Bootlop Xiaomi
Bootlop Xiaomi

Cara Mengatasi Bootlop Xiaomi – Apakah kalian pernah mendengar istilah bootlop? Yah, bootlop adalah suatu kondisi saat menu utama hp kalian tidak dapat diakses karena sistem android gagal melakukan start up. Bagi pengguna smartphone Xiaomi, kalian akan menemukan hp kesayangan kalian berhenti pada logo Mi saja ketika dinyalakan.

Masalah bootlop pada hp Xiaomi bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya, karena kalian sering otak-atik sistemnya tanpa memperhitungkan resiko yang mungkin terjadi. Bisa juga karena hp Xiaomi kalian terlalu sering dilakukan Root, atau karena kalian salah menginstal aplikasi tertentu.

Tipe-tipe Bootlop yang Harus Anda Ketahui

 Bootlop Xiaomi
Bootlop Xiaomi

Jenis bootlop sendiri terbagi menjadi tiga. Yang pertama adalah bootlop ringan, kondisi dimana ketika hp Xiaomi kalian dinyalakan, ia dapat masuk ke Menu utama namun hang dan restart kembali. Yang kedua yaitu bootlop sedang. Jenis bootlop ini membuat hp xiaomi kalian tertahan sampai di logo Mi, namun masih bisa masuk ke menu recovery/CWM. Yang terakhir adalah jenis bootlop berat. Bootlop ini terjadi ketika hp Xiaomi kalian dinyalakan, ia tidak bisa mengakses menu recovery/CWM dan tertahan sampai di logo Mi saja.

Jika hp Xiaomi kesayangan kalian mengalami salah satu jenis bootlop yang sudah disebutkan tersebut, jangan panik dulu! Jangan pula menangis dan terburu-buru membawanya ke Counter handphone! Coba dulu cara yang akan kami bagi berikut ini. Ingat! Gunakan metode sesuai dengan jenis bootlop yang kalian hadapi.

Cara Mengatasi Bootlop Xiaomi Tanpa Harus Datang ke Counter

Cara mengatasi bootlop Xiaomi untuk jenis ringan dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Turn off/Matikan perangkat Xiaomi kalian
  2. Masuk ke mode MI Recovery dengan cara menekan tombol volume up+home secara bersamaan. Tahan hingga Menu Recovery muncul pada layar hp Xiaomi kalian.
  3. Dalam mode Recovery, gunakanlah pengaturan bahasa dalam Bahasa Inggris. Selain itu, gunakan tombol Volume Up dan Down untuk menavigasi naik dan turun, sedangkan tombol Home untuk memilih Menu yang diinginkan.
  4. Pilih Wipe dan Reset. Pada Menu ini, kalian akan disediakan pilihan Wipe Cache untuk menghapus Cache pada sistem Device Xiaomi, Wipe User untuk menghapus data pengguna, dan Wipe All Data untuk menghapus seluruh data pengguna dan data aplikasi atau mengembalikan sistem ke setelan pabrik. Perlu diketahui, tiga opsi tersebut harus diselesaikan satu persatu. Jadi, setiap satu langkah terselesaikan, kalian harus kembali ke halaman utama dan pilih Reboot >> Reboot to System One (Latest) untuk mengaktifkan kembali hp Xiaomi kalian secara normal.

Sedangkan, untuk cara mengatasi bootlop Xiaomi jenis sedang dan ringan, kalian bisa menyimak langkah demi langkah dibawah ini:

  1. Hal yang paling utama yang harus kalian lakukan adalah mengunduh Mi PC Suite pada link berikut (http://pcsuite.mi.com/), lalu menginstalnya pada komputer.
  2. Kemudian, kalian juga harus mengunduh dan menginstall aplikasi MiFlashTools
  3. Unduh juga ROM Official MIUI di situs miui.com/download.html
  4. Sambungkan hp xiaomi yang mengalami bootloop ke laptop/pc kalian dengan menggunakan kabel USB.
  5. Tekan tombol Power dan Volume bawah secara bersamaan untuk masuk ke Menu Fastboot. Tekan terus hingga hp Xiaomi kalian bergetar dan hidup baru masuk ke Manu Fastboot.
  6. Setelah tampilan berubah, masuklah ke menu directory dengan cara klik System C >> Program files(x86) >> Xiaomi >> MiPhone >> Google >> Android.
  7. Setelah berada di menu folder, kalian klik Shift .
  8. Klik kanan pada mouse kalian, setelah itu tunggu beberapa menu akan muncul dan yang harus kalian pilih adalah menu “Open CMD Administrator”.
  9. Setelah keluar halaman CMD Administrator di layar, ketiklah perintah “fastboot-w” (Tanpa tanda) dan tunggu hingga prosesnya selesai. Jika proses telah lengkap, maka hp Xiaomi kalian akan otomatis merestart sendiri. Perlu diketahui, cara mengatasi bootlop Xiaomi pada kedua jenis bootlop tersebut memakan waktu yang cukup lama. Jadi, kalian harus bersabar.

Demikian cara mengatasi bootlop Xiaomi yang dapat kami bagikan. Semoga dapat membantu kalian semua para pengguna smartphone Xiaomi. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.