Kamera Bokeh Xiaomi
Kamera Bokeh Xiaomi

Cara Menggunakan Kamera Bokeh Xiaomi – Efek Bokeh saat ini tengah digemari banyak orang. Kesan dramatis yang dihasilkannya memang menakjubkan. Cocok sekali untuk menghiasi ­feed media sosial anda. Jika dulu menghasilkan foto dengan latar belakang blur hanya bisa dilakukan dengan kamera DSLR dan butuh keahlian mumpuni agar hasilnya memuaskan, sekarang sudah banyak vendor smartphone yang mengusung fitur ini dalam produknya.

Salah satunya adalah vendor smartphone yang tengah naik daun, Xiaomi. Vendor asal tiongkok ini memperkenalkan fitur dual kamera yang mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh pada beberapa ponsel terbarunya seperti Redmi Note 5 Pro, Mi A2, Mi 8, Redmi 6, dan sebagainya. Lalu, bagaimana cara menggunakan kamera bokeh Xiaomi agar gambar yang dihasilkan maksimal? Simak beberapa hal berikut ini:

Cara menggunakan Kamera Bokeh Xiaomi

Kamera Bokeh Xiaomi
Kamera Bokeh Xiaomi
  1. Tentukan Objek

Untuk memotret tentu saja anda membutuhkan objek yang akan dibidik. Jadi, yang pertama harus anda lakukan adalah menentukan objek. Usahakan agar objek tidak terlalu besar. Anda bisa menyiasatinya dengan mengatur jarak kamera dengan objek. Kebanyakan foto dengan efek bokeh yang bagus dipotrer dari jarak maksimal 1 meter. Tetapi, prinsipnya adalah semakin kecil objek yang dibidik, maka harus semakin dekat jaraknya dari kamera.

  1. Potret dengan Kamera Utama

Jika objek sudah ditemukan, anda bisa langsung memotretnya. Buka kamera utama pada ponsel Xiaomi anda. Lalu, sentuh pada objek yang ingin difokuskan sehingga sisanya menjadi blur. Jika sudah mendapatkan angle yang bagus dan objek sudah terfokuskan, anda bisa langsung memotretnya. Jangan biarkan ponsel goyang sehingga posisi kamera tidak stabil karena itu akan membuat hasilnya tidak maksimal. Untuk mencegah hal ini terjadi, anda bisa menahan nafas sejenak saat anda mengambil foto dan jangan buru-buru bergerak saat gambar sudah terambil.

Tips Memotret Dengan Kamera Bokeh Xiaomi

Untuk lebih meningkatkan kualitas foto anda, kami akan berikan beberapa tips yang bisa kalian terapkan ketika memotret dengan kamera bokeh Xiaomi. Berikut ulasannya:

  1. Perhatikan Pencahayaan

Cahaya yang sempurna akan membuat foto yang anda jepret menakjubkan. Oleh karena itu, sebelum memotret, alangkah lebih baiknya jika anda mempertimbangkan pencahayaan pada objek. Usahakan objek terkena cahaya yang cukup dan merata. Jika anda ingin berswafoto dengan efek bokeh, anda bisa mencoba menggunakan fitur smart selfi lighting agar anda mendapatkan pencahayaan terbaik.

Jika kondisi lingkungan dan waktu tidak mendukung anda untuk mendapatkan pencahayaan yang baik, anda juga bisa mengaktifkan fitur HHT mode yang disedikan kamera bokeh Xiaomi. Fitur ini berfungsi untuk mengambil gambar yang berada di lokasi minim cahaya secara berurutan, lalu mengoptimalkan hasilnya. Untuk mengaktifkan fitur ini, anda pilih menu mode saat kamera aktif lalu sentuh HHT.

  1. Manfaatkan Fitur AI Potarit

Kamera bokeh Xiaomi ditenagai oleh teknologi AI Potrait. Akan tetapi, jika anda tahu, fitur ini tidak hanya berfungsi untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh secara otomatis. Ia juga mempunyai fitur lain seperti fitur AI adjustable bokeh membuat anda dapat mengatur tingkat kebokehan dari foto. Sementara AI dynamic membantu anda untuk menyetel bentu cahaya bokeh serta AI studio lighting dapat menjadikan latar foto anda gelap layaknya seperti studio foto profesional.

  1. Perhatikan Bukaan Lensa

Hal lain yang perlu anda ketahui adalah bagaimana bukaan lensa bekerja, semakin cepat bukaan lensa maka efek bokeh yang dihasilkan akan lebih maksimal. Kamera pada perangkat Xiaomi sendiri rata-rata memiliki f/1.4 yang artinya sudah cukup ideal untuk menghasilkan foto bokeh yang baik.

  1. Manfaatkan Fitur Mode Straighten

Untuk mempercantik hasil jepretan anda, aktifkan fitur mode straighten agar foto menjadi simetris. Untuk mengaktifkan fitur ini, anda harus masuk ke menu mode ketika layar kamera terbuka, lalu pilih menu straighten. Dijamin, foto jepretanmu akan sangat instagramable.

Itulah cara menggunakan kamera bokeh Xiaomi yang bisa anda aplikasikan saat memotret. Perlu diketahui juga jika kamera bokeh Xiaommi juga sudah dilengkapi dengan fitur beutify yang akan mempercantik wajah anda meskipun tidak menggunakan makeup.