Warna Lampu Notifikasi Xiaomi
Warna Lampu Notifikasi Xiaomi

Cara mengganti warna lampu notifikasi Xiaomi – Xiaomi merupakan vendor smartphone peringkat keempat teratas di Asia. Hal ini dikarenakan  perusahaan tersebut yang lebih fokus pada kualitas dan fitur yang sangat inovatif. Salah satu fitur andalan Xiaomi tersebut adalah lampu notifikasi pada bagian atas layar. Lampu notifikasi ini akan aktif dan berkedip apabila ada pesan atau pemberitahuan lain yang muncul seperti update aplikasi, email masuk, game, active charging dan lainnya.

Lampu yang ditampilkan pun berbeda- beda, tergantung notifikasi apa yang muncul dalam smartphone Anda. Misalnya jika notikasi Whatsapp muncul maka lampu LED-nya akan berwarna hijau, kemudian biru untuk facebook, merah untuk charging, dan banyak lainnya. Terlebih lagi, ternyata warna lampu notifikasi ini dapat diubah sesuai selera lho! Bagaimana cara mengganti warna lampu notifikasi Xiaomi? Mari kita lihat ulasannya di bawah ini.

Tutorial Mengganti Warna Lampu Notifikasi Xiaomi

Warna Lampu Notifikasi Xiaomi
Warna Lampu Notifikasi Xiaomi

Cara mengganti warna lampu notifikasi Xiaomi tidaklah sulit dan tidak membutuhkan persayaratan khusus seperti root, memakai ROM khusus, pasang TWRP 1, atau lainnya.

  1. Buka Menu Setting Smartphone Xiaomi Anda

Fitur- fitur dari pihak Xiaomi selalu terletak di menu setting dan tanpa memerlukan pihak ketiga.

  1. Pilih Menu General

Setelah berhasil membuka menu setting, silahkan Anda scroll ke bagian bawah dan temukan menu selanjutnya yakni “general”.

  1. Pilih Menu Notification Light
  2. Pilih Salah Satu Menu Dalam Pilihan Warna Notification Light

Langkah selanjutnya yakni mengganti lampu LED notifikasi sesuai yang Anda inginkan seperti LED untuk panggilan, notifikasi biasa, SMS atau lainnya,

  1. Pilih Salah Satu Warna Yang Cocok Untuk Notifikasi Anda

Anda dapat memilih warna yang disukai dengan pilihan warna merah, biru, hijau, kuning, putih, cyan dan violet.

Mengganti Warna Lampu Notifikasi Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Ternyata ada aplikasi  pihak ketiga gratis yang dapat mengganti warna lampu notifikasi Xiaomi. Aplikasi tersebut adalah Light Flow. Jika Anda tertarik dengan aplikasi ini, Anda bisa simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pastikan Anda memiliki koneksi Internet dan ruangan penyimpanan internal yang cukup.
  2. Buka Google Playstore lalu temukan aplikasi bernama Light Flow.

Aplikasi ini biasanya langsung muncul di bagian teratas Google Player.

  1. Instal aplikasi tersebut.

Download dan instal aplikasi Light Flow dengan kapasitas memori internal yang masih tersedia.

  1. Setelah proses instalasi selesai, aplikasi ini akan meminta persetujuan di accessibility service untuk dapat melakukan pelayanannya, terima saja semuanya.
  2. Setelah aplikasi tersebut terinstal, bukalah aplikasinya dan rasakan kerennya aplikasi ini. Aplikasi ini dapat mengkonfigurasi segala peraturan yang berbeda seperti mengatur durasi cahaya LED, kecepatan flash LED, dan lainnya.

Mengatasi Lampu Notifikasi Tidak Menyala

Apabila lampu notifikasi Xiaomi Anda tidak menyala atau sering mati, maka cobalah beberapa tips di bawah ini untuk mengatasinya.

  1. Non-aktifkan Mode Hemat Daya

Mode Hemat Daya dapat menjadi salah satu faktor penyebab lampu notifikasi smartphone Xiaomi tidak aktif. Cara untuk mengatasinya adalah dengan masuk ke menu Pengaturan Xiaomi dan pilih bagian Baterai dan Performa. Lalu pilih menu pengelola penggunaan baterai aplikasi dan non-aktifkan fitur mode hemat daya tersebut.

  1. Mode Hemat Daya Terbatas

Cara yang satu ini hampir sama dengan yang pertama, namun disini Anda tidak perlu menonaktifkan mode hemat daya. Yang perlu Anda lakukan hanya memberi limitation atau pembatas pada mode hemat daya untuk tetap menjalankan fitur lampu notifikasi.

  1. Mengaktifkan Pengaturan Lampu Notifikasi Secara Manual

Nah, apabila kedua cara tersebut belum berhasil, maka kemungkinan lain penyebab lampu notifikasi Xiaomi Anda tidak menyala adalah karena pengaturan untuk lampu LED notifikasinya belum diaktifkan. Cara untuk mengaktifkannya adalah dengan membuka menu Pengaturan, kemudian pilih menu setelan tambahan dan aktifkan fitur Kedipkan lampu notifikasi.

Demikian artikel mengenai cara mengganti warna lampu notifikasi Xiaomi. Fitur lampu LED ini tentunya berguna untuk mengetahui setiap notifikasi yang muncul di smartphone Xiaomi Anda tanpa harus susah payah membuka kunci dan layar terlebih dahulu.