Begini Cara Cek Keaslian Powerbank Xiaomi

Selain Smartphone yang sudah menjadi market utama vendor asal China ini, Xiaomi juga memproduksi berbagai macam gadget dan aksesoris lainnya seperti powerbank. Meskipun saat ini smartphone Xiaomi sudah dibekali dengan kapasitas daya yang besar, namun tetap saja powerbank seolah menjadi barang yang “wajib dibawa” terutama bagi mereka dengan mobilitas yang tinggi dan sering berada di tempat yang sulit mendapatkan sumber listrik.

Berbicara tentang powerbank, saat ini Xiaomi memiliki beberapa seri powerbank dengan kapasitas yang berbeda. Mulai dari 5000 mAh, 10000 mAh, 16000 mAh, dan 20000 mAh. Powerbank Xiaomi bisa dikatakan laris manis di pasaran lantaran harganya yang terjangkau dengan kapasitas yang sangat besar. Namun jika Anda berminat membeli powerbank Xiaomi, sebaiknya perlu berhati-hati karena sangat banyak powerbank Xiaomi palsu yang beredar dipasaran.

Berikut adalah cara membedakan powerbank Xiaomi asli dan palsu :

#1 Perhatikan Label di Bagian Bawah Powerbank

ORIGINAL : Label tulisan yang terdapat di bagian bawah terlihat lebih kabur alias samar-samar.

PALSU : Berbeda dengan yang asli, produk palsu biasanya memiliki teks label yang sangat jelas.

#2 Perhatikan LED Indicator dan Port USD Powerbank Xiaomi

ORIGINAL : Pada powerbank asli Xiaomi, lubang lampu terlihat lebih kecil dan cahaya lampu fokus pada satu titik.

PALSU : Produk palsu biasanya memiliki lubang lampu yang agak besar serta saat dinyalakan, cahaya akan terpecah .

#3 Kabel USB Charger

ORIGINAL : Pada kabel USB powerbank yang asli , tidak terdapat logo Mi dan ukuran panjang kabel kurang lebih 13 inchi. Logo yang terdapat pada kabel adalah lambang petir pada ujung microUSB.

PALSU : Banyak powerbank Xiaomi palsu yang memiliki logo Mi pada kabelnya. Hal ini tidak lain untuk meyakinkan pembeli bahwa produk tersebut asli walapun sebenarnya tidak demikian.

#4 Cek Kode Pada Dus Powerbank

Cara yang ini cukup ampuh untuk mengecek keaslian powerbank Xiaomi yaitu dengan mengecek kode gosok yang terdapat pada dus powebank Xiaomi.

Gosok stiker hologram yang ada pada dus dan lihat 16 kode unik yang ada. Kemudian masuk ke www.mi.com/verify dan  masukan 16 kode tersebut. Produk tersebut adalah asli apabila status yang ditampilkan adalah “This security code has been queried 1 times”.

Nah , demikian tips bagaimana cara membedakan powerbank Xiaomi asli dan palsu. Jika Anda ingin menambahkan tips lainnya, jangan lupa berikan di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.