Adoptable Storage
Adoptable Storage

Cara menambah memori internal Xiaomi – Ketika semakin banyak game dan aplikasi keren untuk smartphone, maka kapasitas memori yang hanya 16 atau 32GB masih terasa kurang. Terlebih untuk kalian yang hobi bersawfoto dan mengabadikan momen melalui video, pastinya memori internal tersebut langsung penuh dan sistem pun semakin lambat kinerjanya.

Sebenarnya pihak Xiaomi sendiri selalu mengeluarkan beberapa varian untuk produk smartphone mereka. Setidaknya kita bebas memilih varian dengan memori internal 64GB atau 32GB. Akan tetapi, semakin besar kapasitas memorinya, maka semakin tinggi harganya. Sehingga membeli smartphone dengan kapasitas memori sedikit tetap menjadi pilihan. Untuk itu pada ulasan kali ini kami akan memberi beberapa tips dan cara menambah memori internal Xiaomi tanpa harus keluar uang lagi. Penasaran dengan caranya? Langsung saja simak ulasan berikut ini:

Fitur Adoptabel Storage

Adoptable Storage
Adoptable Storage

Bagi kalian pengguna Xiaomi dengan sistem operasi Android Marshmallow atau di atasnya, maka kalian bisa menggunakan fitur Adoptabel Storage. Fitur ini akan memungkinkan kalian menggunakan memori eksternal namun tetap terasa seperti memori internal. Dalam arti lain, hanya dengan bermodalkan memori eksternal, maka kapasitas memori internal akan bertambah. Sehingga akan lebih memudahkan dalam setiap penyimpanan data yang sebelumnya hanya bisa disimpan di memori internal saja.

Fitur ini juga menjadi salah satu cara terbaik bagi kalian yang ingin menambah kapasitas memori. Karena perlu diketahui jika memor eksternal pada dasarnya tidak bisa menyimpan data dari instalasi suatu aplikasi. Dan dengan menggunakan fitur ini, kekurangan tersebut akan tertutupi. Selain itu, kinerja smartphone juga tidak akan terlalu berat.

Google Photos

Google Photos
Google Photos

Kita tentunya sudah tahu jika produsen Xiaomi telah merilis beberapa produk dengan kamera terbaiknya. Dan produk ini tak jarang membuat penggunanya semakin gemar selfi ataupun menggunakan videonya. Sedangkan yang jadi permasalahan adalah, file foto dan video cenderung besar sehingga membuat kapasitas memori semakin menipis. Untuk itu bagi kalian yang memiliki banyak file foto dan video, sebaiknya tidak menyimpannya di memori internal.

Kalian bisa menggunakan Google Photos untuk menyimpan seluruh file tersebut dan langsung terhubung dengan akun gmail. Menyimpan file di Google Photos akan terkoneksi dengan data internet sehingga tidak menguras kapasitas memori internal. Selain itu file yang telah tersimpan juga tidak terlalu besar sehingga mudah untuk membukanya tanpa harus khawatir boros kuota.

Google Drive

Google Drive
Google Drive

Selain Google Photos, kalian juga bisa memanfaatkan fasilitas Google Drive yang telah disediakan oleh pihak Google untuk semua pengguna internet. Di aplikasi ini, kalian cukup Log In dengan email dan akan langsung diarahkan ke dalam ruang penyimpanan data berkapasitas 15GB. Kapasitas tersebut tentunya terbilang sangat besar mengingat aplikasi ini adalah gratis dan bisa digunakan kapanpun oleh siapa saja.

Di Google Drive kalian bisa menyimpan berbagai file, mulai dari musik, gambar, video, hingga dokumen. Sehingga jauh lebih lengkap fasilitasnya dibanding Google photos. Bahkan jika dirasa kapasitas 15GB yang diberikan itu kurang, kalian tetap bisa meningkatkan kapasitasnya dengan cara menggunakan akun berbayar.

Siapkan Flashdisk dan Kabel OTG

Kelebihan smartphone Xiaomi lainnya adalah dapat dihubungkan dengan kabel OTG (On the GO) dan flashdisk. Walaupun mungkin ada beberapa tipe yang tidak support OTG, tetapi setidaknya hingga kini produk Xiaomi kebanyakan masih support.

Flashdisk smart otg
Flashdisk smart otg

Kabel OTG adalah sebuah kabel penghubung antara smartphone dengan flashdisk. Dengan cara ini, smartphone Anda bisa langsung mengakses isi file dari flashdisk tersebut. Dan Anda pun akan semakin mudah untuk memindahkan file didalamnya karena cukup copy paste sesuka hati.

Namun yang perlu diperhatikan adalah memastikan jika flashdisk yang digunakan tidak terdapat virus. Karena akan cukup riskan jika flashdisk tersebut rusak dan mempengaruhi sistem keamanan dalam smartphone Xiaomi.

Demikianlah ulasan singkat seputar cara menambah memori internal Xiaomi tanpa harus membeli produk dengan kapasitas memori yang lebih besar. Setidaknya cara-cara di atas adalah alternatif bagi kalian yang memiliki permasalahan seputar memori terlalu penuh. Dan pastinya dengan beberapa cara di atas, penyimpanan file menjadi lebih aman karena tidak perlu khawatir terhapus secara tidak sengaja.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.