Dus smartphone Xiaomi
Dus smartphone Xiaomi

Cara agar Xiaomi tidak update otomatis – Sebagai smartphone yang sedang naik daun, tak heran jika Xiaomi diminati oleh banyak konsumen dari berbagai kalangan. Oleh karena tingginya permintaan inilah tak jarang banyak penjual smartphone yang menawarkan Xiaomi non garansi resmi. Smartphone non garansi resmi biasanya dijual dengan selisih harga yang lebih murah. Namun walau demikian smartphone jenis ini memiliki kelemahan, yaitu tidak boleh diupdate karena akan menimbulkan beberapa kegagalan sistem, seperti misalnya sinyal 4G yang tidak keluar.

Nah, bagi Anda yang menggunakan smartphone Xiaomi non garansi resmi, maka sebaiknya menonaktifkan fitur update otomatis. Karena pada dasarnya smartphone Xiaomi memungkinkan untuk terupdate secara otomatis ketika ada pembaruan dari sistem Miui. Jadi daripada Anda penasaran bagaimana cara agar Xiaomi tidak update otomatis, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Xiaomi

Menonaktifkan Update Otomatis Xiaomi
Menonaktifkan Update Otomatis Xiaomi

Untuk menonaktifkan update otomatis dari smartphone Xiaomi, Anda cukup masuk ke menu ‘Update’ atau ‘Pembaruan’. Di menu tersebut, Anda akan melihat tampilan laman Miui sesuai dengan standard bawaan masing-masing tipe Xiaomi. Selanjutnya ‘klik’ pada bagian pojok kanan atas yang terdapat logo tiga garis titik-titik. Setelah itu pilih ‘Setting’ atau ‘Setelan’ dan matikan centang pada kolom ‘Otomatis perbarui’.

Apabila Anda sudah mengikuti langkah-langkah di atas, maka smartphone Xiaomi tidak akan mengupdate Miui secara otomatis. Sekalipun smartphone terhubung dengan WiFi, sistem tidak akan mengupdate Miui dan Anda bisa menggunakan smartphone sebagaimana biasanya tanpa ada kendala apapun.

Alasan Mengapa Update Harus Dimatikan

Mungkin sebagian besar dari Anda masih bertanya-tanya, mengapa kita dilarang mengupdate smartphone Xiaomi? Sedangkan update yang hadir sejatinya memberi kemudahan bagi pengguna untuk memperbaiki bug dan meningkatkan kualitas sistem.

 Dus smartphone Xiaomi
Dus smartphone Xiaomi

Sebenarnya Anda diperbolehkan untuk mengupdate smartphone Xiaomi. Bahkan Anda juga dianjurkan untuk melakukan hal tersebut karena smartphone akan lebih prima dan bisa digunakan lebih maksimal. Hanya saja hal ini hanya berlaku bagi smartphone Xiaomi bergaransi resmi yang mana sudah sesuai dengan regional tempat Anda tinggal dan membeli smartphone tersebut.

Apabila Anda tinggal di Indonesia dan membelinya di Indonesia, maka Anda harus membeli yang bergaransi resmi. Karena hanya Xiaomi bergaransi resmi yang telah lulus bea cukai dan terkena biaya pajak atas harga produk tersebut. Berbeda dengan Xiaomi ROM Global yang sebenarnya adalah smartphone non garansi resmi. Smartphone jenis ini sebenarnya bisa dikategorikan black market karena dalam pendistribusiannya tidak melewati bea cukai dan perpajakan.

Jadi tidak heran jika smartphone Xiaomi non garansi resmi bisa dijual dengan harga jauh lebih murah. Bahkan selisih harganya bisa lebih dari 300 ribu rupiah. Namun tenang saja, selagi Anda mengetahui cara agar Xiaomi tidak update otomatis maka smartphone Anda akan tetap aman karena tidak dapat terdeteksi oleh sistem.

Cara agar Aplikasi Playstore Tidak Update Otomatis

Selain menonaktifkan update otomatis pada sistem Miui, Anda juga bisa menonaktifkan update otomatis pada playstore. Fungsi dari menonaktifkan fitur ini adalah agar kuota data Anda tidak terkuras dengan percuma. Karena pada dasarnya mengupdate aplikasi juga membutuhkan kuota yang banyak dan hal ini pastinya merugikan pengguna.

Playstore Tidak Update Otomatis
Playstore Tidak Update Otomatis

Untuk menonaktifkan fitur ini, Anda cukup masuk ke menu Playstore dan ‘klik’ pada kolom pojok kiri atas, di samping kolom pencarian. Setelah itu akan muncul baris kolom yang baru dan klik tulisan ‘Settings’ atau ‘Setelan’. Anda akan masuk ke laman pengaturan dari playstore dan Anda bisa melihat terdapat kolom ‘perbarui otomatis’ atau ‘auto update apps’. Cukup klik pada kolom tersebut dan Anda bisa memilih apakah hendak menonaktifkan update aplikasi secara otomatis atau mengaktifkan update otomatis hanya dengan WiFi saja.

Jadi Anda tetap memegang kendali penuh dalam update otomatis ini karena Anda bisa memilih update dengan WiFi saja. Dan itu adalah pilihan terbaik karena pada dasarnya setiap aplikasi memang butuh diupdate agar Anda mendapat pembaharuan yang lebih baik.

Nah, demikianlah solusi atas permasalahan Anda yang khawatir dengan sistem update otomatis dari Xiaomi. Dengan mengetahui cara agar Xiaomi tidak update otomatis ini, Anda bisa lebih leluasa dalam mengoperasikan smartphone tanpa harus khawatir terkena banned dari sistem.