Restart xiaomi
Restart xiaomi

Cara mengatasi touchscreen Xiaomi tidak fungsi sering dicari karena tidak sedikit pengguna smartphone yang mengalami masalah ini. Touchscreen merupakan salah satu komponen vital pada smartphone. Fungsinya adalah untuk mendeteksi keberadaan dan lokasi suatu sentuhan di dalam suatu area dengan membaca titik-titik koordinat dari sumber sentuhan yang menempel pada layar. Secara umum, Xiaomi menggunakan jenis layar IPS LCD (In Plane Switching) yang membuat akurasi dan kedalaman warna yang dihasilkan sangatlah baik serta sudut panjang yang terlihat lebih luas.

Teknologi layar sentuh sendiri mulai populer sejak Steve Jobs dengan ciamik memperkenalkan ponsel high-end berbasis iPhone pada tahun 2007. Empat tahun kemudian, Xiaomi meluncurkan smartphone pertamanya dengan mengadaptasi teknologi layar sentuh juga. Dengan banderol harga yang jauh lebih terjangkau, vendor smartphone yang berjargon “just for fans” ini mampu berdiri kokoh ditengah persaingan smartphone yang semakin kompetitif.

Sebenarnya, masalah touchscreen tidak fungsi bisa terjadi pada semua merk handphone. Oleh karena itu, ketika hp Xiaomi kalian mengalami hal ini, jangan panik! Karena pasti ada cara untuk mengatasinya. Salah satu cara yang akan kami bagikan dibawah ini mungkin bisa dicoba oleh kalian. Berikut 5 cara mengatasi touchscreen Xiaomi tidak fungsi:

  1. Restart

Restart xiaomi
Restart xiaomi

Saat kalian menggunakan banyak aplikasi dalam waktu yang sama atau mengoperasikannya terlalu lama tanpa jeda, itu bisa menyebabkan hp Xiaomi kalian hang atau bagian touchscreennya tiba-tiba tidak berfungsi. Perlu diketahui bahwa sebenarnya smartphone juga membutuhkan waktu untuk beristirahat dari berbagai operasi aplikasi. Jika sudah begini, hal yang perlu dilakukan adalah merestart hp Xiaomi kalian agar aplikasi yang sedang berjalan dapat terhenti untuk sementara waktu.

  1. Lakukan Kalibrasi

Touchscreen Callibration
Touchscreen Callibration

Kalibrasi merupakan cara mengatasi touchscreen Xiaomi tidak fungsi yang melibatkan aplikasi pihak ketiga. Cara ini relatif mudah dilakukan karena kalian hanya perlu mengunduh aplikasi sejenis Touchscreen Callibration di Play Store secara gratis. Setelah aplikasi pihak ketiga terpasang, bukalah dan lakukan test pad seperti ketukan tunggal, ketukan ganda, sentuhan lama, geser, dan lain sebagainya. Melalui pengujian tersebut, aplikasi pihak ketiga akan menampilkan keakuratan dari setiap jenis sentuhan. Setelah proses kalibrasi selesai, restart hp Xiaomi kalian untuk mengaplikasikan hasil kalibrasinya. Perlu diingat, proses kalibrasi touchscreen ini tidak bisa memperbaiki hardware pada touchscreen.

  1. Periksa Penggunaan RAM

uninstall aplikasi
uninstall aplikasi

Touchscreen tidak fungsi bisa juga disebabkan oleh penggunaan aplikasi yang melebihi kapasitas RAM hp Xiaomi kalian sehingga RAM mengalami overload dan tidak ada ruang penyimpanan untuk akses aplikasi yang sedang kalian jalankan. Hal tersebut dapat membuat layar sentuh hp Xiaomi kalian tidak responsif atau antarmuka yang digunakan mengalami lag. Oleh karena itu, periksalah penggunaan RAM dan hapus aplikasi yang dirasa tidak terlalu penting. Meskipun hp Xiaomi sudah dibekali RAM yang cukup besar, melakukan pengecekan kapasitas RAM sebelum dan sesudah mengakses aplikasi tidak ada salahnya. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya gangguan pada kinerja touchscreen hp Xiaomi kalian.

  1. Aktifkan GPU 2D Rendering

Force GPU Rendering
Force GPU Rendering

Salah satu penyebab tidak berfungsinya touchscreen adalah hp Xiaomi kalian bisa saja mempunyai masalah pada sektor trasisi yang buruk. Karena itu, cara mengatasi touchscreen Xiaomi tidak fungsi yang satu ini patut untuk dipraktekan. Caranya yakni dengan mengaktifkan fitur GPU 2D Rendering. Langkah-langkah yang harus kamu lakukan adalah membuka Setting kemudian masuk ke Developer Options lalu pilih Force GPU Rendering. Metode ini membantu meringankan elemen antarmuka sehingga touchscreen hp Xiaomi kalian bisa berjalan dengan normal.

  1. Jangan Sembarangan Menggunakan Charger

Cara mengatasi touchscreen Xiaomi tidak fungsi dapat dilakukan melalui tindakan preventif yaitu dengan tidak menggunakan charger sembarangan. Charger yang tidak sesuai dengan perangkat pengisian baterai membuat hp Xiaomi kalian tidak bekerja secara maksimal. Salah satu akibatnya adalah gangguan pada layar hp kalian.

Selain 5 cara mengatasi touchscreen yang tidak fungsi diatas, kalian juga bisa meminimalisir kemungkin rusaknya touchscreen dengan memasang tempered glass pada layar dan menggunakan hp Xiaomi kalian dengan hati-hati. Karena bisa saja penyebabnya datang dari luar sistem.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.