Penjual xiaomi
Penjual xiaomi

Tips Membeli Hp Xiaomi Bekas – Meskipun sudah dibanderol dengan harga terjangkau, peminat hp Xiaomi bekas masih terhitung banyak. Alasanya beragam. Mayoritas dikarenakan oleh faktor ketersediaan dana. Mereka yang memiliki budget tipis namun ingin mendapatkan smartphone unggulan biasanya akan lebih memilih membeli hp bekas dibandingkan yang baru. Tetapi, ada juga yang menjadikannya sebagai ladang bisnis. Mereka sengaja membeli hp Xiaomi second yang masih berkualitas dan layak pakai untuk dijual kembali dengan harga yang sedikit lebih mahal untuk meraup keuntungan. Selain itu, ada juga yang beralasan agar mendapatkan  bonus aksesoris hp dan bisa menjualnya lagi kalau sudah bosan.

Membeli Hp  Xiaomi bekas sebenarnya menguntungkan meskipun ada juga resiko yang merugikan. Kalian bisa saja mendapatkan ponsel yang bermasalah sehingga merugikan diri kalian sendiri. Oleh karena itu, ada baiknya jika kalian memperhatikan beberapa hal untuk  menghindari sesuatu  yang tidak diinginkan. Jangan bingung, karena kami  akan memberikan  tips-tips berguna untuk kalian dibawah ini:

  1. Bertemu Langsung dengan Penjual

Seiring kemajuan teknologi dan sosial media, banyak sekali market place online yang menyediakan platform jual-beli barang bekas. Salah satu  barang yang ramai ditawarkan adalah handphone. Karena sistem transaksinya online, barang pesanan akan dikirim oleh agen pengiriman setelah uang ditransfer.  Karena itu, penipuan oleh oknum penjual kerap terjadi.

Penjual xiaomi
Bertemu dengan Penjual xiaomi

Entah barang yang dikirim adalah  barang rusak atau malah tidak dikirim sama  sekali. Untuk mencegah  penipuan, sebaiknya transaksi dilakukan melalui  tatap muka agar kalian bisa mengecek sendiri kondisi  Hp yang akan dibeli.  Dengan bertemu langsung, kalian juga bisa mengenali wajah  si penjual jadi tidak bingung jikalau nanti ada permasalahan.

Sebagai tambahan, beberapa market place online sudah menerapkan opsi transaksi langsung. Ada juga market place yang  memberi garansi untuk setiap ponsel bekas yang mereka tawarkan.

  1. Cari Info Spesifikasi Hp Yang Akan Dibeli

Tips membeli Hp Xiaomi bekas yang kedua adalah kalian sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu tentang spesifikasinya. Jika kalian sudah paham dengan spesifikasinya,  kalian akan tahu mana yang asli dan mana yang palsu. Kalian juga akan mengerti perbedaan Hp Xiaomi garansi distributor dengan garansi resmi. Jadi, kemungkinan kalian salah beli akan kecil.

Xiaomi
Xiaomi

Hp Xiaomi bergaransi distributor sebenarnya produk original  Xiaomi yang masuk ke Indonesia dengan status importir umum, atas izin resmi dari kementrian terkait.
Tetapi, produk tersebut merupakan buatan pabrik yang dipasarkan di China. Sehingga, tidak ada penyesuaian fitur ketika masuk ke Indonesia. Contohnya, beberapa distributor masih menggunakan ROM China Official sehingga tidak ada pilihan bahasa Indonesia. Ada juga distributor yang memodifikasi ROM produk Xiaomi sehingga performa ponsel kurang baik. Namun, tidak semua Hp Xiaomi bergaransi distributor itu jelek karena masih ada distributor yang baik.

  1. Periksa Software Perangkat
Periksa Softwarenya
Periksa Softwarenya

Memeriksa software perangkat penting dilakukan untuk mengetahui sistem operasinya.. Seperti  yang telah disampaikan diatas, saat ini banyak beredar Hp Xiaomi dengan garansi distributor. Oleh karena itu,  setelah kalian memahami  spesifikasinya,  kalian cocokan. Apakah sesuai dengan spesifikasi resmi atau tidak. Cara memeriksanya cukup mudah,  kalian hanya perlu masuk ke Menu setelan kemudian pilih tentang perangkat.

  1. Lakukan Pengecekan Fisik Hp
 Hp Xiaomi
Hp Xiaomi

Tips membeli Hp Xiaomi bekas selanjutnya adalah melakukan pengecekan fisik. Hal ini sangat penting untuk dilakukan untuk menghindari adanya masalah pada ponsel. Komponen yang harus kalian periksa adalah Touchscreen, Speaker, baterai dan Charger, jaringan, dan bodi Hp. Jika ditemukan masalah, sebaiknya jangan kalian beli.

  1. Pastikan Mi Account Sudah di Log Out

Kasus yang sering terjadi saat membeli Hp Xiaomi bekas adalah Mi Account pemilik sebelumnya belum dikeluarkan. Ini akan menjadi masalah karena ketika update ke versi MIUI baru, kalian akan diminta password. Jika kalian tidak mengetahui dan si pemilik awal tidak memberi tahu passwordnya, kalian tidak akan bisa untuk membuka kuncinya. Selain itu, data kalian juga bisa diretas oleh pemilik sebelumnya.

Itulah 5 tips membeli Hp Xiaomi bekas yang bisa kalian ikuti. Semoga bisa membantu kalian yang akan membeli Hp Xiaomi bekas atau Hp merk lainnya. Selalu teliti dan jangan gegabah dalam membeli ponsel bekas!