Cleaner di App Security
Cleaner di App Security

Mengatasi memori internal Xiaomi penuh – Salah satu permasalahan yang umum terjadi di para pengguna smartphone Xiaomi adalah kapasitas memori internal yang kurang memadai. Beberapa tipe Xiaomi memang hanya memiliki memori internal yang kecil sehingga membatasi pengguna ketika hendak menginstall aplikasi. Bahkan kalaupun ada fasilitas memori eksternal, tetap saja dirasa kurang maksimal. Terkadang performa smartphone cenderung menurun akibat kemampuan memori yang tidak stabil dalam menyimpan file.

Sehingga salah satu jalan keluar yang bisa diambil adalah dengan membeli smartphone Xiaomi yang memiliki kapasitas memori internal besar. Tetapi sayangnya tipe seperti ini memiliki harga yang relatif lebih mahal.

Untuk itu bagi Anda yang memiliki smartphone Xiaomi dengan kapasitas memori internal hanya 8 atau 16GB, sebaiknya menggunakan cara lain guna mengakalinya. Dan agar lebih memudahkan Anda, pada ulasan kali ini kami akan memberi informasi seputar cara mengatasi memori internal Xiaomi penuh, berikut ulasannya.

Manfaatkan Cleaner di App Security

Cleaner di App Security
Cleaner di App Security

Security App yang disediakan oleh sistem MIUI Xiaomi adalah salah satu aplikasi paling efektif untuk menghapus sisah-sisah data yang tidak terpakai. Ketika Anda masuk ke aplikasi ini, maka Anda akan dihadapkan dengan tampilan yang menarik dan mudah dipahami. Setidaknya cukup dengan menekan tulisan ‘Optimize’ atau ‘Optimalkan’ maka secara otomatis sistem akan menyaring setiap data tak terpakai yang bisa dihapus.

Dengan aplikasi cleaner ini, para pengguna dapat membersihkan ruang penyimpanan agar lebih lega. Dan secara langsung hal ini akan berpengaruh pada jumlah memori internal yang terpakai. Setidaknya ada lebih banyak sisah memori yang bisa digunakan setelah Anda mengoptimalkannya menggunakan App Security. Jika Smartphone Xiaomi Anda tidak memiliki app security Anda bisa menggunakan 360 app security dari Playstore.

Bahkan Anda juga bisa memilih data atau aplikasi apa saja yang akan dihapus. Setelah proses scanning Anda bisa memilih apakah ada beberapa file yang sekiranya tak terpakai dan ingin dihapus. Biasanya hal ini secara otomatis akan ditampilkan dengan beberapa kategori, seperti misalnya kategori foto duplikat yang sama dan foto yang terpotret dengan tidak sengaja.

Jangan Simpan / Download Video di Aplikasi Youtube

Sekarang ini Youtube sudah hadir dengan menawarkan kemudahan bagi para pengguna dari segi unduhan file. Kita bisa mengunduh berbagai file video untuk kemudian dimainkan secara offline. Tapi perlu diketahui bahwa setiap video yang diunduh melalui aplikasi Youtube, akan memakan kapasitas memori internal kita.

Youtube Offline
Youtube Offline

Walaupun secara langsung file video tersebut tidak tersimpan di file manager, tetapi kapasitas memori internal tetap akan berkurang seiring dengan besaran file video yang tersimpan. Oleh karena itu apabila Anda ingin memanfaatkan fitur tersebut, maka sebaiknya segera tonton videonya dan hapus dari daftar unduhan. Dengan cara ini, memori internal akan tetap aman dan kinerja smartphone juga tidak terlalu berat.

Bersihkan Cache

Ketika Anda membuka sebuah aplikasi, maka aplikasi tersebut akan meninggalkan cache sebagai penyimpanan data agar aplikasi tidak tertutup dan terus berjalan walau di latar belakang. Dan jika Anda merasa kinerja smartphone semakin lemot, maka bisa jadi hal itu dikarenakan cache yang terlalu banyak. Untuk itu bersihkan cache dengan cara pergi ke ‘setting’ lalu pilih ‘installed aplication’.

Bersihkan Cache
Bersihkan Cache

Setelah itu akan tersedia kolom yang berisikan data dari seluruh aplikasi. Cukup pilih aplikasi apa saja yang sekiranya cukup berat dan klik pada tulisan ‘bersihkan cache’. Jika sudah, aplikasi pun akan terbebas dari cache dan kinerja smartphone bisa lebih maksimal.

Hapus Aplikasi Bawaan dari Xiaomi

Hapus Aplikasi Bawaan xiaomi
Hapus Aplikasi Bawaan xiaomi

Ketika Anda membeli smartphone baru, maka didalamnya akan tersedia cukup banyak aplikasi. Akan tetapi tidak semua aplikasi tersebut cocok untuk digunakan semua orang. Oleh karena itu pilihlah aplikasi yang tidak pernah terpakai dan uninstall aplikasi tersebut.

Setidaknya hal ini tidak akan berpengaruh pada sistem MIUI karena tidak ada peraturan khusus terkait dengan penghapusan aplikasi bawaan. Jika diperlukan lakukan root untuk dapat menghapus aplikasi Anda, dengan catatan jika smartphone Xiaomi Anda sudah tidak lagi bergaransi. Nah jika sudah dihapus, maka bandingkan hasil kapasitas memori internalnya, apakah lebih banyak sebelum atau sesudah dijemur.

Nah, demikianlah ulasan yang bisa kami bagikan seputar cara mengatasi memori internal Xiaomi penuh. Bila Anda memiliki permasalahan yang sama, maka tidak ada salahnya untuk mencobanya. Selamat mencoba!