4 Masalah Umum Pada Smartphone Xiaomi dan Cara Mengatasinya

Dalam 2 tahun terakhir ini, Xiaomi berhasil mencatatkan namanya sebagai salah satu vendor smartphone terbesar di Dunia. Pencapaian ini tidak lain dikarenakan konsistensi Xiaomi dalam mempertahankan ciri khas mereka menghasilkan produk-produk premium dengan harga terjangkau.

Dikenal sebagai Apple dari china, Xiaomi menghadirkan berbagai produk-produk terbaik mereka dengan harga yang terjangkau.Namun dengan harganya yang murah, smartphone Xiaomi tidak luput dari berbagai masalah yang sering dialami beberapa penggunanya. Nah untuk itu, kami akan bahas 4 masalah apa saja yang sering terjadi pada smartphone Xiaomi dan bagaimana cara mengatasinya.

#1 Hilangnya Jaringan 4G

Sehubungan dengan adanya aturan TKDN di Indonesia, Xiaomi terpaksa harus menghilangkan fitur 4G yang ada pada smartphone mereka di Indonesia. Smartphone Xiaomi yang kehilangan fitur 4G di Indonesia adalah Redmi 3 dan Redmi Note 3 setelah melakukan update ke MIUI versi global.

Solusi untuk mengembalikan jaringan 4G di smartphone Anda yaitu dengan melakukan flash ulang ROM smartphone Anda ke ROM  versi China. Untuk panduan flash ulang, bisa Anda cari di forum-forum komunitas Xiaomi.

#2 Pemberitahuan Activation SIM Card

Ini merupakan salah satu masalah yang umum terjadi pada smartphone Xiaomi. Meskipun bukan masalah besar, namun tetap saja terkadang membuat jengkel para penggunanya dengan notifikasi “SIM Card is Not Activated” walaupun jelas-jelas SIM Card sudah aktif. Masalah ini terjadi sebenarnya karena nomor sim card yang Anda gunakan tersebut belum diaktivasi di MiTalk (Mi Account).

Untuk mengaktifkannya, masuk ke http://i.mi.com. Lalu masukkan nomor yang ingin Anda daftarkan di Mi Account, dan tunggu SMS verifikasinya.

#3 Baterai Boros Saat Terhubung Ke Wifi

Beberapa dari Anda mungkin pernah merasa bahwa baterai menjadi lebih boros ketika terhubung ke WiFi. Ada beberapa penyebabnya. Namun umumnya hal ini terjadi karena fitur auto-backup yang rutin melakukan backup ke Mi Account Anda.  Hal tersebut yang membuat boros baterai saat terhubung ke WiFi.

Solusinya sangat sederhana. Anda cukup keluar dari Mi Account Anda. Caranya masuk ke Mi Accout dan pilih Sign Out. Mi Account diperlukan bila Anda ingin mendownlaod theme dan menikmati fitur-fitur xiaomi lainya. Jika hal itu Anda rasa tidak terlalu penting, maka sign out dari Mi Account adalah pilihan terbaik.

#4 Google Now Tidak Jalan

Google Now adalah layanan asisten suara pada OS Android layaknya SIRI pada iPhone. Untuk mengakses Google Now dengan cepat, Anda bisa menyebutkan “OK Google” kemudian diikuti perintah yang ingin Anda berikan. Namun pada smartphone Xiaomi hal ini tidak bisa dilakukan.

Solusinya, masuk ke menu SecurityPermissions. Pada bagian Permissions tersebut, cari aplikasi Google Now, dan beri centang (ceklis) pada “Modify system settings”.

Nah, itu dia 4 masalah umum yang sering terjadi pada smartphone Xiaomi. Punya masalah xiaomi lainnya? silahkan tambahkan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.