accelometer app
accelometer app

Cara Mengatasi Rotasi Xiaomi yang Error – Setiap fitur yang terdapat pada ponsel tentu bertujuan untuk mempermudah para pengguna selama mengoperasikannya. Salah satunya adalah fitur rotasi yang mungkin bagi sebagian orang tidak terlalu penting.

Tetapi, bagi orang yang gemar bermain game atau menonton video, fitur ini sangat berguna agar tampilan layar menjadi potrait. Pada smartphone Xiaomi sendiri, fitur ini mampu bekerja secara otomatis. Ia mampu mendeteksi dengan sensor accelerometer yang sudah terpasang pada perangkat dan bekerja untuk mengenali gerakan tangan anda. Jadi, ketika anda membalikan ponsel, otomatis layar akan berputar pula. Lalu bagaimana jika fitur rotasi tersebut tidak berfungsi? Tidak usah panik, lakukan beberapa cara mengatasi rotasi Xiaomi yang error seperti dibawah ini:

1. Cek Sensor Accelerometer

accelometer app
accelometer app

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, rotasi otomatis bekerja sama dengan sensor accelerometer. Jadi jika ia tiba-tiba error, tidak  ada salahnya jika kalian mengeceknya untuk memastikan apakah sensor accelerometer masih berfungsi dengan baik atau tidak. Anda cari saja aplikasi accelerometer pada folder tools lalu buka dan lakukan pengecekan.

2. Bersihkan Cache Pada Ponsel

Cara mengatasi rotasi xiaomi yang eror juga bisa dilakukan dengan menghapus cache dari ponsel Xiaomi kesayangan anda. Anda juga harus menghapus history tasking dari ponsel. Karena Xiaomi sudah memasang aplikasi pembersih virus sekaligus pembersih file sampah, anda tidak perlu menginstal aplikasi lain untuk membersihkan ponsel. Cukup buka aplikasinya dan sentuh menu bersihkan dan ponsel pun akan terasa ringan.

bersihkan cache xiaomi
bersihkan cache xiaomi

Sebenarnya aplikasi pembersih bawaan Xiaomi ini selalu memberikan notofikasi jika ponsel sudah mulai penuh dengan sampah. Jadi kuncinya adalah jangan malas untuk membersihkan ponsel dari dalam karena menurunnya performa ponsel bisa jadi disebabkan oleh menumpuknya file sampah. Termasuk juga errornya rotasi otomatis pada Xiaomi.

3. Lakukan Reboot System

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah mereboot ponsel Xiaomi anda. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan yang biasa terjadi pada smartphone, termasuk rotasi otomatis yang error. Matikan ponsel dan lepaskan SIM Card serta SD Card dari perangkat. Jika ponsel Xiaomi anda masih menggunakan baterai yang bisa dilepas, maka copot juga baterainya.

reboot system
reboot system

Setelah semuanya dilepas, diamkan ponsel Xiaomi beberapa saat lalu pasang kembali semua komponen yang dilepas tadi. Hidupkan kembali ponsel Xiaomi anda dan tunggu hingga sistem operasi berjalan dan siap untuk digunakan. Cara ini juga berfungsi untuk menghapus file sampah pada perangkat.

4. Pasang Aplikasi Pihak Ketiga

Jika rotasi otomatis masih juga tidak berfungsi dengan baik, mungkin anda harus mencoba memperbaikinya dengan melibatkan aplikasi pihak ketiga. Anda bisa mencari aplikasi pengontrol rotasi di Google Playstore. Disana banyak sekali aplikasi yang bisa anda pilih. Salah satu yang kami rekomendasikan adalah aplikasi bernama Ultimate Rotation Control. Aplikasi ini bekerja untuk memakasa perangkat anda agar berotasi ketika sedang error. Dengan memasang aplikasi ini, ponsel Xiaomi anda tetap bisa berotasi meskipun terjadi error pada rotasi otomatis. Aktivitas nonton film dan bermain game anda dijamin tidak akan terganggu lagi.

5. Kembalikan Ponsel ke Pengaturan Pabrik

Alternatif lain yang bisa anda lakukan adalah dengan mengembalikan pengaturan ponsel Xiaomi ke Pengaturan Pabrik atau Factory Reset. Jadi, ponsel Xiaomi anda akan kembali ke pengaturan saat ponsel diluncurkan. Aplikasi yang terpasang dan juga file-file yang tersimpan pada memori internal pun akan hilang. Oleh karena itu, lakukan cara ini jika memang cara-cara lain tidak berhasil untuk memperbaiki rotasi otomatis Xiaomi yang error. Berita baiknya adalah dengan melakukan factory reset, ponsel Xiaomi anda akan terasa seperti baru dan biasanya lebih lancar untuk dioperasikan.

Kembali Pengaturan Pabrik
Kembali Pengaturan Pabrik

Demikianlah 5 cara mengatasi rotasi Xiaomi yang eror. Kebanyakan kasus rotasi otomatis disebabkan oleh seringnya anda memodifikasi spesifikasi ponsel Xiaomi dimana anda harus melakukan root. Proses rooting diindikasi bisa menyebabkan kerusakan pada sensor accelerometer yang tentunya akan mempengaruhi kinerja rotasi. Oleh karena itu, jangan terlalu sering mengoprek perangkat karena risikonya banyak sekali.