SIM Card Activation xiaomi
SIM Card Activation xiaomi

Masalah yang sering muncul pada Smartphone Xiaomi dan Cara Mengatasinya – Dalam 4 tahun terakhir, vendor smartphone asal Tiongkok, Xiaomi, menjadi salah satu vendor raksasa yang kiprahnya di dunia smartphone layak diperhatikan. Hal ini karena setiap tahun, peminat smartphone Xiaomi selalu mengalami peningkatan. Alasan utama yang menjadikan Xiaomi sebagai vendor raksasa adalah harga terjangkau untuk sebuah smartphone berkualitas. Dengan membidik pasar menengah ke bawah, tak heran apabila terdapat banyak peminat smartphone Xiaomi.

Meski demikian, dibalik popularitas Xiaomi, ternyata tak sedikit pula masalah yang dihadapi oleh Mi Fans, sebutan untuk pengguna Xiaomi, terkait dengan smartphone yang mereka gunakan. Masalah seperti apa? Dan bagaimana cara mengatasinya? Untuk itu, sebaiknya Anda simak ulasan berikut ini.

Masalah pada Smartphone Xiaomi dan Langkah Mengatasinya

Setidaknya terdapat beberapa masalah yang sering dikeluhkan oleh Mi Fans saat menggunakan smartphone Xiaomi. Di antaranya adalah:

Sinyal Jaringan 4G yang Sering Hilang

Sinyal Jaringan 4G yang Sering Hilang
Sinyal Jaringan 4G yang Sering Hilang

Jaringan 4G merupakan salah satu jaringan yang menjamin kecepatan internet tinggi serta stabil bagi setiap pengguna smartphone. Tak ingin ketinggalan dengan kompetitor, beberapa produk Xiaomi pun menyematkan dukungan jaringan 4G bagi pengguna yang suka berselancar di dunia internet. Masalahnya, terkadang jaringan 4G pada smartphone Xiaomi sering menghilang dengan sendirinya. Bagaimana mengatasi hal ini?

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan, yakni update MIUI atau melakukan flashing smartphone. Untuk cara pertama, Anda hanya perlu memperbarui versi MIUI yang digunakan pada smartphone. Dengan menggunakan MIUI versi terbaru dari Xiaomi, maka jaringan 4G pun akan tetap stabil. Apabila cara pertama tetap tak berhasil, maka terpaksa Anda harus melakukan flashing smartphone dan mengganti ROM Global menjadi ROM China.

Muncul Notifikasi SIM Card Activation

Masalah yang sering muncul pada smartphone Xiaomi dan cara mengatasinya yang kedua yakni seringnya muncul notifikasi SIM card Activation. Masalah yang satu ini akan sering Anda temui ketika baru menghidupkan Xiaomi yang sebelumnya berada dalam posisi mati.

SIM Card Activation xiaomi
SIM Card Activation xiaomi

Pada saat Xiaomi hidup, maka akan ada notifikasi atau pemberitahuan bahwa SIM card tidak aktif. Meskipun terlihat sepele, namun masalah ini akan sangat mengganggu pengguna. Kartu SIM yang tidak terdeteksi pada smartphone biasanya disebabkan karena nomor pada kartu tersebut belum didaftarkan pada akun MI. Oleh karena itu, cara mengatasi masalah ini adalah cukup dengan meregistrasikan nomor kartu SIM pada situs i.mi.com.

Ketika Terkoneksi ke Jaringan Wifi, Baterai Cepat Habis

baterai cepat habis
baterai cepat habis

Umumnya, baterai smartphone android akan lebih awet apabila terkoneksi pada jaringan Wifi dibandingkan dengan menggunakan paket data. Lantas bagaimana jika baterai smartphone Xiaomi ternyata lebih cepat habis atau boros ketika menggunakan koneksi Wifi? Penyebab utama masalah ini sebenarnya adalah karena Mi Cloud sedang dalam posisi aktif dan melakukan pencadangan data. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini, Anda hanya perlu log out terlebih dahulu dari akun Mi Cloud sehingga proses pencadangan data terhenti.

Kontak WhatsApp Tidak Muncul

Kontak WhatsApp Tidak Muncul
Kontak WhatsApp Tidak Muncul

Ketika kontak di aplikasi Whatsapp Anda tidak muncul saat menggunakan smartphone Xiaomi, Anda tak perlu khawatir terlebih dahulu. Hal ini karena terdapat cara yang cukup sederhana dalam mengatasi masalah tersebut. Caranya, masuklah pada menu setting atau pengaturan, setelah itu pilih security dan klik ‘Permissions. Langkah selanjutnya, carilah aplikasi WhatsApp dan centang atau aktifkan bagian ‘read contact’.

Tidak Muncul Recovery Setting

Adanya fitur recovery setting pada smartphone android dianggap sangat penting. Mengapa? Ini karena recovery setting dapat dimanfaatkan untuk melakukan back up data hingga melakukan update sistem secara otomatis. Tanpa adanya fitur ini, sangat sulit kiranya bagi pengguna smartphone Xiaomi untuk mengoptimalkan smartphone mereka. Penyebab utama tidak tersedianya fitur recovery setting adalah karena smartphone Bootloader Xiaomi telah ter-lock.

 Bootloader Xiaomi.
Bootloader Xiaomi.

Untuk mengatasi masalah di atas, langkah sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan unlock pada Bootloader Xiaomi. Cara unlock Bootloader, Anda hanya perlu melakukan permintaan untuk unlock melalui situs resmi Xiaomi, yakni en.miui.com/unlock, lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Itulah beberapa masalah yang sering muncul pada smartphone Xiaomi dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat.