Setting Kamera Xiaomi Redmi Note 4
Setting Kamera Xiaomi Redmi Note 4

Bagi pengguna smartphone android Xiaomi, mengetahui cara setting kamera Redmi Note 4 mungkin menjadi hal yang akan sangat bermanfaat bagi Anda. Hal ini karena semua smartphone Xiaomi dibekali dengan fitur kamera yang cukup bagus apabila dibandingkan jenis smartphone lain pada umumnya. Selain itu, kelebihan dari Xiaomi adalah harganya yang terjangkau namun tetap memiliki berbagai fitur andalan yang tak kalah apabila dibandingkan dengan para pesaing lainnya.

Berbicara tentang cara pengaturan kamera Xiaomi, berikut akan diulas beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar hasil gambar serta video yang dihasilkan dari kamera smartphone ini lebih berkualitas. Daripada penasaran, sebaiknya Anda simak ulasan berikut ini.

Tips Setting Kamera Xiaomi Redmi Note 4

Setting Kamera Xiaomi Redmi Note 4
Setting Kamera Xiaomi Redmi Note 4

Sebelum mengulas tentang bagaimana cara mengatur kamera Xiaomi Redmi Note 4, alangkah lebih baiknya apabila Anda mengetahui spesifikasi bawaan pada bagian kamera yang diusung oleh smartphone yang satu ini. Sebagai smartphone kelas menengah, Redmi Note 4 memiliki dual kamera dengan kamera utama beresolusi 13 MP dan kamera depan 5 MP.

Untuk kamera utama beresolusi 13 MP, ada beberapa fitur yang dapat Anda gunakan. Di antaranya adalah phase detection, auto focus, LED flash, touch focus, HDR, face/smile detection, dan panorama. Dengan kamera ini, Anda juga dapat menghasilkan video HD beresolusi 1080p@30fps dan 720p@30fps. Sedangkan untuk kamera depan, video yang dihasilkan hanya mampu menjangkau kualitas 720p@30fps.

Lantas bagaimana cara setting kamera redmi note 4 agar dapat menghasilkan gambar dan video berkualitas? Berikut adalah beberapa cara yang dilakukan. Ikuti langkah-langkahnya dan jangan sampai ada yang terlewat.

  1. Buka aplikasi kamera Xiaomi Redmi Note 4
  2. Setelah itu, klik pada bagian Mode
  3. Kemudian, tekan tombol pengaturan yang bergambar roda gigi. Untuk tampilan default, tombol yang satu ini terletak di bagian pojok kanan atas aplikasi kamera
  4. Langkah selanjutnya adalah buka camera frame atau bingkai kamera. Pilihlah ukuran layar penuh dengan perbandingan ukuran 16:9. Ini adalah ukuran gambar paling tinggi yang dapat dijangkau oleh kamera Xiaomi Redmi Note 4.
  5. Lakukan pengaturan pada bagian kualitas dan ketajaman gambar yang dihasilkan oleh kamera tersebut. Pilih kualitas tinggi dan ketajaman tinggi. Hal ini karena semakin tinggi kualitas dan ketajaman kamera, maka gambar maupun video yang dihasilkan pun juga akan semakin bagus.

Sebagai informasi, biasanya ketika Anda baru pertama kali membeli Xiaomi Redmi Note 4, pengaturan defaultnya adalah kualitas dan ketajaman gambar standar. Inilah yang membuat Anda harus melakukan pengaturan manual agar performa kamera tersebut semakin maksimal.

6. Setelah melakukan pengaturan di atas, Anda dapat mengaplikasikan cara yang satu ini. Ketika hendak mengambil gambar menggunakan kamera Xiaomi Redmi Note 4, maka matikan fitur HDR. Biasanya letaknya ada di bagian pojok kanan atas di sebelah menu roda bergigi.

Mengapa Anda harus mematikan fitur HDR? Karena HDR (High Dynamic Range) merupakan fitur di setiap kamera yang fungsinya adalah untuk mengambil gambar dengan tingkat pencahayaan yang baik. Jadi fitur yang satu ini tidak begitu cocok jika diterapkan pada kondisi dimana gambar yang ingin Anda abadikan minim cahaya.

Untuk itulah, Anda juga harus paham dan peka terhadap bagaimana pengambilan gambar serta kondisi pencahayaan pada gambar yang akan diabadikan tersebut. Jika ternyata Anda sedang mengambil gambar di luar ruangan, tentu tak masalah ketika mengaktifkan fitur HDR.

7. Langkah yang selanjutnya adalah mengaktifkan mode manual ketika hendak menggunakan kamera. Adapun cara menggunakan mode manual untuk smartphone Xiaomi Redmi Note 4 adalah dengan menekan tombol mode dan pilihlah manual mode. Hal ini karena Anda dapat menyesuaikan pengaturan seperti apa yang harus dilakukan demi mendapatkan kualitas gambar terbaik dari Xiaomi Redmi Note 4.

Setidaknya itulah sedikit cara yang dapat Anda gunakan untuk setting kamera pada smartphone Xiaomi Redmi Note 4. Dengan begitu, maka gambar yang ingin Anda abadikan pun dapat menjadi gambar berkualitas layaknya diambil dengan kamera SLR/DSLR. Semoga sedikit ulasan tentang cara setting kamera Redmi Note 4 ini bermanfaat.