Upgrade System xiaomi
Upgrade System xiaomi

Mengatasi Touchscreen Xiaomi Kurang Responsive – Touchscreen merupakan salah satu komponen yang sangat berperan penting dalam pengoperasian smartphone. Oleh karena itu, banyak orang memutuskan untuk memasang screen protector pada layar smartphone mereka semata-mata untuk menjaganya dari hal-hal yang dapat mengganggu performa smartphone secara keseluruhan.

Menanggapi hal ini, Xiaomi sebagai vendor smartphone paling laris pun mengusung teknologi gorilla skin guard pada beberapa layar ponsel teranyarnya. Tetapi jika ditelisik lebih jauh, touchscreen yang kurang sensitif dapat disebabkan banyak faktor. Pemasangan screen protector justru menjadi salah satu penyebabnya. Lalu, apa yang semestinya dilakukan jika ponsel Xiaomi anda mengalami hal ini? Berikut akan kami bagika cara mengatasi touchscreen Xiaomi kurang responsive:

1. Upgrade System

Cara mengatasi touchscreen Xiaomi kurang responsive yang pertama adalah dengan mengupgrade system. Touchscreen yang kurang responsive bisa saja disebabkan oleh OS MIUI yang terlalu lawas sehingga perlu diperbaharui ke versi yang lebih baru. Dalam hal ini pastikan ROM yang digunakan pada ponsel Xiaomi anda adalah ROM bergaransi resmi dan bukan distributor.

Upgrade System xiaomi
Upgrade System xiaomi

Karena, mayoritas ponsel Xiaomi dengan ROM dari distributor tidak bisa melakukan update system atau bahkan mengalami kerusakan system jika dipaksakan. Maka dari itu, sebaiknya anda berhati-hati ketika hendak membeli ponsel Xiaomi yang bergaransi distirbutor. Jangan mudah tergiur oleh penawaran harga yang lebih murah karena jika ada kerusakan dikemudian hari, anda tidak akan mendapat layanan servis dari pihak distributor. Pastikan Anda membelinya di gerai Xiaomi resmi.

2. Kencangkan Konektor Touchscreen

Salah satu penyebab touchscreen pada ponsel Xiaomi kurang responsive adalah kurang kencangnya konektor touchscreen itu sendiri. Solusi yang tepat untuk mengatasinya tentu saja dengan mencoba mengencangkannya. Untuk melakukannya, anda harus mengetahui terlebih dahulu letak konektor touchscreen ponsel anda. Anda bisa mencarinya di internet. Setelah anda mengetahuinya, cobalah tekan dengan jempol tanpa membongkar bodi ponsel. Jika cara ini tidak bekerja, barulah anda coba membuka backcover ponsel Xiaomi kalian. Namun, jika anda takut akan terjadi kerusakan yang lebih parah, sebaiknya anda meminta bantuan sang ahli ponsel.

3. Pasang Aplikasi Pihak Ketiga

Mengatasi touchscreen Xiaomi tidak responsive juga bisa dilakukan dengan melibatkan aplikasi pihak ketiga. Anda bisa mencoba mencarinya di Google Play Store karena disana banyak sekali aplikasi yang bisa anda pilih. Salah satu aplikasi terbaik yang kami rekonmendasikan adalah SGS Touchscreen Booster.

SGS Touchscreen Booster android
SGS Touchscreen Booster android

Aplikasi ini cukup ringan dan juga mudah untuk dioperasikan. Ia mampu meningkatkan layar sentuh ponsel Xiaomi anda karena ada menu preset seperti slower, default, optimized, super optimized dan custom yang bisa anda pilih. Lalu, anda harus menceklis menu start service on boot kemudian sentuh apply changes. Cukup mudah, bukan?

4. Hapus File Sampah dari Ponsel Xiaomi

Touchscreen kurang sensitive bisa juga disebabkan oleh menumpuknya file sampah pada ponsel Xiaomi anda sehingga ruang penyimpanan menjadi penuh dan kinerja ponsel menjadi lamban. Tentu saja ini mempengaruhi performa touchscreen. Maka dari itu, jangan biarkan file sampah memenuhi ponsel. Bersihkanlah secara berkala agar performa ponsel tetap stabil. Cara membuang file sampah pada ponsel Xiaomi juga tidak sulit karena sang perancang sudah membekali produk buatannya dengan aplikasi pembersih. Jadi, ketika ada notifikasi jika ruang penyimpanan penuh dengan file sampah, jangan diabaikan.

5. Lakukan Kalibrasi

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan kalibrasi. Cara ini banyak digunakan untuk mengatasi permasalah touchscreen kurang sensitive. Untuk melakukannya, anda bisa langsung masuk ke menu pengaturan, lalu masuk ke menu display dan carilah opsi kalibrasi. Setelah berhasil masuk ke menu kalibrasi, silahkan ketik #*#2664#*#*. Setelah itu, akan muncul pemberitahuan mengenai tingkat sensitivitas ponsel Xiaomi anda. Jika memang level sensitivitas ponsel anda rendah, sebaiknya anda mengganti LCDnya.

Tes Kalibrasi layar
Tes Kalibrasi layar

Itulah 5 cara mengatasi touchscreen Xiaomi kurang responsive. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mencoba mengurangi skala animasi  layar ponsel Xiaomi anda pada menu pengaturan, atau melepas screen protector yang menempel pada layar lalu menggantinya dengan tempered glass yang lebih tahan banting untuk melindungi layar ponsel dari kerusakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.