Xiaomi Mi4i
Xiaomi Mi4i

Ada banyak cara memaksimalkan Xiaomi Mi4i terutama saat digunakan untuk menjalankan aplikasi atau game berat. Hal ini karena tak sedikit pengguna smartphone yang memilih Xiaomi Mi4i untuk bermain game. Pasalnya smartphone yang satu ini memiliki spesifikasi yang cukup gahar karena mengusung RAM 2 GB dengan CPU Octa Core. Meski demikian, untuk beberapa game berat lainnya, sepertinya performa smartphone ini dirasa kurang maksimal. Untuk itulah, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar performa Mi4i semakin gahar.

Memilih Mode Performa pada Smartphone

Xiaomi Mi4i
Xiaomi Mi4i

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah memilih ‘Mode Performa’ pada Xiaomi Mi4i. Sebagai informasi, MIUI yang digunakan oleh smartphone ini adalah MIUI 7 sehingga pengguna juga dapat memilih dua mode pada smartphone. Pertama adalah ‘Mode Seimbang’ untuk penggunaan normal. Dan yang kedua adalah ‘Mode Performa’ yang khusus bagi pengguna yang ingin memaksimalkan performa smartphone saat menjalankan aplikasi atau game berat.

Tutup Aplikasi Aktif di Latar Belakang

Aplikasi Aktif di Latar Belakang
Aplikasi Aktif di Latar Belakang

Sebagian besar pengguna smartphone tak sadar bahwa aplikasi aktif yang masih berjalan di latar belakang juga memakan RAM. Untuk itu, pastikan menutup semua aplikasi aktif yang sudah tak digunakan. Bagaimana caranya? Cukup tekan tombol pada bagian paling kiri pada Xiaomi Mi4i. Setelah itu akan muncul aplikasi apa saja yang masih berjalan di latar belakang. Selanjutnya tekan tanda ‘x’ atau geser aplikasi yang dirasa tidak perlu ke atas.

Hapus Cache untuk Memaksimalkan Xiaomi Mi4i

Cara memaksimalkan xiaomi mi4i yang ketiga adalah dengan menghapus cache. Cache merupakan sampah atau data yang masih tersimpan setelah melakukan mengaktifkan aplikasi. Setiap aplikasi tentu meninggalkan berkas sampah berupa cache. Apabila cache dibiarkan menumpuk, bukan hal yang tak mungkin apabila performa smartphone akan semakin berkurang.

Hapus Cache  xiaomi
Hapus Cache xiaomi

Untuk menghapus cache, Anda dapat menggunakan aplikasi bawaan Xiaomi Mi4i. Cukup tekan hapus cache dan semua sampah dari aplikasi dapat dihapus sekaligus.

Update MIUI Versi Terbaru

Update MIUI 9
Update MIUI 9

Cara lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan performa Xiaomi Mi4i adalah dengan update MIUI. Seperti yang kita tahu bahwa MIUI paling update saat ini adalah MIUI 9 Global beta. Untuk versi terbau ini, Anda dapat menginstallnya secara otomatis melalui Xiaomi Mi4i. Meskipun pada MIUI 7 yang digunakan pada Mi4i sudah cukup apik dalam menjalankan aplikasi, namun tak ada salahnya update MIUI versi terbaru untuk mendapatkan fitur yang lebih baik.

Mengatur RAM Xiaomi Mi4i

Salah satu faktor yang membuat performa smartphone menjadi lemot adalah RAM yang terlalu banyak digunakan bersamaan. Ini akan dirasakan oleh mereka yang suka melakukan multitasking. Adapun cara memaksimalkan xiamoi Mi4i yang berikutnya adalah melakukan pengaturan pada RAM. Bagaimana carannya?

  1. Buka setting
  2. Buka menu ‘About Phone’ yang berada di bagian paling bawah
  3. Setelah itu, klik beberapa kali (biasanya 5 hingga 7 kali) hingga muncul pemberitahuan ‘Developer Mode Unlocked’.
  4. Keluar dari menu tersebut dan kembalilah pada setting
  5. Saat ‘Developer Mode Unlocked’ diaktifkan, biasanya akan muncul menu ‘Developer Option’. Pilih menu tersebut kemudian cari dan pilih menu ‘System Memory Optimalization’.
  6. Langkah terakhir adalah ubah pengaturan di dalamnya menjadi ‘High’ kemudian restart Xiaomi Mi4i.

Cara ini terbukti sangat ampuh dalam mengoptimalkan performa smartphone karena sistem telah diatur untuk menjalankan aplikasi berat. Dengan begitu, aktifitas multitasking ataupun bermain game HD akan terasa lebih lancar.

Root Smartphone

Cara memaksimalkan xiaomi Mi4i yang lain adalah dengan melakukan root. Ini adalah cara terakhir yang dapat dilakukan apabila 5 cara sebelumnya tak memberikan perubahan apapun. Kelebihan dari root smartphone adalah performa dalam menjalankan aplikasi berat dijamin akan lancar. Hal ini karena pengguna dapat melakukan customisasi terhadap aplikasi apa RAM smartphone harus difokuskan. Selain itu, dengan melakukan root, maka aplikasi bawaan Xiaomi yang tak dapat dihapus dapat dihilangkan dengan mudah.

Root Smartphone
Root Smartphone

Meski demikian, Anda juga harus mempertimbangkan risiko dari root Xiaomi. Pertama, garansi resmi smartphone tidak akan berlaku karena pengguna telah melakukan perubahan besar-besaran pada software. Kedua, smartphone hasil root lebih rentan terserang virus. Ketiga, risiko yang paling menakutkan adalah smartphone dapat mengalami bootloop atau mati total.

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan agar Xiaomi Mi4i mampu menjalankan game dan aplikasi berat. Cara-cara tersebut terbukti sangat ampuh mengatasi lemot pada Xiaomi Mi4i. Demikian sedikit ulasan tentang cara memaksimalkan xiaomi mi4i agar performanya semakin gahar.