Beban pada Chipset Qualcomm
Beban pada Chipset Qualcomm

Bagi setiap pengguna Xiaomi yang gemar memainkan game atau aplikasi dengan grafis bagus, pasti tertarik untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan vulkan API di Xiaomi Redmi Note 4X. Vulkan API sendiri merupakan sebuah platfom graphic 3D yang dikembangkan oleh Chronos Group dan ditujukan bagi semua pengembang yang ingin mendapatkan konten 3D baik untuk platform interaktif ataupun video game. Platform yang satu ini umumnya dapat digunakan pada smartphone high-end, termasuk Xiaomi Redmi Note 4X dengan spesifikasi yang cukup gahar.

Kelebihan Platform Vulkan API

Platform Vulkan API for Xiaomi
Platform Vulkan API for Xiaomi

Sebelum mengulas lebih jauh tentang cara mendapatkan Vulkan API di Xiaomi Redmi Note 4X, alangkah baiknya apabila Anda memahami tentang apa saja keunggulan platform yang satu ini. Berikut adalah beberapa kelebihan Vulkan API:

Mengurangi Kelebihan Beban pada Chipset

Beban pada Chipset Qualcomm
Beban pada Chipset Qualcomm

Kelebihan pertama, Vulkan API dapat mengurangi kelebihan yang terdapat pada chipset smartphone. Hal ini sangat berguna dalam meningkatkan performa maksimal Android yang memang memiliki dapur pacu mumpuni.

CPU dapat Memproses Data Lebih Cepat

API for Xiaomi Speed
API for Xiaomi Speed

Masih berhubungan dengan menurunkan beban chipset, CPU pada smartphone pun dapat memproses semua data dengan lebih cepat. Dengan kata lain, Vulkan API tak hanya diperuntukkan dalam meningkatkan grafis game, video, ataupun aplikasi lain yang terinstall pada smartphone, namun juga meningkatkan kinerja smartphone secara keseluruhan karena mampu mengurangi beban di prosesor.

Mengurangi Problem Port Game

Keunggulan lain yang dimiliki oleh Vulkan API adalah mengurangi masalah yang muncul pada port game antara satu platform smartphone ke platform yang lain. Contohnya adalah dari OS Windows pada OS Android di smartphone. Tujuan dari hal ini adalah agar para pengembang aplikasi dapat lebih mudah dalam mengembangkan Vulkan API pada smartphone.

Langkah-Langkah Mendapatkan Vulkan API pada Xiaomi Redmi Note 4X

Kembali pada ulasan tentang bagaimana cara mendapatkan Vulkan API di Xiaomi Redmi 4X, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu. Sekedar informasi, Vulkan API merupakan platform yang compatible untuk setiap perangkat smartphone dengan OS Android v7.0 Nougat ke atas. Hal ini tentu juga berlaku bagi Xiaomi Redmi Note 4X yang awalnya menggunakan OS Android v6.0 Marshmallow namun dapat diupgrade ke Nougat.

Meski demikian, pengguna Xiaomi Redmi Note 4X juga harus melakukan pengecekan apakah driver atau dapur pacu yang disematkan pada smartphone telah sesuai dengan Vulkan API. Hal ini karena Google Play Store sendiri juga dapat mendeteksi mana perangkat yang dapat mengaplikasikan Vulkan API dan mana yang tidak. Contohnya adalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang telah memiliki driver sesuai namun tidak mendukung API. Untuk itulah, perlu upaya dalam menyamarkan perangkat lalu mengubahnya menjadi perangkat yang sesuai untuk mengaplikasikan Vulkan API.

Hal tersebut berbeda dengan Xiaomi Redmi Note 4X yang memang telah dipastikan dapat mengaplikasikan Vulkan API. Adapun cara mendapatkan Vulkan API di Xiaomi Redmi Note 4X adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, download aplikasi AIDA64 di Google Play Store atau dari internet. Aplikasi yang satu ini berguna untuk memastikan apakah Xiaomi Redmi Note 4X yang Anda gunakan dapat langsung mengaplikasikan Vulkan API ataukah harus melalui langkah update terlebih dahulu.
  2. Kedua, buka aplikasi AIDA64 lalu pilih ‘Devices’. Di sini, apabila Anda melihat tulisan berupa ‘Vulkan – Adreno (TM) 506’, berarti smartphone tersebut sudah terpasang driver Vulkan. Anda hanya perlu mengaplikasikan Vulkan Activator agar dapat mengaktifkannya. Sekedar informasi, tulisan ‘Vulkan – Adreno (TM) 506’ di atas dapat berupa sesuai dengan GPU yang digunakan pada smartphone.
  3. Apabila ternyata Xiaomi Redmi Note 4X Anda masih belum terdeteksi atau muncul tulisan seperti di atas, maka sebaiknya install terlebih dahulu Vulkan Driver. Anda dapat mencarinya di internet ataupun forum-forum khusus pengguna Xiaomi.
  4. Setelah langkah di atas selesai, maka download Vulkan Activator.
  5. Adapun cara memasang Vulkan API pada smartphone Xiaomi Redmi Note 4X adalah melalui TWRP recovery.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka Anda dapat menikmati tampilan grafis 3D pada smartphone. Semoga ulasan mengenai cara mendapatkan Vulkan API di Xiaomi Redmi Note 4X tersebut bermanfaat.