system recovery mode
system recovery mode

Cara mengatasi HP Xiaomi restart terus menerus memang tidaklah mudah, terutama bagi Anda yang baru pertama kali mengalami masalah ini. Pada umumnya, smartphone yang terus menerus restart disebabkan karena karena kegagalan ketika pengguna melakukan root smartphone. Meskipun untuk beberapa kasus, masalah ini juga dapat disebabkan karena terjadinya crash aplikasi ketika update hingga overlock smartphone.

Bootloop pada Smartphone
Bootloop pada Smartphone

Apabila Anda mengalami permasalahan ini, maka dapat dikatakan bahwa smartphone Xiaomi mengalami bootloop, apapun penyebabnya. Di antara semua jenis masalah, mungkin bootloop menjadi masalah yang paling dikhawatirkan oleh pengguna smartphone. Namun Anda tak perlu terlalu khawatir karena pada kesempatan kali ini, akan diulas secara lengkap tentang bagaimana cara mengatasi bootloop pada Xiaomi semua tipe.

Jenis-Jenis Bootloop pada Smartphone

Sebelum melangkah jauh pada ulasan tentang cara mengatasi HP Xiaomi restart terus menerus, Anda harus mengetahui tentang jenis-jenis bootloop. Hal ini bertujuan agar nantinya ketika Anda mengalami masalah serupa pada smartphone, Anda sudah dapat mengambil langkah tepat untuk mengatasinya.

1. Light Bootloop atau Bootloop Ringan

Pada kondisi ini, ketika pengguna menyalakan smartphone mereka, maka tampilan yang muncul hanyalah blank screen berwarna hitam. Ciri-ciri lainnya, saat smartphone menyala dan dapat masuk pada menu, terjadi hang kemudian smartphone mati ataupun restart dengan sendirinya.

2. Medium Bootloop

Ciri-ciri smartphone Xiaomi Anda mengalami medium bootloop adalah ketika dinyalakan, maka tampilan akan mengalami stuck atau tertahan pada bagian logo animasi Xiaomi saja. Tak peduli berapa lama Anda menunggunya ataupun berapa kali Anda mematikan kemudian menyalakannya kembali, tampilannya akan berhenti sampai logo. Meski demikian, smartphone yang mengalami medium bootloop tetap dapat melakukan akses terhadap system recovery mode.

3. Hard Booting/Hardbrick

Di antaranya masalah bootloop di atas, ini adalah kondisi paling parah. Ciri-cirinya hampir sama dengan medium bootloop, yakni smartphone terhenti pada animasi logo ketika dinyalakan. Namun pada masalah hard booting, pengguna tak dapat mengakses system recovery mode.

Cara Mengatasi Xiaomi yang Restart Terus Menerus

Dalam mengatasi hal ini, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh Mi Fans. Namun perlu diingat bahwa langkah-langkah berikut ini hanya berguna untuk Xiaomi yang mengalami light dan medium bootloop saja. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

Matikan Smartphone Xiaomi terlebih dahulu.

Akses ke menu system recovery mode. Caranya, ketika menyalakan smartphone, tekan dan tahan tombol volume up (+) serta tombol power secara bersama-sama. Tunggu hingga terasa getaran dan smartphone menyala.

 system recovery mode

Di sini, Anda akan melihat tampilan menu system recovery mode pada layar.

Kemudian masuklah pada menu ‘Wipe & Reset’. Pada saat memilih menu ini, gunakan tombol volume untuk naik atau turun dan tombol power untuk masuk ke dalam menu.

Wipe & Reset’
Wipe & Reset’

Di dalam menu ‘Wipe & Reset’ akan muncul pilihan-pilihan menu. Apabila smartphone Anda hanya mengalami light atau medium bootloop, abaikan menu lainnya dan pilih menu ‘Wipe User Data’ atau “Wipe All Data’.

Wipe All Data
Wipe All Data

Sekedar informasi, kedua menu ini memiliki fungsi yang sama, yakni mereset ulang semua data di dalam smartphone dan mengembalikannya pada setelan pabrik/Factory Reset. Perbedaannya, menu ‘Wipe User Data’ hanya menghapus data-data pengguna dan membiarkan aplikasi yang sudah terinstall. Sedangkan ‘Wipe All Data’ akan menghapus semua data di dalam smartphone, termasuk aplikasi yang telah terinstall.

Apabila Anda memilih menu ‘Wipe User Data’, maka tunggulah hingga proses penghapusan data user selesai dilakukan. Setelah itu, kembalilah pada menu utama dan matikan smartphone.

Nyalakan kembali smartphone. Jika tidak ada perubahan setelah melakukan proses ‘Wipe User Data’, maka lakukan langkah di atas dari awal dan pilih ‘Wipe All Data’.

Itulah beberapa cara mengatasi HP Xiaomi restart terus menerus yang dapat Anda lakukan. Cara di atas terbilang sangat mudah karena pengguna masih dapat masuk ke system recovery mode.

Mengatasi Xiaomi yang Mengalami Hard Booting/Hardbrick

Sekedar informasi, smartphone Xiaomi yang terus menerus restart juga dapat menandakan bahwa smartphone tersebut mengalami hard booting. Terlebih apabila pengguna tak dapat masuk ke system recovery mode. Untuk itu, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan. Namun sebelum itu, siapkan beberapa peralatan berikut ini:

  • PC/Laptop yang menggunakan OS Windows 7/8/10
  • Kabel USB original Xiaomi ataupun kabel sejenis yang berkualitas bagus
  • Driver Qualcomm Xiaomi
  • Aplikasi MiFlash Tools
  • Aplikasi ROM Fastboot. Untuk aplikasi ini, Anda dapat memilih jenis ROM yang sesuai dengan tipe smartphone Xiaomi Anda.

Apabila semua peralatan di atas telah tersedia, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Install aplikasi Driver Qualcomm dan MiFlash Tools pada laptop/PC yang Anda gunakan. Setelah proses instalasi selesai, restart laptop/PC.
  2. Setelah itu, ekstrak ROM Fastboot yang telah Anda download tadi. Simpan di folder yang mudah ditemukan.
  3. Buka aplikasi MiFlash Tools. Pilih tombol ‘browse’ kemudian arahkan pada folder dimana Anda mengekstrak ROM Fastboot.
  4. Beralih pada smartphone, tekan tombol volume up (+), volume down (-), dan tombol power secara bersamaan kemudian tahan. Apabila smartphone telah bergetar, maka lepaskan tombol volume down (-).
  5. Pada langkah ini, Anda telah masuk ke dalam menu Download Mode. Setelah itu, sambungkan smartphone Anda menggunakan kabel data ke PC/laptop.
  6. Aplikasi MiFlash Tools akan secara otomatis mendeteksi smartphone Anda. Selanjutnya, pilih tombol refresh pada aplikasi MiFlash Tools. Jika smartphone telah terdeteksi dengan benar, akan muncul nomor device smartphone Xiaomi Anda.
  7. Langkah terakhir, silahkan pilih menu Flash. Tunggu hingga proses tersebut selesai.

Langkah-langkah di atas dapat membantu Anda dalam mengatasi bootloop smartphone Xiaomi sehingga masalah restart terus menerus dapat diatasi. Semoga ulasan tentang cara mengatasi HP Xiaomi restart terus menerus di atas bermanfaat bagi Anda.