Kemasan Smartphone Xiaomi
Kemasan Smartphone Xiaomi

Apabila Anda sudah sering membeli produk-produk dari Xiaomi, mungkin sudah menguasai cara membedakan HP Xiaomi asli atau palsu. Namun bagi mereka yang masih awam dan ingin mencoba performa smartphone asal Tiongkok ini, pasti membutuhkan cara-cara yang akan diulas pada kesempatan kali ini.

Sebenarnya membedakan smartphone asli dan palsu itu tergolong mudah. Poin pentingnya terdapat pada kejelian serta pemahaman mengenai spesifikasi serta software pada smartphone tersebut. Namun apabila Anda masih benar-benar awam, tak perlu khawatir. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membedakan antara HP Xiaomi asli dan palsu.

Lihat Kemasan Smartphone Xiaomi

 Kemasan Smartphone Xiaomi
Kemasan Smartphone Xiaomi

Cara yang pertama yakni dengan melihat kemasan atau box smartphone Xiaomi. Pada umumnya, box Xiaomi asli memiliki 20 digit nomor sebagai kode autentifikasi. 20 digit nomor tersebut akan terlihat jelas apabila Anda menggosok bagian hologram dengan menggunakan kuku ataupun uang logam. Ini adalah cara termudah untuk mengetahui keaslian produk Xiaomi yang Anda gunakan.

Tampilan Layar Xiaomi

Layar Xiaomi asli vs palsu
Layar Xiaomi asli vs palsu

Cara yang selanjutnya yakni dengan melihat tampilan layar produk Xiaomi. Seperti halnya produk smartphone palsu lainnya, tampilan layar yang diusung memiliki rasio pixel yang sangat kecil. Hal ini karena produk smartphone palsu ingin mendapatkan keuntungan besar dengan cara meminimalisir spesifikasi dari produk yang ditiru, dalam hal ini Xiaomi. Selain pada bagian pixel, warna yang ditampilkan pada layar smartphone juga cenderung kekuning-kuningan dan kurang cerah.

Melihat Desain Body

Secara kasat mata, memang sangat sulit untuk membedakan antara Xiaomi asli dan palsu dari desain body yang diusung. Namun apabila Anda benar-benar jeli, maka perbedaan tersebut dapat terlihat dengan jelas terutama pada bagian logo MI yang ada di backdoor smartphone, kamera belakang, dan flash light.

Logo Mi
Logo Mi

Untuk produk Xiaomi asli, flash light memiliki cahaya yang sangat berkualitas karena di dalamnya terdapat dua lampu berwarna kuning dan orange. Hal inilah yang membuat hasil tangkapan gambar dengan Xiaomi terlihat jernih. Sedangkan flash light pada Xiaomi palsu hanya terdiri dari 1 warna saja, yakni putih sehingga gambarnya juga jelek. Ditambah kualitas pixel kamera Xiaomi palsu juga diturunkan jadi terlihat pecah dan blur apabila digunakan untuk mengambil foto dan video.

Jumlah RAM

Jumlah RAM
Jumlah RAM

Cara membedakan HP Xiaomi asli atau palsu yang keempat yakni dengan memperhatikan jumlah RAM (Random Access Memory). Sekedar informasi, RAM merupakan memori penyimpanan sementara yang juga berfungsi untuk menampilkan performa baik pada smartphone. Oleh karena itu, performa sebuah smartphone juga sangat ditenukan oleh RAM yang diusung pada produk tersebut.

Dalam hal ini, Anda dapat langsung mengecek jumlah RAM pada produk Xiaomi. Apabila besarnya RAM tersebut memang dikeluarkan oleh tipe tertentu Xiaomi, kemungkinan besar produk tersebut adalah Xiaomi asli. Sedangkan apabila terjadi degradasi atau pengurangan RAM dan tak ada tipe Xiaomi yang menggunakan jumlah RAM tersebut, sudah pasti bahwa itu adalah produk Xiaomi palsu.

Melakukan Verifikasi dengan Aplikasi

Setelah melakukan pengecekan fisik dan software, Anda juga dapat mencoba melakukan verifikasi terkait keaslian Xiaomi menggunakan aplikasi. Dengan maraknya kasus duplikasi produk, perusahaan Xiaomi sendiri mengeluarkan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk membedakan Xiaomi asli dan palsu. Nama aplikasi tersebut adalah ‘Antifake’. Bagi Anda yang tertarik menggunakan cara ini, langsung saja download aplikasi tersebut dari situs resmi Xiaomi.

Antifake app
Antifake app

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Setelah melakukan instalasi aplikasi Antifake, langsung tap tombol Check Now atau Identifi Now. Hasil pengecekan tersebut lah yang akan menentukan apakah smartphone Xiaomi yang Anda gunakan asli atau tidak.

Melakukan Pengecekan Nomor IMEI

International Mobile Station Equiment Indentify atau yang disingkat IMEI merupakan kode 15 digit angka yang terdapat pada semua jenis smartphone, termasuk Xiaomi. Anda dapat melihat nomor IMEI smartphone di bagian box kemasan. Setelah menemukannya, cobalah menekan kode *#06# dan lakukan panggilan. Apabila nomor IMEI yang muncul dengan nomor IMEI di box sama, dapat dipastikan bahwa smartphone tersebut asli.

Nomor IMEI xiaomi
Nomor IMEI xiaomi

Selain itu, Anda juga dapat pergi ke situs resmi Xiaomi di www.mi.com/verify dan memasukkan nomor IMEI. Selanjutnya klik ‘verify’ dan tunggu hingga proses pengecekan selesai. Dari proses ini, smartphon Xiaomi asli akan dikenali oleh sistem sedangkan Xiaomi palsu tidak akan dikenali.

Itulah beberapa cara membedakan HP Xiaomi asli atau palsu yang dapat Anda coba lakukan, semoga bermanfat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.