Line Video Call

Anda semua pasti merasa sangat kecewa ketika kamera Xiaomi gelap saat digunakan untuk video call. Padahal tujuan dari video call adalah agar dua atau lebih pengguna smartphone Xiaomi dapat saling bertatap muka. Ketika kamera depan menjadi gelap, tentu saja hal ini akan sangat mengganggu aktivitas video call itu sendiri. Lantas bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Daripada penasaran, sebaiknya Anda simak ulasan berikut ini.

Mengatasi Kamera Xiaomi yang Gelap saat Video Call

Kamera Xiaomi yang Gelap saat Video Call
Kamera Xiaomi yang Gelap saat Video Call

Sekedar informasi, apabila dibandingkan dengan merk smartphone yang lain, Xiaomi terkenal dengan kualitas kamera depan yang cukup baik. Terlebih harga yang dibandrol untuk tiap produk Xiaomi terbilang relatif terjangkau. Dengan bekal kamera depan Xiaomi yang jernih, seharusnya aktivitas video call tidak akan terganggu.

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi yang menawarkan fitur video call seperti Instagram, Whatsapp, Line, BBM, dan lain sebagainya. Dengan hanya bermodal paket data atau koneksi Wifi, Anda telah dapat melakukan panggilan video bersama teman atau keluarga.

Kembali pada masalah kamera Xiaomi gelap saat digunakan untu video call, pertama kali mengalaminya Anda mungkin heran. Pasalnya ketika digunakan untuk selfie, kondisi kamera depan tetap jernih. Namun ketika digunakan untuk melakukan video call, tiba-tiba kamera menjadi gelap. Untuk mengatasi hal tersebut, ada dua cara yang dapat dilakukan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Memperbaiki dengan Flashing

custom recovery TWRP
custom recovery TWRP

Cara pertama yang dapat Anda digunakan adalah dengan melakukan flashing pada aplikasi kamera smartphone Xiaomi Anda. Langkah-langkahnya terbilang sangat mudah sehingga Anda tak perlu lagi khawatir mengalami kondisi kamera gelap di tengah-tengah aktivitas video call. Caranya adalah:

  1. Download custom recovery TWRP. Ini adalah salah satu bahan yang harus Anda gunakan dalam mengatasi masalah kamera gelap saat video call. Untuk mendapatkan custom recovery TWRP, Anda dapat mencarinya di forum-forum yang membahas tentang smartphone Xiaomi.
  2. Download aplikasi untuk fiz kamera depan.
  3. Setelah itu, install file custom recovery TWRP pada smartphone Xiaomi Anda dan jalankan aplikasi tersebut.
  4. Selanjutkan, lakukan flashing dengan dua bahan tersebut, yakni custom recovery TWRP dan Fiz Kamera Depan. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Apabila sudah, maka restart smartphone Anda. Biasanya setelah melakukan langkah ini, maka kamera Xiaomi gelap saat digunakan untuk video call pun dapat diatasi.

Sekedar informasi, cara tersebut dilakukan tanpa menggunakan PC. Sedangkan apabila Anda ingin menggunakan PC dalam memperbaiki kamera depan yang rusak ketika video call, gunakan MiFlash untuk menghubungkan smartphone Xiaomi dengan PC kemudian lakukan flashing.

Memperbaiki Kamera Depan Khusus Aplikasi Line Video Call

Line Video Call
Line Video Call

Cara yang kedua ditujukan bagi pengguna Xiaomi yang ingin melakukan panggilan video memanfaatkan aplikasi Line. Jika dibandingkan dengan aplikasi seperti BBM dan whatsapp, panggilan video dengan aplikasi Line dapat dikatakan lebih berat. Jadi wajar saja apabila dampaknya pada kualitas kamera yang menurun ketika digunakan untuk video call. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuklah ke menu ‘setting’ atau pengaturan pada smarpthone Xiaomi Anda. Setelah itu, pergi ke menu aplikasi.
  2. Langkah berikutnya adalah memilih aplikasi Line yang Anda gunakan sebagai media panggilan video.
  3. Selanjutnya, pergilah ke menu ‘permission management’ yang terdapat pada aplikasi Line. Berikan tanda centang untuk bagian kamera.
  4. Kembalilah ke menu utama kemudian lakukan restart pada smartphone Xiaomi Anda.
  5. Kamera video call aplikasi Line pun telah kembali seperti semula.

Untuk cara yang satu ini, Anda juga dapat mencoba pada aplikasi serupa yang menawarkan fitur video call. Cara ini terbilang lebih efektif dan cepat dalam mengatasi permasalahan kamera Xiaomi yang gelap ketika digunakan untuk video call.

Sekedar saran, saat mengalami hal di atas, sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu permasalahan apa yang membuat kamera Xiaomi menjadi gelap ketika melakukan video call. Hal ini sebagai pertimbangan sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk flashing kamera. Semoga sedikit ulasan tentang kamera Xiaomi gelap saat digunakan untuk video call di atas bermanfaat bagi Anda.