Xiaomi 4X untuk Untuk Upgrade ke MIUI 9
Xiaomi 4X untuk Untuk Upgrade ke MIUI 9

Sejak resmi dirilis pada akhir bulan November 2017 lalu, banyak pengguna Xiaomi yang ingin mengetahui bagaimana cara upgrade MIUI 9 Redmi 4X. Hal ini karena untuk Xiaomi tipe Redmi Note 4X dan Redmi 4X, sudah tersedia MIUI 9 Global Stable yang dapat diunduh. Dengan begitu, maka performa sistem smartphone tersebut juga akan semakin stabil untuk digunakan menjalankan banyak aplikasi. Tak hanya itu saja, dengan upgrade MIUI, maka user interface smartphone juga akan semakin menarik.

Pertanyaannya, adalah bagaimana cara melakukan upgrade MIUI versi lawas untuk Xiaomi 4X agar dapat menggunakan MIUI 9 ROM Global Stable? Jawabannya ada pada ulasan berikut ini.

Kondisi Xiaomi 4X untuk Untuk Upgrade ke MIUI 9

Xiaomi 4X untuk Untuk Upgrade ke MIUI 9
Xiaomi 4X untuk Untuk Upgrade ke MIUI 9

Sebelum mengulas tentang cara seperti apa yang dapat Anda aplikasikan untuk upgrade Xiaomi Redmi 4X ke versi MIUI 9, Anda harus memahami kondisi dari smartphone tersebut. Setidaknya ada beberapa kondisi yang harus diperhatikan sebelum upgrade ke MIUI 9 ROM Global. Di antaranya adalah:

  • Apabila ROM MIUI yang digunakan pada Redmi 4X adalah ROM MIUI versi 6, 7, dan 8 baik itu ROM China atau Global, maka Anda dapat langsung melakukan upgrade MIUI dengan system update atau dengan OTA.
  • Apabila Xiaomi Redmi 4X terlanjur menggunakan ROM MIUI 9 Beta dan tidak memperoleh notifikasi upgrade, maka satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan flashing Xiaomi. Hal ini karena untuk MIUI versi developer tidak akan bekerja langsung pada MIUI Beta.
  • Bagi Anda yang Menggunakan custom ROM atau ROM abal-abal serta belum melakukan unlock bootloader, maka cobalah untuk upgrade MIUI 9 via aplikasi Updater yang sudah terpasang pada smartphone Xiaomi.

Apabila Anda sudah memahami beberapa kondisi di atas, maka saatnya mengulas tentang bagaimana cara upgrade MIUI 9 Redmi 4X pada smartphone.

Upgrade MIUI 9 untuk Redmi 4X ROM Global Stable Tanpa Menggunakan PC

Untuk cara upgrade MIUI 9 yang akan diulas pada kesempatan kali ini adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan tanpa harus menggunakan PC. Hal ini tentu akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan upgrade tanpa harus repot-repot menghubungkan Xiaomi Redmi 4X dengan PC. Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut:

Upgrade via OTA

Upgrade ke MIUI 9 via OTA
Upgrade ke MIUI 9 via OTA

Seperti yang telah dijelaskan di atas, cara yang satu ini dapat dilakukan oleh pengguna Redmi 4X yang masih mengaplikasikan ROM MIUI versi 6, 7, dan 8 Global ataupun China Stable.

Pertama, bukan aplikasi updater pada smartphone

Akan muncul notifikasi pembaruan versi MIUI. Klik Perbarui. Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu proses update hingga selesai. Perlu diperhatikan, selama proses update berjalan, pastikan Anda menggunakan koneksi yang stabil. Selain itu, pastikan bahwa baterai smartphone sedang dalam kondisi penuh sehingga tidak akan mati di tengah proses update.

Upgrade via System Update

Apabila pada langkah di atas tidak muncul notifikasi pembaruan versi MIUI, maka Anda harus melakukan update manual via system update. Untuk cara ini, Anda harus mengunduh ROM MIUI 9 terlebih dahulu. Setelah itu, rename file ROM MIUI 9 tersebut dengan menggunakan nama ‘downloaded_rom’ dan pindah ke memori internal.

About Phone update
About Phone update

Langkah berikutnya adalah menjalankan aplikasi Updater atau dengan masuk pada pengaturan > About Phone > System Updates.

Selanjutnya, klik 3 titik yang berada di bagian pojok kanan atas menu. Pilihlah ‘Choose Update Package’.

Masuklah ke folder ‘downloaded_rom’ dan pilih ROM yang sudah Anda unduh tadi. Selanjutnya, pilihlah ‘Mulai Ulang dan Perbarui’.

Xiaomi Redmi 4X akan melakukan proses update otomatis dan restart berkali-kali hingga proses update MIUI 9 selesai. Pada umumnya, apabila proses ini berhasil, maka ketika pertama kali smartphone dinyalakan, maka akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan biasanya. Ini adalah hal yang umum sehingga Anda tak perlu khawatir.

Upgrade via TWRP

Jika dua cara di atas tak juga berhasil, maka Anda layak menggunakan cara yang satu ini yakni memanfaatkan TWRP Recovery. TWRP Recovery sendiri merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mempermudah proses instalasi sistem operasi android. Cara update MIUI 9 untuk Xiaomi Redmi 4X dengan TWRP recovery dapat dikatakan lebih efektif apabila dibandingkan dengan 2 cara sebelumnya.

TWRP recovery
TWRP recovery

Jika semua metode dan cara di atas sudah Anda lakukan dengan benar, maka lihatlah hasil update MIUI pada Redmi 4X. Tampilannya adalah seperti gambar di bawah ini.

Setidaknya itulah beberapa cara upgrade MIUI 9 Redmi 4X yang dapat Anda lakukan, semoga bermanfaat.