Smartphone Xiaomi garansi resmi
Smartphone Xiaomi garansi resmi

Tips membedakan Xiaomi garansi resmi dan Xiaomi garansi distributor – Ketika membeli sebuah smartphone, salah satu hal yang menjadi pertimbangan adalah garansi yang diberikan oleh smartphone tersebut. Garansi pembelian smartphone diperuntukkan bagi konsumen yang ingin melakukan klaim terkait kerusakan atau hal lain yang tak diinginkan terkait produk smartphone.

Pada umumnya, setiap jenis smartphone termasuk Xiaomi memiliki 3 jenis garansi yakni garansi toko, garansi distributor, dan garansi resmi. Perbedaannya jenis garansi tersebut terletak pada mudah atau tidaknya seorang konsumen dalam mendapatkan layanan after sales saat produk mengalami kerusakan. Selain itu, garansi toko biasanya juga diberikan oleh toko yang menjual produk Xiaomi, meskipun produk tersebut memiliki garansi distributor ataupun garansi resmi.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini hal yang diulas khusus mengenai tips membedakan Xiaomi garansi resmi dan Xiaomi garansi distributor agar Anda dapat mempertimbangkan jenis garansi apa yang lebih baik dipilih. Adapun beberapa tips yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut.

Smartphone Xiaomi Garansi Resmi

Smartphone Xiaomi garansi resmi
Smartphone Xiaomi garansi resmi

Sebelum mengulas lebih jauh tentang perbedaan garansi distributor dan garansi resmi Xiaomi, akan lebih baik apabila Anda memahami seluk beluk dari dua jenis garansi tersebut. Smartphone Xiaomi garansi resmi merupakan produk Xiaomi yang dipasarkan di Indonesia oleh distributor terpercaya. Biasanya toko atau distributor yang memasarkan produk ini langsung ditunjuk oleh perusahaan Xiaomi di Indonesia. Jadi meskipun produk Xiaomi berasal dari Tiongkok, namun ketika produk tersebut dipasarkan oleh distributor Indonesia, maka dari segi hardware maupun software smartphone Xiaomi akan disesuaikan dengan pasar smartphone di Indonesia.

Adapun distributor yang secara langsung mengantongi izin dalam memberikan garansi resmi dari Xiaomi di Indonesia adalah Erajaya dan Trikomsel (TAM). Jadi bagi Anda yang ingin mendapatkan Xiaomi bergaransi resmi, pastikan produk tersebut memiliki garansi dari Erajaya atau TAM. Lantas keunggulan apa saja yang diberikan dari garansi resmi?

  • Pertama, kualitas produk yang sangat terjamin. Jadi meskipun harga Xiaomi garansi resmi lebih mahal dibandingkan Xiaomi garansi distributor, namun Anda tak perlu lagi khawatir mengenai kualitas dari produk tersebut.
  • Kedua, konsumen dapat melakukan klaim after sales lebih mudah. Ketika smartphone Xiaomi mengalami kerusakan, konsumen dapat dengan mudah melakukan klaim pada seluruh service center resmi Xiaomi yang tersebar di Indonesia. Anda tak perlu lagi datang ke distributor tempat pembelian smartphone tersebut.

Smartphone Xiaomi Garansi Distributor

Xiaomi Garansi Distributor
Xiaomi Garansi Distributor

Garansi distributor merupakan jenis garansi yang diperoleh oleh toko atau distributor dengan cara mengimpor produk Xiaomi dengan izin kementrian. Perbedaannya, distributor tersebut tidak ditunjuk langsung oleh perusahaan Xiaomi untuk memasarkan produk-produk mereka. Jadi bukan hal yang aneh apabila ada beberapa produk Xiaomi bergaransi distributor yang masih menggunakan ROM China. Hal ini karena belum ada penyesuaian terkait hardware dan software Xiaomi ketika dipasarkan di Indonesia.

Membedakan Antara Garansi Resmi dan Garansi Distributor Smartphone Xiaomi

Setelah mengetahui sedikit ulasan di atas, berikut adalah tips membedakan Xiaomi garansi resmi dan Xiaomi garansi distributor. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda simak ulasan berikut hingga akhir.

1. Perhatikan Layanan After Sales

service center Xiaomi
service center Xiaomi

Hal paling mencolok dari dua jenis garansi ini adalah layanan after sales atau purna jual. Untuk Xiaomi bergaransi resmi, konsumen dapat langsung mendatangi service center Xiaomi tanpa harus datang ke toko dimana Xiaomi tersebut dibeli. Sedangkan untuk garansi distributor, konsumen harus datang ke toko yang menjual produk Xiaomi tersebut. Setelah itu, produk Xiaomi akan dikirim pada distributor yang bersangkutan. Biasanya produk Xiaomi garansi distributor membutuhkan waktu yang cukup lama hingga klaim garansi dapat diperoleh konsumen.

Melihat dari kondisi di atas, sebaiknya ketika Anda ingin membeli produk Xiaomi, tanyakan terlebih dahulu apakah produk tersebut bergaransi resmi atau tidak. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam melakukan klaim layanan purna jual.

2. Perhatikan Software yang Ada pada Xiaomi

Tips selanjutnya yakni dengan memperhatikan software Xiaomi, apakah termasuk garansi distributor atau garansi resmi. Pada smartphon Xiaomi bergaransi distributor, umumnya masih menggunakan ROM China. Sedangkan Xiaomi garansi resmi telah mengalami proses penyesuaikan sehingga ROM yang digunakan adalah ROM Global.

ROM China vs ROM Global
ROM China vs ROM Global

Lantas bagaiaman membedakan antara ROM China dan ROM Global. Pada ROM China, bahasa yang digunakan masih bahasa Tiongkok dan bahasa Inggris. Sedangkan ROM Global telah support bahasa Indonesia. Selain itu, ROM China juga tak memiliki Google Play Store meskipun menggunakan Android Store versi Tiongkok.

3. Melihat Bentuk Fisik Box Smartphone

Tips membedakan Xiaomi Garansi Resmi dan Garansi Distributor adalah dengan melihat bentuk fisik box smartphone. Xiaomi bergaransi resmi menggunakan box dengan bahasa Indonesia, sedangkan Xiaomi garansi distributor tidak. Hal ini karena Xiaomi garansi distributor langsung diimpor dari Tiongkok kemudian didistribusikan di Indonesia.

xiaomi China
xiaomi China

Selain itu, tak semua model atau tipe Xiaomi bergaransi resmi masuk ke Indonesia. Sedangkan untuk Xiaomi garansi distributor, memiliki kemungkinan dijual dengan beragam model atau tipe. Dalam hal ini, lihatlah produk Xiaomi tipe apa saja yang resmi dipasarkan di Indonesia.

Demikian beberapa tips membedakan Xiaomi garansi resmi dan Xiaomi garansi distributor, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.