Tambahkan Jaringan secara Manual
Tambahkan Jaringan secara Manual

Cara setting hotspot pribadi Xiaomi memang bukanlah hal yang sulit, namun tak sedikit juga pengguna Xiaomi yang masih kebingungan tentang bagaimana melakukan hal tersebut. Layaknya modem ataupun koneksi Wifi, hotspot pada smartphone sendiri berfungsi sebagai media sharing data pada perangkat lain, baik itu sesama smartphone ataupun laptop. Dengan adanya hotspot, maka seseorang tak perlu lagi khawatir apabila ingin berselancar di dunia maya dengan lebih dari satu perangkat tanpa koneksi Wifi.

Pertanyaannya, bagaimana langkah yang perlu diperhatikan dalam setting dan mengatur hotspot pada smartphone Xiaomi? Daripada Anda bingung, simak ulasan berikut ini.

Cara Mengatur dan Mengaktifkan Hotspot pada Xiaomi

Sekedar informasi, Xiaomi merupakan produk smartphone asal Tiongkok yang terkenal dengan harga murah namun memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni. Seperti halnya smartphone pada umumnya, Xiaomi juga memberikan fitur hotspot pribadi bagi pengguna yang ingin sharing data.

 Hotspot pada Xiaomi
Hotspot pada Xiaomi

Meski demikian, sebagian besar pengguna smartphone jarang memanfaatkan fitur hotspot pribadi karena berbagai alasan, misalnya untuk menghemat data. Dengan kata lain, mereka lebih memilih memanfaatkan jaringan Wifi gratis hanya sekedar untuk berselancar di dunia internet apabila dibandingkan dengan mengaktifkan hotspot pribadi. Oleh karena itu, bukan hal yang aneh apabila hanya sedikit saja pengguna smartphone yang memahami cara mengatur hotspot pribadi smartphone Xiaomi. Adapun langkah-langkah dalam setting hotspot smartphone Xiaomi adalah:

  1. Aktifkan smartphone Xiaomi milik Anda lalu masuklah pada menu pengaturan atau setting
  2. Masih pada menu setelan, klik ‘more’.
  3. Langkah selanjutnya, klik pilihan ‘Tethering & Portable Hotspot’ dan aktifkan ‘Portable Wi-Fi Hotspot’.
  4. Pada langkah ini, Anda telah dapat mengaktifkan Wifi hotspot smartphone Xiaomi yang Anda miliki. Namun untuk melindungi hotspot agar tidak digunakan oleh sembarang orang, Anda dapat mengaplikasikan fitur keamanan ‘WPA2 PSK’ pada menu pilihan set up Wi-Fi Hotspot. Dengan begitu, maka hanya perangkat yang Anda kehendaki saja yang dapat tersambung pada hotspot tersebut.

Itulah beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan dalam mengaktifkan serta mengatur hotspot pribadi pada smartphone Xiaomi semua tipe.

Mengatasi Hotspot Xiaomi yang Mengalami Error

Tambahkan Jaringan secara Manual
Tambahkan Jaringan secara Manual

Apabila Anda telah melakukan langkah-langkah di atas namun hotspot tidak terbaca pada perangkat lain, ada cara jitu yang dapat Anda lakukan. Cara setting hotspot pribadi Xiaomi berikut ini akan akan sangat berguna dalam mengatasi error pada saat mengaktifkan hotspot. Caraya adalah sebagai berikut:

  1. Ikutli langkah-langkah di atas dan pastikan hotspot Anda telah aktif.
  2. Pada perangkat lain, baik itu laptop atau smartphone, buka pengaturan Wifi.
  3. Langkah selanjutnya, pilih ‘Tambahkan Jaringan secara Manual’ pada perangkat.
  4. Setelah itu, isikan nama hotspot portable Wifi Xiaomi yang telah aktif sekaligus passwordnya. Jika sudah, klik ‘Selesai’.
  5. Umumnya, setelah menggunakan langkah di atas, maka perangkat lain dapat langsung tersambung pada koneksi hotspot pribadi.

Namun jika langkah-langkah di atas tetap tidak berpengaruh, maka silahkan restart smartphone Xiaomi Anda dan ulangi langkah di atas.

Tips Menggunakan Hotspot Pribadi pada Smartphone Xiaomi

Setelah mengetahui cara setting hotspot pribadi Xiaomi, hal lain yang harus Anda perhatikan adalah tips-tips dalam menggunakan hotspot pribadi. Tips berikut ini mungkin akan sangat berguna untuk Anda agar tidak boros data.

1. Aktifkan Hotspot Seperlunya

Tips pertama, hanya aktifkan hotspot ketika memang benar-benar dibutuhkan. Hal ini karena penggunaan hotspot yang berlebihan tak hanya akan menghabiskan paket data namun juga menjadikan baterai smartphone lebih boros.

2. Ganti Password Hotspot secara Berkala

Tips kedua, selalu ganti password hotspot Wifi Anda secara berkala. Hal ini karena apabila sebuah perangkat pernah tersambung ke hotspot pribadi Anda, maka selama password tidak diubah, perangkat tersebut akan secara otomatis tersambung pada hotspot. Hal ini bertujuan agar Anda dapat mengelola perangkat mana saja yang dapat tersambung ke hotspot.

3. Periksa Data yang Digunakan untuk Hotspot

Tips ketiga, selalu periksa berapa banyak kuota yang telah digunakan oleh perangkat yang terhubung pada hotspot pribadi Anda. Untuk smartphone Xiaomi, Anda hanya perlu menggeser notifikasi hotspot dari atas ke bawah. Di sana, akan muncul berapa data yang digunakan oleh smartphone dan besaran data yang digunakan untuk hotspot. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi takut kecolongan banyak data.

Demikian sedikit ulasan tentang cara setting hotspot pribadi Xiaomi, semoga bermanfaat.