aplikasi pembersih di xiaomi
aplikasi pembersih di xiaomi

Cara membersihkan cache di hp Xiaomi – Siapa yang tak pernah mendengar kata Xiaomi, sebuah merk hp yang tengah digandrungi banyak orang karena harganya yang ramah kantong. Meski begitu, vendor smartphone asal china ini tetap membekali handphone buatannya dengan spesifikasi canggih. Tak kalah dengan vendor lain yang gencar beriklan tetapi mematok harga selangit. Contohnya dengan budget satu jutaan saja, kalian sudah bisa mendapatkan hp Xiaomi dengan RAM 2gb dan ROM 16gb.

Meski sudah dibekali ruang penyimpanan yang cukup besar, notifikasi memori penyimpanan sering sekali muncul di hp Xiaomi. Tentunya itu sangat mengganggu karena dapat mempengaruhi kinerja smartphone kesayangan kalian. Misalnya, kalian jadi tidak bisa menginstal aplikasi dari google play store atau mengunduh file yang ukurannya besar.

Penuhnya ruang penyimpanan bisa jadi disebabkan oleh cache. Cache sendiri merupakan sebuah file yang dirancang untuk menyimpan data sementara dari aplikasi maupun website. Fungsi utamanya adalah mempercepat loading dari halaman web atau meningkatkan performa sebuah aplikasi. Sayangnya, dalam rentang waktu yang cukup lama cache bisa menumpuk dan membebani memori smartphone kalian jika tidak dibersihkan.

Karena itu, membersihkan cache secara berkala penting untuk menjaga performa smartphone kalian. Berikut kami sajikancCara membersihkan cache di hp Xiaomi yang mudah untuk dilakukan:

  1. Melalui Manajemen Aplikasi

how to delete android cache
Cara menghapus cache android

Cara membersihkan cache di hp Xiaomi yang pertama adalah dengan melalui menu pengaturan. Cara ini tidak sulit untuk dilakukan karena kalian tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga. Kalian juga bisa menghapus Cache dari setiap aplikasi yang ada di smartphone kalian secara terpisah karena cara ini dilakukan secara manual.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke menu setelan di hp Xiaomi kalian
  2. Pilih “Aplikasi terinstall”
  3. Cari aplikasi yang ingin kalian hapus Cachenya
  4. Sentuh tombol “Hapus Cache”
  5. Memanfaatkan Aplikasi Keamanan

Cara membersihkan cache di hp Xiaomi yang kedua ialah dengan memanfaatkan aplikasi keamanan. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi bawaan yang sudah terinstall di hp Xiaomi kalian dan memiliki banyak  fungsi. Selain membersikahkan cache, aplikasi keamanan di hp Xiaomi juga bekerja untuk mengatur penggunaan data, baterai, daftar blokir, dan scanning virus. Untuk melakukannya, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

aplikasi pembersih di xiaomi
aplikasi pembersih di xiaomi
  1. Buka aplikasi Keamanan Xiaomi. Aplikasi ini biasanya berada di layer depan dengan ikon berwarna hijau.
  2. Pilih “Pembersih”
  3. Biarkan proses scanning selesai
  4. Sentuh tombol “Bersihkan”

Jika masih merasa hp Xiaomi kalian berat, kalian bisa melakukan pembersihan lebih dalam dengan aplikasi keamanan ini. Berikut caranya:

  1. Ketika proses pembersihan selesai, kalian akan disuguhkan pilihan “Bersihkan Lebih Dalam”. Sentuh menu tersebut.
  2. Tandai file yang dirasa tidak kalian perlukan, Dengan memilih menu bersihkan lebih dalam, kalian bisa meminta aplikasi untuk melakukan scanning terhadap foto, video yang dianggap duplikasi atau mirip, serta berkas-berkas berukuran besar hingga mendeteksi aplikasi yang jarang kalian gunakan.
  3. Sentuh “Hapus semua file yang telah ditandai”
  4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara membersihkan cache di hp Xiaomi yang terakhir adalah dengan mengunduh aplikasi pihak ketiga di play store. Ada banyak aplikasi pembersih yang bisa kalian pilih, seperti CCleaner, Clean Master, CM Security, dll.

Itulah 3 cara membersihkan cache di hp Xiaomi yang mudah untuk dilakukan. Cara tersebut dapat kalian terapkan ke semua tipe hp Xiaomi. Selamat Mencoba!