Aplikasi Bawaan xiaomi
Aplikasi Bawaan xiaomi

Cara menghapus dan menonaktifkan aplikasi bawaan – Mi Fans, sebutan untuk pengguna smartphone Xiaomi, tentu sudah sangat familiar dengan masalah terkait aplikasi bawaan yang tak dapat dihapus. Sebenarnya masalah ini tak hanya ditemui pada smartphone Xiaomi, beberapa vendor smartphone lain seperti Samsung, Acer, Lenovo, dan sebagainya juga memasang aplikasi bawaan yang tak dapat dihapus oleh smartphone user. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, akan diulas tentang bagaimana cara menonaktifkan dan menghapus aplikasi bawaan pada Smartphone Xiaomi.

Mengapa Harus Menghapus Aplikasi Bawaan Smartphone Android?

Aplikasi Bawaan xiaomi
Aplikasi Bawaan xiaomi

Sebagian besar dari Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa harus menonaktifkan dan menghapus aplikasi bawaan pada smartphone? Jawabannya sangat sederhana. Bagi pengguna smartphone yang ingin mendapatkan performa optimal dari gadget mereka, tentu saja harus menonaktifkan bahkan menghapus aplikasi bawaan yang tak begitu sering digunakan. Pasalnya, meskipun aplikasi tersebut tak pernah digunakan sama sekali, namun RAM (Random Access Memory) juga akan terkena dampaknya yang akhirnya menjadikan smartphone lemot.

Tak hanya itu saja, dampak lain yang dimunculkan dari banyaknya aplikasi yang terpasang pada smartphone adalah baterai menjadi lebih boros, memori penyimpanan menjadi semakin sedikit, bahkan kuota juga akan cepat habis. Hal ini karena layaknya aplikasi lain pada umumnya, aplikasi bawaan juga membutuhkan update sehingga dapat menyedot kuota Anda.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Bawaan Smartphone Xiaomi tanpa Root

Terdapat dua cara menghapus dan menonaktifkan aplikasi bawaan Xiaomi yang dapat dilakukan. Cara yang pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Cara kedua yakni dengan menggunakan Google Play Store. Dengan dua cara ini, maka Anda tak perlu lagi repot-repot root Xiaomi.

Cara Pertama: Memanfaatkan Aplikasi Pihak Ketiga

Activity Launcher
Activity Launcher

Aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan dalam cara ini adalah aplikasi Activity Launcher. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Download aplikasi ‘Activity Launcher’ di Google Play Store. Anda juga dapat mencari Activity Launcher apk dari internet ataupun forum-forum smartphone Xiaomi. Setelah itu, install aplikasi tersebut pada smartphone.
  2. Buka aplikasi Activity Launcer dan masuklah pada menu ‘Recent Activity’ yang terletak di bagian atas tab aplikasi.
  3. Langkah selanjutnya, ubah pilihan ‘Recent Activity’ menjadi ‘All Activities’.
  4. Masih pada aplikasi Activity Launcher, masuklah pada menu pengaturan dan pilih ‘Installed Apps’. Di sini, Anda akan melihat semua aplikasi yang telah terpasang di smartphone, baik itu aplikasi pihak ketiga ataupun aplikasi bawaan Xiaomi.
  5. Pilihlah aplikasi-aplikasi yang ingin Anda hapus. Jika sudah, tinggal klik ‘Hapus’.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka semua aplikasi yang telah dipilih tersebut secara otomatis akan diuninstall dari smartphone. Bagi sebagian orang, cara ini memang terbilang agak ribet. Namun jika Anda sudah terbiasa, maka aplikasi apapun dapat Anda hapus dengan mudah dari smartphone.

Cara Kedua: Memanfaatkan Google Play Store

Cara menghapus dan menonaktifkan aplikasi bawaan Xiaomi yang selanjutnya yakni dengan memanfaatkan Google Play Store. Cara ini memang terbilang mudah karena Anda tak perlu lagi menginstall aplikasi lain hanya untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi. Adapun langkah-langkahnya adalah:

Help And Feedback Google PlayStore
Help And Feedback Google PlayStore
  1. Buka aplikasi Google Play Store dari smarpthone Xiaomi Anda.
  2. Setelah itu, pada bagian kiri Google Play Store, tab menu. Di sini Anda dapat melihat tulisan ‘Help & Feedback’. Klik tulisan tersebut dan pilihlah ‘Browser All Articles’.
  3. Langkah berikutnya, tap menu ‘Uninstall, Disables, and Delete Apps’. Selanjutnya, pilih ‘Disable and Delete Apps’ di Google Play Store.
  4. Jika sudah, maka Anda akan melihat semua aplikasi yang terdapat pada smartphone.
  5. Klik atau pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dari smartphone, baik itu aplikasi bawaan ataupun aplikasi pihak ketiga. Apabila sudah selesai, maka klik ‘Disable’ dan semua aplikasi tersebut akan nonaktif dari smartphone.

Terdapat kelebihan tersendiri apabila Anda menggunakan cara yang satu ini, yakni Anda tetap dapat mengaktifkan kembali aplikasi-aplikasi tersebut apabila dibutuhkan. Untuk mengaktifkannya, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di atas dan pilih ‘Enable’ pada aplikasi yang ingin diaktifkan. Sangat mudah, kan?

Itulah dua cara menghapus dan menonaktifkan aplikasi bawaan Xiaomi, semoga bermanfaat.