mengganti SIM Card Xiaomi
mengganti SIM Card Xiaomi

Cara mengatasi data seluler tidak muncul di Xiaomi sebenarnya mudah untuk dilakukan. Hanya saja sebagian besar pengguna smartphone asal Tiongkok yang satu ini kerap ragu dan takut apabila tindakan yang mereka lakukan akan membuat ponsel semakin rusak. Akhirnya langkah yang dapat diambil adalah membawanya ke tukang service. Padahal sebenarnya dengan mengikuti beberapa cara sederhana, Anda sendiri pun dapat mengatasi masalah data seluler yang tak muncul pada Xiaomi.

Data seluler sendiri merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh setiap smartphone. Dengan adanya data seluler, maka Anda dapat terhubung ke internet dan mengakses hal yang Anda inginkan. Untuk fungsinya utamanya sendiri, sebenarnya data seluler berfungsi dalam mengizinkan atau mengaktifkan kartu operator yang dipasang pada smartphone agar dapat terhubung ke internet.

Langkah untuk Mengaktifkan Data Seluler pada Smartphone Xiaomi

Dalam kondisi normal, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan dan mematikan data seluler pada Xiaomi. Caranya, cukup gunakan menu pengaturan dan pilihlah data seluler. Selanjutnya, tinggal aktifkan data seluler dan Anda pun dapat terhubung dan mengakses semua hal yang membutuhkan internet melalui smartphone.

data selular Xiaomi
data selular Xiaomi

Lantas bagaimana apabila ternyata smartphone Xiaomi yang Anda gunakan memiliki masalah data seluler? Untuk itulah, pada kesempatan kali ini akan diulas tentang bagaimana cara mengatasi data seluler tidak muncul di Xiaomi. Anda hanya perlu memperhatikan langkah-langkah berikut ini.

Data Seluler Anda Tidak Muncul di Smartphone Xiaomi?

Sebenarnya, penyebab umum mengapa data seluler di smartphone Xiaomi tidak muncul adalah karena perangkat lunak atau software pada smartphone mengalami kerusakan. Selain itu, dalam tingkat kerusakan parah, maka kemungkinan besar yang mengalami kerusakan adalah bagian hardware atau perangkat keras smartphone.

Sedangkan pada ulasan kali ini hanya akan berfokus dalam mengatasi rusaknya software yang menyebabkan data seluler tidak aktif. Hal ini karena untuk kerusakan hardware, satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan adalah mengganti perangkat kerasnya. Untuk cara-caranya adalah sebagai berikut:

Mematikan Sinyal Operator Kemudian Menghidupkannya Kembali

Mematikan Sinyal Operator Xiaomi
Mematikan Sinyal Operator Xiaomi

Cara yang pertama, matikan jaringan SIM card operator yang terpasang pada Xiaomi. Biasanya bar sinyal akan menghilang sebentar dan kemudian akan muncul lagi. Apabila sinyal sudah aktif, matikan smartphone. Selanjutnya, kembali nyalakan smartphone dan aktifkan sinyal.

Lihatlah apakah data seluler sudah dapat aktif atau tidak. Biasanya, setelah melakukan langkah ini, sinyal dan data seluler akan muncul dan dapat digunakan untuk terhubung ke internet. Apabila langkah ini tidak bekerja, Anda dapat mencoba cara yang lain.

Cabut SIM Card dan Baterai Smartphone

baterai Xiaomi
baterai Xiaomi

Cara yang kedua adalah dengan mencabut SIM card dan baterai smartphone. Namun bagaimana apabila Xiaomi yang Anda miliki menggunakan baterai tanam? Maka Anda hanya perlu mengeluarkan SIM cardnya saja. Selanjutnya, pasang kembali SIM card dan baterai kemudian hidupkan smartphone. Jika cara ini tidak bekerja, maka ada kemungkinan bahwa terdapat kerusakan yang cukup serius pada software Xiaomi Anda.

Mencoba Mengganti SIM Card

Cara yang ketiga yakni dengan mengganti SIM card yang sedang Anda gunakan dengan SIM card lain yang data selulernya aktif ketika digunakan pada smartphone lain. Apabila ketika Anda sudah mengganti SIM card tersebut dan ternyata data seluler dapat diaktifkan, maka dapat dipastikan yang bermasalah adalah SIM card tersebut.

mengganti SIM Card Xiaomi
mengganti SIM Card Xiaomi

Namun apabila ternyata SIM card baru yang Anda masukkan juga tak dapat diaktifkan data selulernya, maka kemungkinan besar software Xiaomi harus diupgrade karena bermasalah dalam mengaktifkan data seluler Xiaomi.

Lakukan Factory Reset

Jika tiga langkah di atas tak membuahkan hasil sama sekali, maka Anda harus melakukan factory reset atau reset ulang kembali pada sistem bawaan pabrik. Hal ini karena biasanya karena Anda sering melakukan oprek pada smartphone Xiaomi Anda dengan aplikasi pihak ketiga yang sebenarnya tak diizinkan untuk diinstall pada smartphone.

Factory Reset Xiaomi
Factory Reset Xiaomi

Tak hanya itu saja, apabila Anda pernah melakukan root pada ponsel, maka risiko ini juga harus Anda hadapi. Hal ini karena root menyebabkan rusaknya sistem bawaan smartphone. Dengan melakukan root smartphone, pengguna memang dapat lebih leluasa untuk mengatur smartphone namun juga berdampak pada rusaknya sistem smartphone, termasuk data seluler yang tak muncul ataupun fitur wifi yang menghilang.

Setidaknya itulah beberapa cara mengatasi data seluler tidak muncul di Xiaomi, semoga bermanfaat.