kartu Smartfren
kartu Smartfren

Smartfren merupakan salah satu penyedia layanan internet service provider (ISP) berbasis CDMA yang populer di Indonesia. Popularitas yang diraih Smartfren tidak terlepas dari teknologi jaringan 4G LTE yang diusungnya. Jaringan 4G LTE sendiri adalah sistem koneksi internet nirkabel tercepat di Indonesia saat ini. Penawaran akses internet dengan kecepatan tinggi tentu membuat semua orang penasaran untuk mencobanya termasuk para Mi fans.

Manfaat penggunaan kartu Smartfren pada smartphone

Disamping akses internet yang berkecepatan tinggi, ada beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari penggunaan kartu CDMA ini. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah memperoleh gratis kuota internet dan bonus aktivasi. Layanan gratis kuota internet yang bisa Anda nikmati diantaranya  adalah bonus aktivasi 3 GB dan isi ulang pertama10 GB.

kartu Smartfren
kartu Smartfren

Tidak hanya itu, Smartfren juga menyediakan akses gratis internet 2 GB setiap bulannya. Semua layanan gratis kuota internet ini bisa dinikmati sebulan selama 24 jam penuh. Sementara itu, khusus untuk bonus aktivasi bisa Anda terima setelah melakukan isi ulang minimal Rp 60.000,00. Jumlah kuota internet bonus aktivasi yang diberikan adalah sebesar 2GB.

Akan tetapi, perlu Mi fans ketahui bahwa tidak semua ponsel Xiaomi dapat menggunakan kartu smartfren. Hal ini dikarenakan Xiaomi merupakan smartphone yang identik dengan layanan ISP GSM bukan CDMA. Namun, ada beberapa tipe produk ponsel Xiaomi yang bisa menggunakan kartu smartfren seperti Redmi Note 3 Pro dan Redmi Note 4X. Apabila smartphone tipe tersebut Mi fans miliki, maka perhatikan cara menggunakan kartu Smartfren di HP Xiaomi berikut ini.

Tutorial penggunaan kartu Smartfren di smartphone Xiaomi

Smartfren di Kartu Xiaomi
Smartfren di Kartu Xiaomi

Kartu Smartfren memang sudah terbukti bisa digunakan pada beberapa perangkat smartphone Xiaomi. Akan tetapi, CDMA tersebut hanya bisa dipakai untuk mengakses internet. Sementara itu, khusus untuk layanan telepon dan SMS kartu Smartfren tidak menyediakannya. Bagi Anda yang memiliki perangkat yang mendukung kartu provider ini dan ingin menikmati layanannya maka ikutilah langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, pastikanlah bahwa kartu Smartfren milik Anda sudah tertancap di slot 1.
  2. Kedua, masuklah ke dalam Menu Dialpad. Definisi dari menu Dialpad adalah tempat yang sering digunakan untuk mengetik nomor telepon serta mengecek pulsa/kuota.
  3. Ketiga, ketik *#*#4636#*#*.
  4. Setelah angka dan karakter tersebut diketikkan, maka akan muncul pemberitahuan. Kemudian, pilihlah opsi Phone Information 1.
  5. Geser kursor Anda ke bawah sampai menemukan pengaturan Set Preferred Network. Pengaturan ini bisa digunakan untuk melakukan setting jaringan sesuai kebutuhan. Apabila sudah ketemu, silahkan klik tombol di bawahnya dan pilih LTE/CDMA auto (PRL).
  6. Tutuplah menu tersebut dengan menekan tombol back dua kali atau langsung tekan menu home.
  7. Cara menggunakan kartu Smartfren di HP Xiaomi yang ketujuh adalah masuk ke dalam menu pengaturan (setelan).
  8. Cari dan pilihlah menu kartu SIM dan jaringan seluler.
  9. Pada menu kartu SIM dan jaringan seluler, sebaiknya Anda memilih slot 1.
  10. Cari dan tentukan nama titik akses atau Access Point Name.
  11. Tambahkan Access Point Name dengan menekan icon +.
  12. Kemudian, isilah data secara lengkap pada kolom di bawah ini.
  • Name: (biasanya diisi nama provider).
  • APN: (diisi koordinat titik akses point).
  • Username: (diisi menggunakan nama pengguna).
  • Password: (diisi sandi berupa kombinasi huruf, angka dan karakter).
  1. Apabila data-data di atas sudah terisi lengkap dan benar, maka pilih menu lainnya lalu klik save atau simpan.
  2. Setelah disimpan, Anda dapat menggunakan Access Point Name yang baru saja dibuat.
  3. Terakhir, tekan tombol back satu kali. Selanjutnya, pilih opsi Preferred Network Type guna memilih jaringan prioritas dan akhiri dengan memilih Preferred 4G (CDMA).

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara menggunakan kartu smartfren di HP Xiaomi. Kini, Anda dapat menikmati layanan internet berkecepatan tinggi yang ditawarkan oleh Smartfren. Akan tetapi, sebelum mencoba menggunakan kartu CDMA ini pastikan terlebih dahulu Xiaomi Anda adalah tipe Redmi Note 3 atau Redmi Note 4X.

Apabila perangkat yang Anda gunakan adalah kedua ponsel tersebut, maka dijamin layanan internet berkualitas Smartfren bisa dinikmati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.