Aplikasi Mi Remote
Aplikasi Mi Remote

Cara Mengatasi Mi Remote Tidak Berfungsi – Salah satu fitur yang membedakan Xiaomi dengan merk lain adalah kehadiran aplikasi Mi Remote yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari kita. Jika biasanya kita harus membeli baterai remote secara berkala, dengan Mi Remote hal itu tidak perlu dilakukan lagi.

Mi Remote juga sangat praktis karena ia bisa digunakan untuk berbagai jenis barang elektronik seperti TV, AC, kipas angin, proyektor, DVD player, sound, kamera, dan sebagainya. Jadi, anda tidak perlu lagi menggunakan banyak remote untuk mengontrol barang elektronik dirumah. Yang menjadi permasalahan, bagaimana jika tiba-tiba aplikasi Mi Remote tidak berfungsi sedangkan anda ingin menyalakan AC sembari menonton program televisi kesayangan anda. Tidak usah khawatir! Ada cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya. Berikut cara mengatasi Mi Remote tidak berfungsi:

Penyebab Mi Remote Tidak Berfungsi

Aplikasi Mi Remote
Aplikasi Mi Remote

Sebelum mengulas bagaimana cara mengatasi Mi Remote tidak berfungsi, sebaiknya anda mengetahui dulu apa saja penyebabnya. Inilah hal-hal yang bisa menyebabkan aplikasi serbaguna itu tidak bekerja:

  1. Terjadi Kerusakan Pada Infrared

Penyebab paling umum tidak berfungsinya Mi Remote adalah adanya kerusakan pada Infrared. Kerusakan pada infrared sendiri bisa terjadi karena banyak hal, misalnya karena terlalu sering jatuh sehingga hardware mengalami eror dan tidak menutup kemungkinan juga mempengaruhi sistem infrared. Oleh karena itu, selalu berhati-hatilah dalam menggunakan ponsel.

Letak infrared biasanya berada dibagian atas atau bawah bodi handphone, tepatnya berdekatan dengan konektor headset. Kerusakan pada infrared umumnya ditandai dengan tidak meresponnya benda yang dituju ketika Mi Remote mencoba mengaktifkannya.

  1. Tidak Ada Koneksi Internet

Penyebab lain tidak berfungsinya Mi Remote adalah tidak adanya koneksi internet yang tersambung pada ponsel Xiaomi anda. Ini dikarenakan sistem aplikasi Mi Remote sendiri yang kinerjanya mengandalkan jaringan internet. Jadi, jika Mi Remote anda tiba-tiba tidak berfungsi, cobalah cek koneksi internetnya, apakan tersambung atau tidak. Jika data internet anda habis, yah segera isi ulang agar AC dirumah cepat menyala.

Cara Mengatasi Mi Remote Tidak Berfungsi

Mi remote tidak berfungsi
Mi remote tidak berfungsi

Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan ketika mendapati aplikasi Mi Remote tidak berfungsi. Berikut cara-caranya:

  1. Bersihkan Infrared

Seperti yang telah disebutkan diatas, salah satu hal yang menyebabkan Mi Remote tidak berfungsi adalah adanya kerusakan pada infrared. Jadi, untuk mengatasinya tidak ada salahnya jika mencoba untuk membersihkan bagian depan infrared tersebut. Siapa tahu ada kotoran yang menghalangi sinar infrared sehingga sistemnya tidak bekerja.

  1. Periksa Pengaturan Permission

Cara berikutnya adalah memeriksa pengaturan permission dari aplikasi Mi Remote itu sendiri. Cara ini dilakukan apabila anda tidak bisa menambah remote lagi seperti sebelumnya. Hal ini biasanya disebabkan karena Mi Remote tidak bisa mengakses internet sedangkan ia membutuhkan koneksi internet saat penambahan remote. Oleh karena itu, anda harus masuk ke menu keamanan kemudian pilih penggunaan data dan jangan lupa pilih batasi penggunaan data. Disana anda akan menemukan berbagai aplikasi yang terpasang di ponsel. Carilah aplikasi Mi Remote dan ceklis agar ia bisa mengakses jaringan internet baik dari WiFi maupun data seluler.

  1. Hapus Cache

Tidak berfungsinya Mi Remote juga bisa disebabkan oleh cache yang memenuhi ponsel Xiaomi anda. Tentu saja ini membuat ponsel menjadi berat karena dipenuhi oleh sampah sehingga performanya terganggu. Jadi, hapuslah cache atau sampah pada ponsel. Caranya cukup mudah, pergi saja ke menu “pengaturan” lalu masuk ke menu “aplikasi terinstal”. Setelah itu pilih Mi Remote dan tap menu “Hapus Cache”.

  1. Update Aplikasi Mi Remote

Jika Mi Remote anda masih eror, cobalah untuk mengupdatenya. Aplikasi yang terlalu usang biasanya dipenuhi dengan bug. Oleh karena itu, anda butuh versi Mi Remote terbaru agar ia berfungsi lagi. Anda bisa melakukan update Mi Remote melalui Play Store.

  1. Periksa Merk Perangkat Elektronik Anda

Cara terakhir yang harus anda lakukan adalah mengecek merk perangkat elektronik yang ingin disambungkan dengan Mi Remote. Faktanya, tidak semua merk perangkat elektronik cocok dengan Mi Remote sehingga ia tidak berfungsi. Jadi, kalau tidak cocok sebaiknya anda menggunakan remote yang lain.

Demikianlah cara mengatasi Mi Remote tidak berfungsi. Jangan pantang menyerah jika ada sesuatu yang tidak berfungsi. Kenali penyebabnya dan temukan solusinya.

 

Referensi:

  1. http://www.sarilah.biz/2017/08/cara-mengatasi-mi-remote-yang-tak.html
  2. https://ponselcommunity.com/cara-mudah-menggunakan-aplikasi-mi-remote-di-xiaomi/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.