Fingerprint xiaomi
Fingerprint xiaomi

Cara mengatasi fingerprint Xiaomi tidak berfungsi – Fitur fingerprint pada smartphone memiliki daya tarik tersendiri bagi mereka yang menginginkan keamanan ekstra untuk gadget nya. Lebih dari itu, kesan eksklusif yang ditampilkan membuat banyak vendor smartphone berlomba menanamkan sensor fingerprint pada handhone besutannya. Tak mau kelewatan momentum, Xiaomi pun mulai menelurkan seri smartphone berfingerprint sejak tahun 2016. Hasilnya, kini ia mampu bersaing dengan brand terkenal lain dengan image  ‘smartphone berteknologi canggih yang ramah kantong’.

Fingerprint sendiri adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan data secara cepat dengan menggunakan verifikasi sidik jari atau RFID. Fungsinya beragam. Yang paling signifikan adalah untuk membuka layar yang terkunci secara lebih cepat, akurat, dan aman dibandingkan dengan menggambar pola atau memasukkan password. Selain itu, sistem pemindai jari juga digunakan untuk mengambil foto, membuka galeri, mengangkat telfon, dll.

Terlepas dari fungsi yang ditawarkan, fitur fingerprint pada handphone Xiaomi bisa saja mengalami gangguan karena beberapa hal. Seperti umur smartphone yang memasuki masa lansia, scanning dengan jari kotor atau basah, sensor fingerprint yang tergores, atau bisa juga disebabkan oleh banyaknya sidik jari yang terekam.

Jika kalian mengalami kesulitan fingerprint pada Xiaomi, kalian tidak perlu khawatir. Cobalah untuk tetap tenang karena ada beberapa cara mengatasi fingerprint Xiaomi tidak fungsi yang akan kami bagikan dibawah ini.

  1. Bersihkan Sidik Jari sebelum Dipindai

Fingerprint xiaomi
Fingerprint xiaomi

Sensor fingerprint memiliki sensitifitas dalam membaca sidik jari. Oleh karena itu, memastikan jika sidik jari kalian bersih sebelum menempelkannya pada sensor fingerprint di HP Xiaomimu sangat penting. Hindari sidik jari terkena minyak, kotoran, debu, dan sejenisnya lainnya sehingga tidak mempengaruhi kinerja fingerprint di HP Xiaomimu, karena itu bisa menjadikan fingerprint tidak berfungsi. Pastikan pula sensor pemindai sidik jari pada HP Xiaomimu dalam keadaan bersih. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu memolesnya dengan tisu atau kain halus.

  1. Hapus Cache Fingerprint

Delete Fingerprint cache
Delete Fingerprint cache

Salah satu penyebab fingerprint tidak berfungsi adalah penuhnya cache pada fingerprint hp Xiaomi kalian. Cache merupakan data-data jejak rekam sidik jari kalian yang telah tersimpan sebelumnya. Sayangnya, Cache yang tersimpan berulang-ulang dapat mempengaruhi kinerja aplikasi tersebut menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, cobalah untuk menghapus cache fingerprint pada bagian Setting aplikasi.

  1. Hapus Data Fingerprint

Cara lain yang dapat kalian lakukan adalah dengan mengahpus seluruh data fingerprint yang telah tersimpan dan memulai perekaman dari awal lagi.

  1. Restart Hp Xiaomi Kalian
Restart fingerprint
Restart fingerprint

Merestart  Hp kalian merupakan salah satu cara yang paling cepat untuk mengatasi berbagai masalah pada perangkat Xiaomi kalian. Tujuannya adalah untuk menyegarkan kembali sistem atau kinerja ponsel itu sendiri. Caranya kalian hanya perlu mematikan smartphone kalian lalu menyalakannya kembali.

  1. Hapus Smartphone yang Telah Di root

Cara ini yang satu ini dapat menjadi opsi apabila kalian baru saja melakukan root pada HP. Terkadang setelah melakukan root, fitur finger print jadi tidak berfungsi. Maka tidak ada cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Titanium Backup.Caranya dengan mengunduh aplikasi pihak ketiga tersebut, beri akses root, buka aplikasi, masuk saja ke Backup restore lalu pilih finger print. Kemudian pilih Wide data dan tekan Ok.

  1. Upgrade ROM MIUI ke Versi Terbaru
Upgrade ROM MIUI
Upgrade ROM MIUI

Meningkatkan ROM MIUI ke versi terbaru berfungsi untuk meminimalisir adanya bugs pada perangkat Xiaomi dan juga untuk mendapatkan banyak fitur baru yang tidak ada pada versi ROM MIUI yang lama. Selain itu, penyebab fingerprint HP Xiaomi kalian tidak berfungsi bisa saja terjadi karena kesalahan sistem yang kamu lakukan secara tidak disengaja. Oleh karena itu, melakukan upgrade ROM MIUI ke versi terbaru untuk memperbaiki bugs atau kesalahan system boleh dicoba.

  1. Reset ke Pengaturan Pabrik

Jika semua cara sudah tidak membuahkan hasil, maka satu satunya cara adalah dengan mereset ke pengaturan pabrik. Tetapi, cara ini akan mengubah pengaturan kembali seperti saat pertama kali membeli. Tapi tak usah takut, karena kalian bisa membackup nya dulu sebelum melakukan reset.

Itulah beberapa cara mengatasi fingerprint tidak fungsi yang dapat diterapkan untuk semua tipe hp Xiaomi kalian. Jaga fingerprint pada hp Xiaomi kalian agar tetap dapat menikmati kemudahan. Selamat mempraktekan!

 

References

  1. https://mixotekno.com/6-cara-mengatasi-finger-print-tidak-berfungsi-error/
  2. https://www.yatekno.com/fingerprint-xiaomi-tidak-berfungsi/