3 Hal Yang Wajib Anda Waspadai Saat Membeli Smartphone Xiaomi

Beberapa tahun belakangan ini, smartphone keluaran Xiaomi tampaknya semakin menguasai pasar gadget dunia tak terkecuali di Indoensia. Produk smartphone Xiaomi memang sudah terkenal dengan spesifikasi hardware yang mumpuni namun dengan banderol harga yang terjangkau. Maka tak heran, seri-seri smartphone Xiaomi terbaru selalu menjadi hal yang ditunggu-tunggu para fans Xiaomi.

Jika Anda berencana membeli HP Xiaomi, sebelum memutuskan untuk membelinya, ada beberapa hal yang perlu Anda waspadai saat membeli smartphone Xiaomi agar Anda tidak kecewa dikemudian hari.

Berikut adalah 3 hal utama yang perlu Anda pastikan saat membeli smartphone Xiaomi.

  1. Jenis ROM

Tidak seperti smartphone dari brand-brand lain, Xiaomi di Indonesia umumnya beredar dalam beberapa versi ROM. Terdapat 3 macam versi ROM yang pertama adalah versi ROM stable yang merupakan ROM resmi , ROM Developer yang merupakan ROM resmi tetapi diperuntukkan untuk percobaan saja alias lebih kepada para delevoper dan yang terakhir adalah ROM distributor alias rom palsu.

Usahakan untuk membeli smartphone Xiaomi dengan ROM stable global karena dengan ROM ini sudah mendukung bahasa indonesia dan terpasang aplikasi-aplikasi Google yang diperlukan dan siap digunakan. Silahkan tanya kepada penjual tentang ROM yang digunakan pada HP yang akan anda beli.

  1. Jenis Garansi

Salah satu hal yang perlu Anda pastikan sebelum membeli HP adalah garansi. Pasalnya, terdapat dua jenis garansi yang beredar saat ini yakni garansi resmi dan garansi distributor. Garansi resmi ditujukkan kepada perusahaan yang ditunjuk langsung oleh Xiaomi dalam hal ini TAM sedangkan garansi distributor adalah garansi untuk HP yang diimport secara mandiri oleh perusaan lain.

Jadi sebisa mungkin untuk menggunakan garansi resmi, untuk mempermudah Anda dikemudian hari. Bila terpaksa membeli HP dengan garansi distributor, pilihlah vendor yang memiliki reputasi baik.

  1. Layanan 4G

Dengan berlakunya aturan TKDN yang ditetapkan pemerintah membuat pihak Xiaomi mengunci beberapa layanan 4G pada smartphone mereka agar bisa masuk ke pasar Indonesia. Untuk itu, sebelum membeli pastikan kembali apakah 4G pada HP yang ingin dibeli dalam keadaan terkunci atau tidak. Meskipun untuk membuka 4G sangatlah mudah, alangkah baiknya Anda membeli smartphone dengan 4g yang tidak terlock.

Nah, kalau ketiga hal diatas semuanya sudah beres dan tidak ada masalah, Anda bisa membeli smartphone kesayangan Anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.