MIUI 9 Global Beta
MIUI 9 Global Beta

Cara Update Xiaomi ke MIUI Global – Bagi pengguna baru ponsel Xiaomi, mungkin bertanya-tanya, apa itu MIUI? Dan mengapa smartphone asal Tiongkok ini selalu erat dengan istilah MIUI? Sebenarnya MIU merupakan sebuah perangkat lunak Xiaomi, di mana perangkat lunak ini seolah memiliki sistem operasi sendiri layaknya OS Android.

Fungsi dari MIUI sendiri adalah alat pelengkap UI (User Interface) pada sistem android yang terpasang pada Xiaomi. Dengan kata lain, apabila ada hal yang tak disajikan pada ROM Android bawaan, maka MIUI lah yang bertugas mengisi ROM smartphone Xiaomi tersebut.. Sebenarnya perangkat lunak atau software seperti MIUI juga diterapkan oleh smartphone lain. Misalnya ZenUI untuk smartphone Asus, TouchWis miliki Samsung, hingga iOS pada smartphone besutan Apple.

Untuk itulah, penting bagi pengguna Xiaomi untuk melakukan update MIUI agar performa serta tampilan smartphone tetap menawan. Lantas bagaimana cara update MIUI Global pada smartphone Xiaomi? Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Cara Update Xiaomi ke MIUI 9 Global Beta

MIUI 9 Global Beta
MIUI 9 Global Beta

Sebelum melangkah pada ulasan tentang cara update xiaomi ke MIUI Global, Anda harus tahu versi MIUI terbaru yang dapat diinstall pada smartphone. Beberapa waktu lalu vendor smartphone asal Tiongkok ini merilis versi MIUI 9 Global Beta. Meskipun status MIUI 9 masih beta, namun pada bagian Smart App Launcher, performa dalam menjalankan aplikasi akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan versi MIUI 8. Tak hanya itu, system optimizations yang digunakan pada MIUI 9 Global beta juga memberikan tampilan yang lebih menawan dan elegan pada smartphone.

Sebenarnya untuk beberapa tipe Xiaomi, developer telah memunculkan pemberitahuan untuk pengguna Xiaomi sehingga dapat diinstall secara otomatis. Adapun beberapa tipe Xiaomi yang kebagian versi MIUI 9 Global beta adalah Redmi Note 4X, Mi6, Mi Note 2, Mi 5 All Type, Mi Max All Type, Redmi 4, Redmi 2, Mi4, Mi4i, dan Redmi 4A.

Tipe ROM Xiaomi: Fastboot ROM dan Recovery ROM

Xiaomi Recovery ROM
Xiaomi Recovery ROM

Dalam semua smartphone Xiaomi, terdapat dua jenis ROM, yakni Fastboot ROM dan Recovery ROM. Secara garis besar, fungsi keduanya saja yakni melakukan update otomatis perangkat lunak ke versi terbaru. Namun untuk penggunaan, Fastboot ROM dan Recovery ROM memiliki fungsi berbeda.

Fastboot ROM merupakan metode update yang menggunakan bantuan laptop atau PC melalui MiFlash Tools. Selain untuk update software dan firmware, Fastboot ROM biasanya juga digunakan untuk mengatasi smartphone Xiaomi yang mengalami bootloop. Sedangkan Recovery ROM adalah metode update dengan cara flashing melalui Mi Recovery, TWRP Recovery atau System Update.

Cara Update Xiaomi ke ROM MIUI Global

Setelah mengetahui sedikit informasi tentang metode update Xiaomi, inilah cara update xiaomi ke MIUI global yang dapat dilakukan.

  1. Recovery Update dan System Update

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa MIUI 9 Global merupakan versi beta. Untuk itu, metode update MIUI 9 Global yang dapat digunakan adalah metode Recovery Update dan System Update yang hanya dapat dilakukan oleh ROM MIUI 8 versi Beta. Dalam arti bahwa hanya ROM versi beta hanya dapat diupdate melalui ROM versi beta pula.

Apabila ROM MIUI yang digunakan adalah ROM Stable, biasanya akan muncul pesan “can’t verify update”. Untuk itu, silahkan ubah ROM Stable menjadi Beta untuk dapat menikmati MIUI 9 Global Beta pada smartphone Anda.

  1. Fastboot Update

Metode yang selanjutnya adalah Fastboot Update. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa Fastboot ROM atau Fastboot Update dapat dilakukan dengan bantuan PC melalui MiFlash Tools. Syarat penting yang harus dipenuhi untuk metode Fastboot Update adalah ROM pada smartphone harus dalam keadaan unlock bootloader. Bahan yang dibutuhkan untuk melakukan metode Fastboot Update adalah MiFlash Tools, ROM Global 9 Beta, dan Xiaomi Android USB Driver.

  1. Fastboot Mode Emergency Download (EDL)

Nah, cara update xiaomi ke MIUI global yang satu ini dapat dilakukan apabila ternyata ROM anda masih dalam keadaan lock bootloader. Untuk metode Fastboot EDL, hanya dapat dilakukan oleh Xiaomi yang menggunakan CPU Snapdragon Qualcomm. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan untuk metode ini adalah MiFlash Tools, ROM Global 9 Beta, dan Driver Qualcomm HS-UBS Qloader.

Dengan mengikuti langkah tersebut, maka Anda dapat menikmati ROM MIUI 9 Global Beta. Itulah cara update xiaomi ke MIUI global yang dapat Anda coba lakukan.