xiaomi atau ingin menggunakan wallpaper milik Anda sendiri. Apabila Anda ingin menggunakan gambar sendiri, cukup klik browse dan cari gambar yang akan dijadikan wallpaper.

  1. Aplikasi yang Ingin Ditampilkan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, menu widget memungkinkan pengguna memilih aplikasi bawaan smartphone yang ingin dimunculkan pada home screen. Pilihlah aplikasi seperlunya saja agar smartphone tidak terlalu terbebani. Semakin banyak widget yang ditampilkan pada home screen, maka RAM yang digunakan pun akan semakin besar.

Dengan menggunakan beberapa cara di atas, maka tampilan home screen Xiaomi yang Anda miliki akan semakin menarik. Demikian sedikit ulasan tentang cara mengatur home screen xiaomi agar lebih elegan.