sinyal Xiaomi lemah
sinyal Xiaomi lemah

Ada banyak penyebab hp xiaomi cepat panas dan cara mengatasinya yang harus diketahui oleh pengguna Xiaomi. Hal ini karena smartphone yang cepat panas akan memengaruhi performanya dalam menjalankan aplikasi. Tak hanya itu, panasnya mesin smartphone juga akan memberikan pengaruh besar terhadap borosnya baterai. Untuk itulah, sebagai pengguna Xiaomi, Anda harus mengetahui penyebab panas smartphone Xiaomi dan cara untuk mengatasinya.

Sinyal Lemah

sinyal Xiaomi lemah
sinyal Xiaomi lemah

Penyebab pertama adalah kondisi sinyal dalam keadaan lemah. Ini adalah penyebab yang jarang diketahui oleh pengguna smartphone. Hal ini karena saat sinyal lemah, maka smartphone secara otomatis akan mencari sinyal yang lebih baik sehingga membuat sistem penangkap sinyal smartphone bekerja lebih keras. Untuk masalah ini, cara mengatasinya cukup mudah.

Pertama nonaktifkan provider sementara waktu hingga Anda berada di tempat yang mudah dijangkau oleh sinyal provider Anda. Kedua, apabila di daerah tempat tinggal Anda provider tertentu susah sinyal, maka gantilah dengan provider lain.

Penggunaan Ponsel yang Terlalu Berlebihan

main game di Xiaomi
main game di Xiaomi

Dengan performa mesin yang terkenal sangat handal, tak heran pengguna Xiaomi kerap menggunakan smartphone mereka untuk aktifitas game atau menjalankan aplikasi berat lainnya. Padahal penggunaan yang berlebihan pada smartphone akan menyebabkan smartphone cepat panas. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Saat menggunakan Xiaomi untuk game berat, pastikan memberikan jeda waktu beberapa saat hingga panas pada smartphone hilang. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pendingin smartphone secara manual seperti menggunakan kipas angin saat smartphone digunakan. Cara ini terbukti ampuh mengurangi panas pada smartphone.

Jangan Gunakan Smartphone Sambil Dicharge

ngecharge harus mati
ngecharge harus mati

Ini adalah kebiasaan buruk yang tentu pernah dilakukan oleh semua pengguna smartphone. Menggunakan smartphone dengan kondisi dicharge tentu bukan hal yang baik. Pasalnya saat smartphone mengisi daya, maka suhu akan meningkat. Hal ini terjadi pada smartphone yang menggunakan jenis baterai Li-Ion atau Lithium-Ion atau Lithium Polymer. Adapun suhu yang biasanya dihasilkan saat melakukan penyimpanan daya adalah sebesar 0 hingga 60 derajat celcius.

Untuk itu, jangan terlalu sering menggunakan smartphone yang sedang dicharge agar kondisi mesin dan baterai smartphone tetap awet. Adapun kondisi yang paling aman agar smartphone Xiaomi tak terlalu cepat panas adalah mematikan power saat diisi daya. Inilah salah satu penyebab hp xiaomi cepat panas dan cara mengatasinya.

Tingkat Kecerahan Terlalu Tinggi

Banyak pengguna Xiaomi yang tak sadar bahwa tingkat kecerahan smartphone yang digunakan juga dapat memengaruhi panas atau tidaknya smartphone. Mengapa? Hal ini karena semakin tinggi tingkat kecerahan, maka sistem smartphone akan semakin terbebani. Hal inilah yang menjadikan smarphone Xiaomi cepat panas. Selain itu, tingkat kecerahan yang terlalu tinggi juga dapat membuat daya baterai cepat habis.

Xiaomi brightness
Xiaomi brightness

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Saat ini semua smartphone, termasuk Xiaomi, telah memiliki fitur auto brightness di mana smartphone dapat menyesuaikan tingkat kecerahan yang dibutuhkan oleh pengguna. Aktifkan fitur ini agar smartphone tidak cepat panas.

Pengguna Melakukan Root pada Smartphone

Root memang memiliki banyak manfaat seperti aplikasi berat yang dijalankan pada smartphone tidak akan mengalami lag. Tak hanya itu, dengan root, pengguna dapat mempercepat performa smartphone sehingga smartphone terasa sangat ringan.

Namun dampaknya, ponsel akan mudah panas. Hal ini karena root menyebabkan sistem smartphone bekerja dua kali lipat lebih keras dibandingkan pemakaian normal. Selain itu, saat mengalami over heat, smartphone dapat hang bahkan restart sendiri. Root juga menyebabkan umur prosesor lebih pendek.

Xiaomi root
Xiaomi root

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk Anda yang belum melakukan root pada Xiaomi, pikirkan terlebih dahulu risikonya. Namun apabila smartphone telah diroot, kembalikan pada pengaturan pabrik agar kinerjanya kembali normal. Inilah penyebab hp xiaomi cepat panas dan cara mengatasinya dengan mudah.

Versi MIUI Belum Diperbarui

Xiaomi update
Xiaomi update

MIUI merupakan UI yang hanya ada pada smartphone Xiaomi. Versi MIUI lawas ternyata juga dapat membuat smartphone cepat panas, loh. Untuk itu, setiap pemberitahuan tentang pembaruan MIUI yang diberikan oleh developer Xiaomi, harus diperhatikan. Pastikan smartphone Xiaomi yang Anda miliki memiliki versi MIUI paling update.

Itulah beberapa penyebab hp xiaomi cepat panas dan cara mengatasinya.