Box Mi Band
Box Mi Band

Cara membedakan Mi Band asli dan Mi Band palsu – Mi Bank merupakan salah satu produk gelang fitness tracker besutan perusahaan Xiaomi yang memiliki fungsi bagi kesehatan. Dengan produk ini, pengguna dapat memonitor jumlah langkah, mengetahui waktu serta kualitas tidur, dejak jantung, hingga sebagai sensor kesehatan. Uniknya, meskipun terlihat simple, namun Mi Band juga dapat digunakan untuk menampilkan notifikasi SMS, telepon, BBM, Line, alarm, panggilan, dan sebagainya.

Mi Band Asli
Mi Band Asli

Hanya saja, saat ini terdapat banyak pihak tak bertanggung jawab yang ingin mendapatkan keuntungan dari popularitas Mi Band dengan memunculkan produk tiruan atau palsu. Di samping merugikan konsumen, tentu saja kualitas produk Mi Band palsu dapat dikatakan sangat jauh berbeda dengan Mi Band asli besutan Xiaomi. Menyikapi hal tersebut, Anda sebagai konsumen harus mengerti bagaimana cara membedakan Mi Band asli dan Mi Band palsu agar tidak tertipu. Bagaimana caranya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

Trik Membedakan Mi Band Asli dan Palsu secara Mudah

Bagi Anda yang baru pertama kali membeli produk Mi Band, mungkin mengalami kesulitan untuk memutuskan apakah Mi Band yang Anda beli asli atau palsu. Hal ini karena pada umumnya, produk Mi Band memiliki tampilan yang sangat mirip dengan Mi Band asli. Meski demikian, tetap saja terdapat beberapa hal yang berbeda terkait produk tersebut. Berikut adalah beberapa cara membedakannya:

1. Melihat dari Box Mi Band

Box Mi Band
Box Mi Band

Cara yang pertama, Anda dapat melihat dari box Mi Band tersebut. Untuk warnanya, box yang digunakan oleh Mi Band asli ataupun palsu memiliki warna yang sama, yakni coklat muda khas package produk Xiaomi. Namun apabila diperhatikan secara teliti, ukuran box produk tersebut berbeda.

Pada produk Xiaomi Mi Band asli, ukuran box yang digunakan relatif lebih slim atau tipis jika dibandingkan dengan Mi Band palsu. Bahkan ukuran box Mi Band palsu 50% lebih besar apabila dibandingkan dengan box Mi Band asli.

2. Deskripsi Produk pada Box Xiaomi Mi Band

Selain melihat dari ukurannya, cara membedakan Mi Band asli dan Mi Band palsu selanjutnya adalah deskripsi produk yang tertera pada box Mi Band. Untuk asli, Mi Band menggunakan bahasa Inggris pada bagian deskripsi produk. Hal ini berlaku untuk semua produk Mi Band yang dipasarkan di seluruh dunia. Tak hanya itu saja, untuk deskripsi produk, terdapat spesifikasi lengkap terkait Mi Band.

Xiaomi Mi Band descrption book
Xiaomi Mi Band descrption book

Sedangkan pada Mi Band palsu, umumnya bahasa yang digunakan untuk deskripsi produk adalah bahasa Mandarin atau China. Hal ini karena umumnya, perusahaan-perusahaan asal Tiongkok lah yang memproduksi Mi Band palsu. Selain itu, deskripsi produk pada Mi Band palsu dapat dikatakan sangat minim. Sebenarnya dari hal ini, pengguna sudah dapat mengindentifikasi apakah produk Mi Band yang mereka beli asli atau palsu.

3. Melihat dari Bentuk dan Kualitas Gelang Fitness Tracker

Cara yang selanjutnya adalah melihat bentuk serta kualitas yang diusung oleh produk Mi Band. Dilihat dari bentuknya, baik Mi Band asli ataupun palsu memiliki bentuk produk yang sangat mirip. Bahkan dilihat dengan mata telanjang pun pengguna awam tak akan dapat membedakannya.

Gelang Fitness Tracker
Gelang Fitness Tracker

Meski demikian, Anda tak perlu khawatir karena terdapat cara untuk membedakan produk Mi Band asli atau palsu. Dalam hal ini, Anda dapat menyentuh produk gelang tersebut dan rasakan bagaimana finishing produk Mi Band. Untuk Mi Band asli, Anda dapat merasakan betapa halusnya karet gelang ketika disentuh. Selain itu, warna hitam yang diusung cenderung lebih gelap.

Sedangkan Mi Band palsu, karet gelang yang digunakan terbilang lebih kasar. Selain itu, warna hitam MI Band palsu terlihat lebih pudar. Inilah salah satu hal yang dapat digunakan untuk membedakan produk Mi Band asli dan palsu karena dari bentuknya, bahkan lubang-lubang karet yang ada jam tangan tersebut semuanya sama persis.

4. Kualitas USB

Cara yang terakhir adalah melihat dari kualitas USB yang digunakan pada produk asli dan palsu Mi Band. Selayaknya produk elektronik pada umumnya, kualitas produk palsu tentu jauh berbeda apabila dibandingkan dengan produk asli. Begitu juga dengan produk Mi Band.

Untuk Mi Band asli, ujung kabel USB terlihat kuat meskipun dibengkokkan seperti apapun. Selain itu, kecepatan charger menggunakan USB dari Mi Band asli terbilang sangat cepat. Sedangkan untuk Mi Band palsu, pada bagian ujung kabel USB, terlihat ada celah yang terlihat ketika dibengkokkan. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas kabel USB tersebut terbilang kurang bagus.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam membedakan antara produk Mi Band asli dan palsu. Dengan begitu, Anda tidak akan tertipu dengan produk paslu Mi Band. Semoga ulasan tentang cara membedakan Mi Band asli dan Mi Band palsu di atas bermanfaat.