Xiaomi Tidak Bisa Konek Wifi
Xiaomi Tidak Bisa Konek Wifi

Cara mengatasi Xiaomi tidak bisa konek Wifi – Tidak di ragukan lagi, Xiaomi kini telah menjadi hape dengan pengguna yang cukup banyak di Indonesia. bahkan dalam beberapa kuartal, penjualan Xiaomi di Indonesia mampu mengalahkan brand-brand kenamaan yang lebih dahulu muncul. Hal tersebut tidak lain adalah karena Xiaomi selalu terkenal mengeluarkan produk-produk hape dengan harga miring namun spesifikasi tinggi. Strategi tersebut masih di ilhami oleh Xiaomi hingga sekarang setelah terbukti ampuh memenangkan pangsa pasar di Indonesia.

Xiaomi Tidak Bisa Konek Wifi
Xiaomi Tidak Bisa Konek Wifi

Namun tak jarang, Xiaomi sebagai sebuah hape biasa terkadang juga memiliki masalah. Ada banyak keluhan yang datang atas produk hape Xiaomi sendiri. salah satunya adalah masalah fitur Wifi yang tidak bisa tersambung dengan hotspot sekitar. Ada beberapa cara yang patut kamu coba sebelum memastikan Wifi pada Xiaomi kamu benar-benar rusak karena masalah hardware. Nah, jika kamu salah satunya, maka dibawah ini adalah beberapa cara mengatasi Xiaomi tidak bisa konek Wifi.

Nyalakan lalu Matikan Wifi

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat Xiaomi kamu tidak bisa tersambung dengan Wifi adalah dengan menyalakan dan mematikan Wifi. Hal tersebut penting karena Wifi pada hape akan kembali mencari hotspot yang tersedia dan mendapatkan IP adress kembali. Biasanya ketika Wifi susah tersambung, cache atau sampah dari sambungan Wifi lama masih menumpuk. Akibatnya, hape akan susah membaca IP baru dari hotspot yang akan di sambungkan. Kamu bisa mencoba mengulangi langkah di atas hingga beberapa kali hingga Wifi berhasil tersambung.

Bersihkan Cache dan Restart Hape

Seperti sudah kamu ketahui, sering kali saat menggunakan hape, ada data-data cache yang tertimbun di dalamnya. Memang cache tersebut digunakan untuk mengoptimalkan kinerja dari hape itu sendiri. Namun saat cache memenuhi memori, Wifi akan sulit untuk menemukan IP adress pada satu hotspot. Kamu bisa terlebih dahulu membersihkan cache pada hapemu dengan membuka pengaturan dan masuk ke menu pilihan penyimpanan. Hapus semua cache yang ada kemudian restart hapemu. Setelah menyala, kamu Ida mencoba menyambungkan kembali Wifi nya.

Periksa Mode Power Saving

Mode Power saing digunakan untuk menghemat penggunaan baterai pada hape. Sering kali fitur ini akan mematikan atau menonaktifkan beberapa fungsi hape seperti data seluler, juga Wifi. Nah, kamu bisa cek terlebih dahulu apakah Xiaomi kamu masih dalam mode Power saing atau tidak. Jika iya, kamu bisa mematikan fitur ini dengan menarik toggle pada layar sebelah atas lalu mematikan ikon berbentuk hape dengan anak panah di dalamnya. Setelah itu coba kamu nyalakan kembali Wifinya.

Akses Kode Tersembunyi pada Hape

Jika permasalahan kamu adalah Wifi pada Xiaomi tidak mau menyala, maka yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengakses kode tersembunyi yang terdapat pada setiap hape keluaran Xiaomi. Kamu bisa membuka menu panggilan dan menuliskan kode *#*#526#*#*. Setelah menu pilihan muncul, pilihlah menu Wifi dan jangan lupa untuk pilihan memperbarui jaringan. Setelah semua pengaturan lengkap, kamu arus menunggu terlebih dahulu beberapa saat. Kemudian restart hape untuk melihat apakah Wifi sudah bisa dinyalakan kembali.

Masuk ke Sistem

Jika kedua cara di atas masih belum bisa untuk mengaktifkan Wifi pada xiaomi, maka cara mengatasi Xiaomi tidak bisa konek Wifi selanjutnya adalah dengan masuk ke sistem hape. Untuk masuk ke sistem, pertama-tama kamu perlu mengunduh aplikasi bernama Root Explorer dari Google Play. Setelah terinstal, kamu bakal memiliki akses ke seluruh sistem di dalam hapemu. Buka aplikasi tersebut dan temukan folder Wifi pada System/etc/adi. Pastekan kode WCNSS_qcom_cfg pada folder tersebut. Setelah itu kamu perlu merestart hapemu dan Wifi bisa kamu cek lagi apakah sudah bisa menyala atau belum.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi Xiaomi tidak bisa konek Wifi. Kamu bisa mencobanya terlebih dahulu. Jika memang masalah Wifi hanya ada pada software, maka cara-cara di atas akan sangat membantu kamu. Tapi jika Wifi tetap tidak mau menyala atau tidak mau terhubung, mungkin permasalahan sudah ada pada kerusakan hardware. Jika seperti itu, maka kamu harus segera membawa Xiaomi kamu ke Authorized Center Xiaomi terdekat.