fingerprint xiaomi
fingerprint xiaomi

Mengetahui cara setup fingerprint xiaomi redmi 3 tentu dibutuhkan bagi mereka yang menggunakan smartphone canggih yang satu ini. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, fitur sidik jari atau fingerprint memang menjadi andalan dalam mengamankan data dalam smartphone. Hal ini karena kode sandi berupa angka atau pola dinilai terlalu menghabiskan waktu serta memiliki risiko smartphone terkunci apabila pengguna lupa sandi tersebut. Untuk itulah digunakan fitur finger print sebagai inovasi terbaru dalam mengamankan smartphone.

Lalu bagaimanakah cara mengaktifkan fitur finger print pada Xiaomi Redmi Note 3? Dalam ulasan berikut, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengaktifkan serta menonaktifkan sensor fingerprint. Dari pada penasaran, simak langkah berikut ini:

Menuju Pengaturan Keamanan

setting-fingerprint-xiaomi
setting-fingerprint-xiaomi

Cara setup fingerprint xiaomi redmi 3 yang pertama harus dilakukan adalah pergi ke pengaturan. Setelah itu, cari dan pilih menu ‘Lock Screen & Password’. Pada menu ini, cari menu ‘Password & Fingerprint’. Langkah selanjutnya adalah memilih menu ‘Add Security Password’ atau ‘Add Fingerprint’. Di sinilah Anda dapat mengatur sidik jari yang akan digunakan untuk mengamankan smartphone.

Siapkan Pola Sandi

Biasanya saat pengguna telah memilih menu ‘Add Fingerprint’, maka smartphone akan menampilkan 9 titik pola. Hal ini bertujuan agar nantinya apabila sensor fingerprint yang terdapat pada Xiaomi Redmi 3 macet, maka pengguna dapat menggunakan pola ini untuk membuka smartphone. Untuk itulah, masukkan pola yang mudah diingat. Setelah memasukkan pola, kemudian konfirmasi pola yang akan digunakan tersebut.

pola sandi xiaomi
pola sandi xiaomi

Langkah selanjutnya adalah dengan meletakkan jari pada bagian belakang body Redmi 3 tempat untuk sidik jari. Sensor ini biasanya terletak tepat di bawah kamera belakang.

Memilih Jari yang Akan Diambil Sidik Jarinya

Langkah yang ketiga adalah memilih jari mana yang akan digunakan sebagai sidik jari pengaman smartphone. Kebanyakan orang menggunakan telunjuk jari karena lebih mudah menjangkau bagian sensor sidik jari saat mengenggam smartphone. Namun untuk variasi, tak ada salahnya menggunakan jari lain seperti jari manis atau jari tengah.

fingerprint xiaomi
fingerprint xiaomi

Saat Anda pertama kali menempelkan jari pada sensor fingerprint, biasanya butuh waktu yang agak lama. Tunggu saja hingga muncul gambar sidik jari Anda pada layar Xiaomi Redmi 3. Setelah itu, akan muncul pemberitahuan bahwa sidik jari berhasil terbaca pada smartphone.

Mencoba Akses dengan Sidik Jari

Setelah semua cara setup fingerprint xiaomi redmi 3 di atas selesai dilakukan, maka saatnya mencoba mengakses smartphone dengan sidik jari tersebut. Cukup tekan tombol power pada smartphone. Setelah smartphone berada dalam keadaan terkunci, tempelkan sidik jari Anda pada bagian sensor fingerprint pada smartphone. Apabila smartphone terbuka, maka langkah tersebut berhasil.

Xiaomi-Note-fingerprint
Xiaomi-Note-fingerprint

Namun bagaimana apabila smartphone masih terkunci meskipun pengguna telah menempelkan sidik jari mereka? Jangan khawatir karena mungkin sensor tersebut mengalami kemacetan. Untuk itu, buka smartphone dengan pola yang telah disiapkan tadi. Setelah itu, ulangi langkah di atas dan coba hingga benar-benar berhasil.

Menonaktifkan Sensor Fingerprint Xiaomi Redmi 3

Anda telah mengetahui cara untuk mengaktifkan sensor sidik jari Xiaomi Redmi 3. Maka tak ada salahnya untuk mengetahui cara menonaktifkan fitur fingerprint. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila nantinya smartphone diservice atau sedang dipinjam oleh teman agar tidak terkunci. Caranya pun cukup mudah. Anda cukup pergi ke pengaturan smartphone. Setelah itu masuk ke menu ‘Lock Screen & Password’. Klik tab ‘Fingerprint’ dan pilih menu non-aktifkan fingerprint/password dan fitur sensor sidik jari pun berhasil dinonaktifkan.

inactived fingerprint
inactived fingerprint

Itulah beberapa langkah dalam mengatur fitur fingeprint pada Xiaomi Redmi 3. Hal penting yang harus Anda ketahui adalah menambahkan 2 pemindai sidik jari agar hasil sensor lebih optimal dan akurat. Hal ini karena tak sedikit yang hanya menambahkan 1 pemindai sidik jari yang mengalami lelet bahkan sidik jari tidak terbaca oleh smartphone. Selain itu, saat menggunakan sensor ini, pastikan tangan dalam keadaan bersih dan tidak basah. Hal ini karena jari yang basah atau berkeringat akan mempengaruhi respon sensor fingerprint. Demikian sedikit ulasan tentang cara setup fingerprint xiaomi redmi 3.