Cara Mengatasi HP Xiaomi Yang Cepat Panas

Meskipun smartphone XIaomi terkenal murah dan memiliki spesifikasi yang mumpuni dikelasnya , akan tetapi tidak sedikit juga masalah yang muncul pada smartphone Xiaomi  salah satunya adalah masalah HP Xiaomi yang cepat panas.

Bagi para Mi Fans mungkin pernah merasakan hal ini dan tentunya HP menjadi tidak nyaman untuk digenggam. Masalah panas yang terjadi di HP Xiaomi umumnya terjadi karena banyaknya aplikasi yang berjalan pada sistem sehingga memaksa prosesor untuk bekerja keras atau juga karena masalah baterai yang memang sudah saatnya diganti.

Nah biar lebih jelas, dalam artikel ini kita akan berikan beberapa tips untuk mengatasi hp Xaomi yang cepat panas.

Jangan Menggunakan Terlalu Banyak Aplikasi

Dengan banyaknya aplikasi menarik yang tersedia di Play Store, Anda mungkin tergiur untuk mendownloadnya ke HP Anda. Tapi tahukah Anda bahwa semakin banyak aplikasi yang terinstall di HP Anda maka semakin berat kerja dari CPU yang akibatnya HP menjadi overheat alias panas berlebih.

Sebaiknya gunakan aplikasi yang Anda perlukan saja. Hapus aplikasi yang tidak Anda gunakan lagi, karena beberapa aplikasi tetap berjalan dibelakang sistem, meskipun tidak Anda gunakan.

Matikan Fitur Yang Tidak Diperlukan

Terkadang kita tidak sadar menggunakan terlalu banyak fitur seperti Bluetooth, WiFi, Infrared, dan GPS. Dan masalahnya muncul ketika kita lupa menonaktifkannya setelah digunakan. Fitur-fitur seperti GPS cukup banyak memakan resource dan tentunya hal ini akan memperberat kinerja CPU HP Anda. Dampaknya tentu saja membuat HP Anda menjadi panas.

Nah, pastikan fitur-fitur seperti Wifi dan GPS dimatikan jika sedang tidak digunakan.

Jangan Gunakan HP Saat Dicharge

Salah satu kebiasaan yang paling sering dilakukan banyak orang yaitu menggunakan HP saat sedang dicharge. Kebiasaan ini sangat tidak dianjurkan, karena dapat mengurangi kinerja baterai HP karena adanya arus listrik yang keluar masuk dan HP menjadi cepat panas.

Jika Anda termasuk yang memiliki kebiasaan ini, mulai dari sekarang biasakan untuk tidak menggunakan HP saat dicharge. Biarkan baterai terisi penuh sebelum digunakan. Hal ini juga akan memperpanjang usia baterai tentunya.

Minimalkan Aktivitas Multitasking

Multitasking adalah melakukan banyak aktivitas dalam waktu yang bersamaan. Misalnya saja menggunakan aplikasi chat, sambil mendengarkan musik di MP3 player sementara aplikasi sosial media pun masih berjalan di belakang.

Nah, seperti yang sudah dijelaskan bahwa semakin banyak aplikasi yang berjalan pada sistem semakin berat kerja CPU dan akhirnya menyebabkan panas pada HP. Untuk itu, hindari membuka banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Lakukan aktivitas Anda ssatu persatu, jangan membuka terlalu banyak aplikasi di waktu yang sama.

Nah Mi Fans, itu dia beberapa tips yang mungkin bisa Anda coba untuk mencegah HP Xiaomi panas. Punya tips lain yang bermanfaat ? Silahkan bagi di kolom komentar.

Semoga bermanfaat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.