cara aktifkan opsi pengembang xiaomi
cara aktifkan opsi pengembang xiaomi

Xiaomi merupakan salah satu smartphone berbasis android. Oleh karena itu, sudah pasti smartphone ini memiliki fitur opsi pengembang atau developer option. Namun, sayangnya diantara sekian banyak pengguna Xiaomi tidak semuanya mengetahui keberadaan fitur ini apalagi fungsinya. Padahal fitur ini begitu bermanfaat bagi pengguna apabila diaktifkan.

Cara aktifkan opsi pengembang Xiaomi sebenarnya cukup mudah. Dalam mengaktifkan fitur ini Anda tidak perlu mendownload dan menginstall aplikasi lain. Ini dikarenakan opsi pengembang merupakan fitur bawaan yang sudah ada pada sistem android smartphone Xiaomi. Namun, sebelum masuk ke pembahasan soal bagaimana cara mengaktifkannya, Anda perlu mengetahui pengertian serta manfaat fitur ini.

Pengertian opsi pengembang

opsi pengembang xiaomi
opsi pengembang xiaomi

Secara sederhana, opsi pengembang atau developer option adalah salah satu fitur yang terdapat dalam sistem android termasuk smartphone Xiaomi. Manfaat opsi pengembang sangat banyak sekali, khususnya menampilkan fitur-fitur tertentu yang dianggap rahasia. Dengan aktifnya berbagai fitur rahasia tersebut, maka Anda leluasa untuk memodifikasi smartphone.

Manfaat opsi pengembang untuk smartphone Xiaomi

Banyak hal yang belum diketahui oleh para pengguna Xiaomi tentang opsi pengembang. Padahal, fitur yang satu ini memiliki beberapa manfaat apabila diaktifkan pada smartphone Xiaomi. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan setelah mengaktifkan opsi pengembang.

  1. USB Debugging

Aktifnya opsi pengembangn akan memungkinkan smartphone Anda berkomunikasi lewat port USB di komputer melalui Android Debug Bridge (ADB).

  1. Lokasi penunjuk atau printer location

Developer option bermanfaat untuk menampilkan informasi terperinci pada bagian atas layar yang berisi lokasi atau koordinat titik saat ini.

  1. Menampilkan penggunaan CPU

Opsi pengembang juga bisa menampilkan semua penggunaan CPU beserta prosesnya pada jendela kanan atas layar smartphone Anda.

  1. Disable USB audio routing

Fitur ini juga berfungsi guna menonaktifkan proses root otomatis perangkat audio eksternal yang terhubung ke komputer melalui port USB. Bila proses root USB dibiarkan maka akan mengganggu kinerja perangkat audio eksternal.

Cara aktifkan opsi pengembang Xiaomi

cara aktifkan opsi pengembang xiaomi
cara aktifkan opsi pengembang xiaomi

Setelah mengetahui manfaat dari opsi pengembang mungkin Anda akan tertarik untuk mencoba fitur ini. Cara mengaktifkan opsi pengembang pada smartphone Xiaomi sebenarnya cukup mudah. Hal ini dikarenakan saat proses pengaktifannya Anda tidak memerlukan komponen pendukung lainnya. Misalnya, Anda harus mengunduh dan menginstall aplikasi tambahan. Dalam proses mengaktifkan opsi pengembang, Anda hanya perlu mempraktekkan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Sebelum mengaktifkan opsi pengembang, pastikan terlebih dahulu bahwa smartphone Xiaomi

Anda mempunyai ROM MIUI 7 atau 8.

  1. Setelah itu, aktifkan smartphone Xiaomi Anda dan buka menu settings. Geser terus hingga ke bawah sampai Anda menemukan opsi “Tentang Ponsel”. Kemudian, klik opsi tersebut.
  2. Selanjutnya, klik sebanyak tujuh kali pada tulisan “Versi MIUI.” Lalu, akan muncul notifikasi bertuliskan “Selamat Anda Sudah Menjadi Pengembang” atau “Tidak Perlu Anda Sudah Menjadi Pengembang.”
  3. Jika notifikasi tulisan tersebut sudah muncul, maka sekarang opsi pengembang bisa Anda akses. Cara mengaksesnya adalah Anda mesti masuk ke menu pengaturan. Berikutnya klik “Setelah Tambahan” dan pilih “Opsi Pengembang.”

Apabila keempat langkah di atas telah Anda terapkan dan berhasil, ini artinya pengaturan-pengaturan tersembunyi sudah bisa diakses. Memang tidak banyak pengguna Xiaomi termasuk Anda yang mengetahui bahwa smartphone ini memiliki beberapa pengaturan rahasia. Diantaranya adalah Debugging USB, Log Jejak Bluetooth, Statistik Proses dan masih banyak lagi.

Cara menggunakan opsi pengembang Xiaomi

Penggunaan opsi pengembang pada smartphone Xiaomi bisa Anda lakukan dengan mudah. Caranya Anda cukup mengatur silinder di bagian atas opsi pengembang. Apabila Anda tidak menggunakan fitur ini sebaiknya dimatikan dengan menggeser silinder ke arah kiri. Sebaliknya, jika Anda ingin menggunakannya maka geserlah silinder ke kanan.

Keberadaan fitur yang satu ini memang belum begitu familiar di kalangan para pengguna Xiaomi. Padahal cara aktifkan opsi pengembang Xiaomi ini cukup mudah untuk diterapkan. Terlebih lagi, setelah fitur ini aktif ada banyak manfaat yang bisa Anda nikmati. Kini, setelah mempelajari deskripsi mengenai cara mengaktifkan opsi pengembang, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba.

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.