Screen Recorder
Screen Recorder

Cara Merekam Layar Hp Xiaomi – Teknologi nampaknya tak pernah berhenti berinovasi. Setelah fitur screenshoot atau memotret layar, kini hadir juga aplikasi yang mampu merekam aktivitas layar ponsel anda. Fitur ini tentu ini sangat membantu terutama untuk anda yang mempunyai channel Youtube gaming dan ingin membagikan konten bermain game ponsel, anda hanya perlu satu sentuhan dan setiap gerak jari anda akan terekam.

Aplikasi perekam layar bisa anda temukan di Playstore. Disana banyak sekali pilihan aplikasi perekam layar dengan keunggulan masing-masing. Tetapi, jika kalian pengguna setiap ponsel bermerk Xiaomi, anda tak perlu repot-repot lagi karena ponsel teranyar Xiaomi sudah dibekali dengan aplikasi perekam layar. Lalu, bagaimana cara mengoperasikannya? Berikut akan kami ulas cara merekam layar Hp Xiaomi dengan mudah:

Cara Merekam Layar Hp Xiaomi dengan Aplikasi Screen Recorder

Screen Recorder adalah aplikasi perekam layar milik Xiaomi. Aplikasi ini sudah terpasang pada semua ponsel dengan sistem operasi MIUI 8.0 keatas. Jadi, jika anda masih menggunakan ponsel dengan OS dibawah itu, anda harus mengupgradenya terlebih dahulu atau minimal ROM MIUI 7.3.2 agar bisa menikamti fitur dari aplikasi canggih ini. Aplikasi ini dirancang dengan tampilan sederhana jadi bisa dipastikan anda akan bisa mengoperasikannya dengan mudah. Untuk cara merekam layar hp Xiaomi dengan aplikasi screen recorder selengkapnya akan dibahas dibawah ini:

  1. Buka Aplikasi AZ Screen Recorder
AZ Screen Recorder android
AZ Screen Recorder android

Yang anda harus lakukan pertama kali adalah tentu saja membuka aplikasinya. Secara default aplikasi AZ Screen Recorder berada di folder tools bersamaan dengan aplikasi bawaan Xiaomi yang lain seperti Mi Remote, Scanner, Compass, dan sebagainya. Jika sudah menemukannya, anda bisa langsung sentuh pada ikon Screen Recorder dan aplikasi pun siap untuk bekerja.

  1. Lakukan Pengaturan

Sebelum mulai merekam, ada baiknya jika anda melakukan pengaturan dulu agar hasilnya sesuai dengan kebutuhan anda. Jadi, setelah anda berhasil masuk ke aplikasi Screen Recorder, anda sentuh ikon gear pada pojok kanan atas lalu akan muncul opsi pengaturan video seperti resolution, video quality, frame rate, orientation, dan juga sound source.

AZ Screen Recorder android
AZ Screen Recorder android

Aturlah sesuai keinginan anda agar hasilnya memuaskan. Sebagai tambahan, jika anda ingin merekan video dengan real-time voice over, maka hidupkan mikrofon pada pengaturan sound source agar kualitas audio yang dihasilkan mumpuni. Tidak ada salahnya juga  jika anda mencoba satu persatu opsi pengaturan video sampai anda menemukan pengaturan yang benar-benar pas untuk kualitas video yang anda buat.

  1. Mulailah Merekam

Setelah selesai melakukan pengaturan, anda bisa kembali ke menu utama dari aplikasi Screen Recorder. Pada bagian kanan bawah, anda akan melihat ikon kamera. Sentuh ikon tersebut untuk mengaktifkan fitur merekam layar. Setelah disentuh, anda akan melihat ikon rekam dengan tulisan start di layar. Itu artinya, aplikasi Screen Recorder siap untuk merekam aktivitas layar ponsel Xiaomi anda. Anda bisa langsung masuk ke aplikasi yang ingin direkam dan sentuh ikon rekam tersebut.

  1. Melihat Hasil Rekaman

Setelah semua terekam, anda bisa langsung menghentikannya dengan menyentuh ikon yang sama ketika memulai merekam. Kemudian, jika anda ingin melihat hasilnya anda sentuh sekali lagi ikon rekam tersebut. Disana anda akan melihat file rekaman video yang baru saja anda buat.

Putarlah video tersebut untuk memastikan apakah hasilnya sudah sesuai dengan ekspektasi anda atau belum. Disamping memutar video, anda juga akan disediakan menu Share, Edit, Delete, and More pada sisi bawah layar anda. Jadi, anda bisa melakukan editing terlebih dahulu sebelum mengunggahnya ke media sosial agar hasilnya lebih sempurna.

Itulah cara merekam layar Hp Xiaomi dengan aplikasi bawaan, Screen Recorder. Perhatikan juga ruang penyimpanan yang tersisa dalam ponsel Xiaomi milik anda sebelum merekam. Karena aplikasi ini hanya bisa digunakan pada ponsel Xiaomi dengan sistem operasi 8.0 ke atas, anda tidak perlu memaksa dengan melakukan root karena risikonya besar. Gunakan saja aplikasi yang tersedia di Google Playstore agar semuanya aman. Selamat mencoba!